Survey Mengatakan Bahwa Anak Muda Indonesia Paling Bahagia di Dunia, Ini Lho Buktinya

Siapa sangka dalam kondisi Indonesia yang penuh gonjang-ganjing anak mudanya ternyata dinobatkan jadi paling bahagia se-dunia

oleh Faradina
16:00 PM on May 24, 2017

Anak muda di Indonesia kelihatannya memang tidak pernah berhenti berinovasi layaknya mereka dianugerahi kreatifitas tanpa batas. Selalu saja ada kejutan diberikan oleh anak-anak muda tersebut, terutama dari segala jenis prestasinya ya. Dan baru-baru ini kejutan kembali dilontarkan oleh sebuah organisasi internasional Inggris, Varkey Foundation, yang menyatakan bahwa anak muda Indonesia adalah yang paling bahagia di dunia.

Dan ternyata survey tersebut tidak hanya melibatkan negara-negara berkembang saja melainkan banyak negara maju seperti Amerika, Cina, Argentina, dan lainnya. Yang pasti total ada sekitar 20 negara yang mengikuti survey tersebut, dan tingkat kebahagiaan anak muda Indonesia mencapai angka 90%. Tentu kita jadi penasaran ya kira-kira apa saja sih indikator atau bukti bahwa ternyata anak muda kita paling berbahagia?

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Ketaatan agama memegang peranan penting

Perasaan yang tenang sepertinya menjadi salah satu penyebab anak muda kita merasa bahagia. Pasalnya menurut survey tersebut, komitmen mereka dengan agama yang dianut cukup memiliki peran besar dalam keseharian. Dua hal tersebut sepertinya memang berkaitan ya, di saat seseorang memiliki keyakinan yang utuh tentang agamanya, kala itu pula dia merasa tenang dalam menjalani keseharian.

Data survey [image source]
Faktor agama ini ternyata memiliki persentase yang cukup besar dalam penentuan kebahagiaan anak-anak muda Indonesia, yaitu sekitar 93%. Kalau dipikir-pikir, memang iya juga sih. Meskipun di satu sisi banyak anak muda kita mulai menjadi semakin “brutal” seakan tidak terkekang, masih ada kok mereka yang taat beragama. Mereka malah juga bisa menunjukkan bahwa definisi bahagia tidak melulu soal eksistensi sosial, melainkan faktor keyakinan lah yang mengambil porsi besar.

Kesehatan emosional anak muda Indonesia dinilai baik

Selain faktor keyakinan dan ketaatan pada agama yang mempengaruhi kebahagiaan seseorang, tentu kita tidak bisa melupakan perihal kesehatan emosional. Menurut survey, anak muda Indonesia ternyata merupakan tipe orang yang tidak terlalu ambil pusing dengan masalah-masalah sepele. Mereka juga tidak gampang merasa cemas maupun merasa sendiri, sementara di negara lain banyak masyarakatnya yang sering dirundung kecemasan.

Tidak pernah kesepian [image source]
Hal ini sepertinya dipengaruhi oleh lingkungan di Indonesia sendiri ya. Kita semua pasti tahu bahwa Indonesia dikenal memiliki masyarakat yang ramah kepada semua orang. Pantas saja bila anak muda kita jarang merasa sendiri, karena ke mana pun mereka pergi pasti akan mendapat kenalan baru dan diterima dengan baik. Anak muda kita juga bukan merupakan tipe orang yang individualis, sehingga jika ada seorang teman memiliki masalah pasti teman lain akan membantu. Pantas saja jika tingkat ketenangan emosional anak muda Indonesia baik, karena memang mereka berada di lingkungan yang sangat membantu.

Mereka tinggal di tempat yang terbaik

Hal lain yang menjadi indikator kebahagiaan anak-anak muda itu ternyata tidak lepas dari daerah tinggalnya. Menurut survey, anak muda Indonesia menganggap bahwa tempat tinggal maupun negara mereka adalah salah satu tempat terbaik untuk tinggal. Bagaimana tidak, kalian semua pasti juga mengakui kehebatan negara kita dari segi kondisi lingkungan ya. Sejalan dengan penjelasan sebelumnya, anak muda Indonesia ini terkesan sangat ‘dimanjakan’ oleh alam tanah air.

Tinggal di negara indah [image source]
Ketika mereka merasa sepi maupun bosan, mereka bisa dengan mudah pergi ke tempat baru. Mau itu sekedar berjalan-jalan di kota, main ke pantai, mendaki gunung, pokoknya ada banyak alternatif buat mereka mengembalikan suasana hati. Tidak heran jika kemudian mereka merasa bahagia tinggal di Indonesia, karena negara ini memberi cukup yang dibutuhkan oleh anak muda tersebut. Kalian juga kan?

Anak muda Indonesia tidak pernah kehabisan waktu

Untuk poin yang satu ini, terlebih dahulu coba ditanyakan pada diri kalian sendiri apakah selama ini sudah memiliki waktu cukup untuk berkegiatan sehari-hari? Sepertinya mayoritas akan mengatakan cukup ya, sementara sisanya mungkin merasa kurang karena saking sibuknya. Namun melihat puluh ribuan responden yang disurvey oleh Varkey Foundation, memperlihatkan bahwa anak muda Indonesia bahagia karena memiliki waktu cukup untuk beraktivitas.

Punya waktu istirahat dan olahraga [image source]
Terutama hal tersebut berkaitan dengan waktu istirahat dan berolahraga. Hal ini sepertinya juga berkaitan dengan keahlian mereka mengatur waktu berkegiatan. Bila dibandingkan dengan anak muda di negara lain, di negara kita memang mereka merasa bisa sangat menyeimbangkan waktu. Hal tersebut membuktikan bahwa muda mudi Indonesia sudah cukup pandai mengatur waktu mereka.

Dan terlepas dari segala indikator dan bukti yang menyebutkan anak muda kita berbahagia, ternyata mereka juga memiliki kekhawatiran. Tak lain dan tidak bukan anak muda kita sangat khawatir akan terjadinya perang dan konflik. Namun untuk kondisi sekarang, ternyata faktor ketaatan beragama, lingkungan yang bersahabat, keindahan alam, serta cukupnya waktu istirahat telah membuat generasi muda kita menjadi bahagia. bahkan yang paling bahagia dibandingkan 19 negara besar lain.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri Mulai dari Tikus hingga Lumpur, Inilah 4 Negara Miskin yang Konsumsi Makanan Seadanya Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Dulu Dianggap Naturalisasi Gagal Bersinar, Kini Nasib Van Beukering Malah Bikin Melongo
BACA JUGA