in

Kisah Sedih Najwa Shihab yang Jarang Diketahui, Masa Lalu yang Selalu Dikenang Hingga Kini

Najwa Shihab tak kuasa membendung air mata.

Siapa yang tak kenal dengan Najwa Shihab? Sosok yang selalu tampil berani saat mengupas fakta terdalam. Tak banyak idola dari dunia media massa, namun Najwa adalah salah satunya. Ini tak lepas dari kecerdasan dan ketegasannya di setiap show yang ia bawakan.

Bicara soal kehidupan pribadi, sulit untuk menemukan sumber berita yang menguak tentang sisi terdalam Najwa. Wanita kelahiran Makassar, tahun 1977 silam ini, memang sengaja tidak menjadikan hidupnya sebagai komoditi media. Lebih dari itu, putri dari ulama kondang, Quraish Shihab tersebut, mampu menutup rahasia, bahkan yang paling pelik.

Sebuah kisah sedih yang mengiringi kehidupan keluarga Najwa

Selama ini, masyarakat mengetahui bahwa Najwa dan suaminya, Ibrahim Sjarief Assegaf, hanya memiliki seorang anak lelaki yang sudah memasuki usia dewasa. Namun, siapa kira kalau ternyata Najwa pernah memiliki seorang putri?

Najwa Shihab dan keluarga [sumber foto]
Di tahun 2018, saat menjadi bintang tamu program Hitam Putih Trans7, wanita dengan panggilan Nana ini menuturkan cerita sedih. Hal ini terungkap dari unggahan di akun Instagram-nya yang merupakan repost dari postingan Proud Project.

Kisah sedih Nana bernama Namiyah

Dalam wawancara, Nana membeberkan fakta mengejutkan yang dia akui sebagai titik terendah dalam hidupnya. Ya, Najwa Shihab kehilangan anak keduanya yang ia namai Namiyah binti Ibrahim Assegaf.

Najwa Shihab memiliki karakter tegas dan tegar. [sumber foto]
Saat mengandung Namiyah, Nana mengatakan bahwa kondisinya sedang tidak baik. Kala itu, sang pembawa acara tersebut sedang sakit hingga harus beristirahat total di rumah sakit selama empat bulan lamanya. Tapi apa mau di kata, begitu lahir, Namiyah tak bisa bertahan lama. Empat jam setelah bersalin, sang putri meninggal dunia.

Hanya lima menit bersama Namiyah

Sebelum meninggal dunia, Najwa sempat meluangkan waktu bersama puterinya. Itu pun hanya lima menit saja. Waktu yang begitu singkat, namun tak terlupakan seumur hidup, karena setiap detik ia selalu memikirkan Namiyah.

Najwa Shihab [sumber foto]
Dari Namiyah, Najwa belajar bahwa dalam hati setiap ibu ketika tahu dirinya hamil, sudah ada rasa cinta kepada anaknya. Dari situ pula, ia belajar bahwa untuk menghargai kehidupan itu adalah dengan senyuman, meski hati terluka karena kesedihan yang tak terlupakan. Bahkan, hingga kini Najwa masih belajar bagaimana cara ia bisa mengikhlaskan kepergian puterinya.

Namiyah, putri tersayang yang Najwa sanjung sepanjang masa

Makam Namiyan binti Ibrahim Assegaf, putri Najwa Shihab. (sumber foto)

Namiyah binti Ibrahim Assegaf, terlahir 15 Desember 2011, berpulang 15 Desember 2011. Kira-kira seperti itulah ukiran di nisan putih putri dari Najwa tersebut. Terkadang, ia berbagi perjalanannya mengunjungi makam puterinya lewat media sosial. Sebuah kunjungan yang menjadi bukti bahwa kasih ibu sepanjang masa, meski sudah berbeda dunia.

BACA JUGA: Kisah Haru 5 Seleb Cantik yang Pernah Alami Keguguran, Ada yang Hampir Meninggal

Siapa pun pasti memiliki kisah sedih, seperti Najwa Shihab yang kehilangan puterinya. Terlebih ketika sang buah hati harus kembali kepada Sang Khalik di usia yang begitu singkat. Namun, semua adalah kehendak Tuhan. Tiada manusia yang bisa membelokkannya. Yang tersisa adalah hikmah, sebuah pelajaran yang akan membuat kehidupan menjadi lebih baik.

Written by Bayu Yulianto

Fakta Kue Berusia Ratusan Tahun, Sudah Mengeras dan Menghitam tapi Masih Bisa Dimakan

4 Gunung Berapi Paling Aktif di Indonesia Ini Meletus Puluhan Kali