in

Penyelam hingga Balerina, 5 Anak Asal Indonesia Ini Berprestasi bahkan Pecahkan Rekor Dunia

Pasti kamu mengira jika sebagian besar anak-anak bercita-cita ingin menjadi dokter, polisi, atau tentara bukan? Eit tunggu dulu, dugaan kamu tidak sepenuhnya benar. Faktanya, tidak semua anak-anak tertarik untuk memilih profesi tersebut lho.

Ada sebagian anak-anak yang justru memilih profesi yang tidak biasa, misalnya saja menjadi penyelam, balerina, atau bahkan dalang. Tidak hanya sekedar menjadi hobi saja lho, tapi bahkan anak-anak tersebut telah menorehkan prestasinya yang sangat gemilang. Penasaran kan? Simak saja yuk kisah inspiratif dari anak-anak dengan profesi yang tidak biasa di bawah ini.

Penyelam termuda asal Makassar yang menorehkan prestasi gemilang

Namanya Muhammad Al Zahran Eras Rachman, atau biasa disapa Al. Bocah asal Makassar ini memulai hobi menyelam sejak usia 8 tahun. Bahkan di usianya yang masih sangat belia, ia sudah bisa menyelam di kedalaman 14 meter di lautan Makassar.

Muhammad Al Zahran penyelam termuda asal Makassar [sumber gambar]
Berkat hobinya ini, Al berhasil menorehkan rekor dari international association of diving school sebagai penyelam termuda di dunia. Ia juga pernah memecahkan rekor dunia dengan mengalahkan penyelam anak asal India. Untuk rekor MURI-nya, baru akan diserahkan saat Al menginjak usia 10 tahun.

Rebecca, balerina muda berprestasi yang kisahnya diabadikan fotografer Jordan Matter

Rebecca Alexandria Hadibroto adalah seorang balerina muda yang berhasil memenangkan kejuaraan Young American Grand Prix di New York. Ia juga menjadi penari balet Indonesia pertama yang berkompetisi di kejuaraan tersebut.

Rebecca balerina [sumber gambar]

Ternyata di balik kesuksesannya, Rebecca pernah di-bully oleh teman-temannya yang lebih berkecukupan dalam segi ekonomi. Ia juga pernah mengalami kecelakaan bersama ibunya saat berboncengan naik motor. Perjuangan keras hingga bisa sukses seperti ini, menginspirasi fotografer Jordan Matter dan mengabadikan karya fotonya di kanal YouTube miliknya.

Joey, pianis muda yang masuk nominasi Grammy Awards tiga kali

Satu lagi remaja berbakat asal Bali yang berhasil go internasional. Ia adalah Joey Alexander, atau biasa disapa Joey. Pianis muda ini berhasil mencuri perhatian dunia musik lokal dan internasional pada Grammy Award 2017 lalu. Saat itu ia berhasil masuk nominasi di ajang penghargaan musik di Amerika Serikat ini, bukan hanya sekali tapi sebanyak tiga kali.

Joey Alexander [sumber gambar]
Meski berkarier di New York, remaja yang telah menelurkan lima buah album ini tidak pernah melupakan kampung halamannya. Bahkan meski di tengah pandemi sekali pun, Joey menggelar konser untuk amal di Bali. Wow sudah sukses, gemar beramal pula ya guys!

Sutradara cilik meraih penghargaan di kancah internasional

Sutradara cilik berbakat ini, bernama Andyah Cintya Laksita. Tidak disangka, film dokumenter yang ia buat berhasil meraih penghargaan Special Award Viva Film Festival 2018 di Sarajevo, Bosnia-Herzegovina. Karya Cintya merupakan satu-satunya film Indonesia yang lolos nominasi.

Sutradara cilik peraih penghargaan di kancah internasional [sumber gambar]
Tidak hanya di Viva Film Festival 2018 saja, film Cintya yang berjudul ‘Jamilah’s Friends’ juga terpilih sebagai karya unggulan dalam Saratov International Film Festival of Documentary Drama di Rusia dan Festival Cine Animal Bogota di Kolombia pada 2018 silam. Prestasinya sungguh bikin bangga, padahal saat itu ia baru berusia 11 tahun lho!

Dalang cilik berprestasi asal Madiun

Profesi seorang dalang, ternyata tidak hanya milik orang dewasa saja. Hal ini dibuktikan oleh Nabil Ekri Rasfadillah Erlambang (15) asal Madiun. Darah seniman ini memang mengalir dari sang kakek yang seorang dalang dan juga neneknya seorang sinden. Kemampuannya terus diasah oleh orang tua Nabil.

Dalang cilik berprestasi asal Madiun [sumber gambar]
Banyak prestasi yang berhasil ia raih. Di antaranya, Juara 1 Penggendang Lomba Karawitan Anak SD/MI Kota Madiun 2016, Juara 1 Lomba Dalang Anak SD/MI Kota Madiun 2017, hingga menyabet gelar sebagai Dalang Terbaik dalam acara Festival Dalang Bocah Virtual tingkat nasional tahun 2020 yang digelar oleh PEPADI (Persatuan Pendalangan Indonesia).

BACA JUGA: Mischka Aoki dan Devon Kei, Kakak Beradik Jenius yang Gondol 33 Medali Selama Tahun 2021

Rupanya kita mesti harus banyak belajar dari semangat anak-anak di atas. Apa pun profesi yang dijalani, tentu akan membuahkan prestasi yang gemilang. Asalkan kita mengasah dan menekuninya dengan baik. Ada yang tertarik mau coba profesi di atas?

Written by Hendra Digital

Bocah 8 Tahun Keturunan Madura jadi Miliarder, Punya Mobil Mewah sampai Apartemen 30 M

10 Potret Kocak Tukang Bangunan, Ketimbang Pusing Mikir Kerjaan Mending Dibuat Happy