Anang Hermansyah Suarakan Anti Pembajakan

oleh Adys Disty
07:02 AM on May 31, 2015

Kasus pembajakan yang sering kali menimpa industri musik dan film Tanah Air membuat politikus sekaligus musisi Anang Hermansyah gerah. Anang bersama sejumlah vokalis dan pemain film menyambangi Badan Reserse Kriminal Mabes Polri. Kedatangan mereka untuk melaporkan kasus pembajakan yang menimpa industri musik dan film.

“Hari ini kami laporkan bersama teman-teman (musisi dan film). Bahwa pesannya, polisi sudah siap menindak. Lalu teman dari Barekraf (Badan Ekonomi Kreatif) juga sudah buat Satgas,” kata penyanyi sekaligus pencipta lagu Anang Hermansyah mewakili sejumlah artis di Bareskrim Mabes Polri.

Baca Juga
Bikin Jantungan, Pajak Mobil “Wah” Ini Bisa Buat Sedekah Orang Sekampung
Inilah 10 Meme, “Yang, di Rumah Lagi Sepi” Dijamin Bikin Kamu Ngakak Sekaligus Gagal Fokus

Menurut Anang, kasus pembajakan telah melanggar Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta yang cukup merugikan para pelaku industri musik dan film. Pembayaran royalti yang belum menemukan kejelasan sehingga kerugian negara yang disebabkan tidak adanya penerimaan pajak.

Selain itu, barang bajakan yang sudah beredar tersebut dinikmati terus-menerus. Dia juga menyesalkan bisnis karaoke yang masih saja memutar lagu-lagu tanpa seizin pencipta dan penyanyinya. “Tapi yang lebih miris adalah kalau barang yang sudah beredar tapi dinikmati terus, dampak panjang bahaya. Itu yang kami pikirkan. Makanya kami bersama Pappri, Asiri, dan Wami ingin lakukan laporan komprehensif,” imbuhnya.

Karena masalah tersebut itulah Anang dan para pelaku industri musik dan film akhirnya memilih untuk mengadukan pembajakan ke tingkat Bareskrim. Kabareskrim Budi Waseso pun langsung memerintahkan kepada aparat penegak hukum di seluruh Indonesia untuk segera menertibkan kasus pembajakan. Bahkan, Budi mengaku akan berkomitmen untuk menuntaskannya ke meja peradilan.

Sebelumnya, Anang juga sempat mengadu kepada Presiden Joko Widodo terkait maraknya pembajakan. Dia harus memerjuangkan hak para pelaku indusrti seni di Tanah Air. Mewakili para musisi dan pelaku seni itu Anang terus menyuarakan berbagai keluhan mereka. Selain Anang Hermansyah, sejumlah artis lain yang juga hadir ke Mabes Polri di antaranya, Once Mekel, Aura Kasih, Vicky Shu, Bebi Zee, dan Shirley Mey.

Anang Hermansyah via kompas
Anang Hermansyah via kompas
Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Inilah 13 Potret Marion Jola, Finalis Indonesian Idol yang Viral Berkat Video Hotnya 8 Ilustrasi Tentang Kebiasaan Cewek-Cewek Ini Bakal Bikin Kaum Lelaki Gagal Paham 4 Anak Raja yang Lebih Memilih Tetap Jadi Atlet Ketimbang ‘Ongkang-Ongkang’ Saja 10 Meme “Terperangkap Razia”, Jauh Lebih Pahit Ketimbang Ketemu Mantan di Jalan 5 Fakta Ngeri Sentinel, Suku Primitif Paling Sadis yang Pernah Ada 10 Ucapan Iseng Saat Foto Nikahan Ini Bikin Ngakak Maksimal, Jangan Ditiru Ya! Miris, Orang-Orang Ini Tewas Saat Ulang Tahun Akibat Dikerjain Temannya Sendiri 5 Hal Gila yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Thailand Lama Tak Terdengar, Beginilah Kabar Gayus Tambunan, ‘Sang Koruptor’ Kelas Kakap Inilah 5 Kisah Pengawetan Pemimpin Bangsa yang Tidak Banyak Diketahui 7 Fenomena ‘Salah Kostum’ Jokowi Ini Sukses Bikin Netizen Bertanya-tanya 5 Penemuan Harta Karun di Indonesia yang Jumlahnya Sanggup Melunasi Semua Hutang Negara Uang Bukan Incaran, Inilah 4 Fakta Begal Payudara yang Ternyata Gak Kalah Berbahaya 9 Artis Ini Sok-sokan Update Status Bahasa Inggris, Alhasil Panen Hujatan dari Netizen Pulang Nggak Bawa Piala, 7 Runner Up Indonesian Idol Ini Lebih Tenar daripada Sang Juara 6 Musisi Indonesia Ini Punya Permintaan Aneh Sebelum Manggung, Ada yang Minta Aqua Galon Buat Mandi Loh Menguak Misteri Uang Logam 500 Rupiah Tahun 1991 yang Disebut-Sebut Mengandung Emas 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya Mengenal Phu Quoc, Penjara Super Sadis yang Terapkan ‘Siksa Neraka’ di Vietnam Pakai Narkoba Hingga Selingkuh, Ini 4 Kelakuan Istri Pejabat yang Bikin Ngelus Dada
BACA JUGA