in

Kisah Anak yang Hilang saat Masih Gadis, Akhirnya Kembali Setelah 47 Tahun

Anak hilang kembali setelah 47 tahun

Kehilangan orang tersayang, tentu akan membuat hati begitu terpukul. Apalagi orang tua yang kehilangan anak mereka. Seperti yang dirasakan Yosep Koa, seorang warga asal Desa Doka, Kelurahan Mataloko, Kecamatan Golewa, Kabupaten Ngada, Flores, Nusa Tenggara Timur. Puluhan tahun lalu, ia kehilangan putri tunggalnya, Petronela Lela.

Sudah puluhan tahun, Yosep dan keluarga ternyata tidak putus asa dan selalu percaya bahwa anak mereka yang akrab disapa Nela ini, masih hidup. Berbekal rasa percaya tersebut, mereka yakin suatu hari nanti Nela akan pulang. Benar saja, hampir 50 tahun setelah hilang, Nela akhirnya kembali. Berikut kisahnya.

Kronologi Hilangnya Sosok Nela

Kisah viral seseorang yang hilang dan kembali setelah 47 tahun ini, dibagikan oleh akun Tiktok @fitriaelda99. Ia mengisahkan Nela hilang pada tahun 1970-an, saat usianya sekitar 20-22 tahun. Kala itu, Nela dan tantenya pergi ke Pasar Maumbawa untuk berjualan hasil bumi. Setelah berjualan, Nela pamit untuk membeli pisang. Namun, ia tak pernah kembali.

Anak hilang kembali setelah 47 tahun
Video viral Petronela Lela kembali setelah 47 tahun [Sumber Gambar]
Keluarga terus berusaha mencari di tempat-tempat yang memungkinkan keberadaan Nela. Hingga 6 tahun berlalu, emosi, tenaga, hingga harta terkuras, namun tak kunjung bertemu. Keluarga Yosep pun pergi ke ‘orang pintar’. Orang tersebut mengatakan jika Nela masih hidup, suatu hari cucunya akan datang ke rumah mereka. Berbekal perkataan itu, Yosep dan keluarganya percaya Nela akan kembali suatu saat nanti.

Cucu Nela Benar-Benar Datang

Pada bulan Agustus 2023, seorang anak bernama Wilda datang ke Desa Doka untuk melakukan KKN. Sempat ditolak di beberapa desa, akhirnya Wilda bisa KKN di desa tersebut dan tinggal di rumah seseorang yang disebut Opa Kanis. Ternyata, Opa Kanis adalah adik kandung Nela.

Saat melihat gerak-gerik Wilda, Opa Kanis teringat pada kakaknya. Ia pun bertanya asal-usul Wilda dan meminta foto nenek Wilda. Dari foto yang ditunjukkan, Opa Kanis dan keluarga yakin nenek Wilda adalah Nela yang hilang. Namun, mereka sempat dikira salah orang karena ibu Wilda mengatakan bahwa asal-usul mereka berasal dari Bajo, bukan Mataloko.

Anak hilang kembali setelah 47 tahun
Kedatangannya disambut tarian adat [Sumber Gambar]
Opa Kanis dan keluarga tetap bersikukuh untuk bertemu dengan orang tua Wilda. Berbekal ciri fisik Nela yang diberikan Yosep, keluarga pun menghampiri orang tua Wilda dan diarahkan untuk bertemu nenek Wilda.

Ciri-ciri fisik Nela yang diketahui keluarga adalah memiliki luka bakar di kaki, tahi lalat di sekitar mata, dan jempol kaki besar miring ke dalam. Ternyata, ciri-ciri tersebut ada pada diri Nela. Opa Kanis dan keluarga pun semakin yakin, bahwa nenek Wilda adalah putri Yosep.

Akhirnya Yosep Bertemu Anak Gadisnya

Setelah menemui orang tua dan nenek Wilda, ternyata terkuaklah kenyataannya. Nela yang kini bernama Siti, dulunya sempat hilang ingatan. Ia sendiri tak tahu asal-usulnya dari mana. Mengetahui ia merupakan anak Yosep yang dinanti-nanti, Nela akhirnya memutuskan untuk menemui ayahnya. Pada 16 September 2023, Nela ke rumah Yosep dengan disambut ritual adat.

Anak hilang kembali setelah 47 tahun
Akhirnya Yosep bertemu dengan putrinya yang pernah hilang [Sumber Gambar]
Menyambut Nela, anak gadis mereka yang dulu hilang dan kini akhirnya kembali, keluarga menangis haru. Yosep dan keluarga tetap memperlakukan Nela seperti anak gadis mereka. Meski Nela kini sudah menjadi seorang nenek.

BACA JUGA: Ada yang Dikira Meninggal, Kisah Orang Hilang Baru Ditemukan Belasan sampai Puluhan Tahun

Meski harus menanti berpuluh-puluh tahun hingga ia kini tua renta, Yosep tetaplah ayah yang mengharapkan anaknya pulang. Berbekal keyakinan dan kesabaran, akhirnya Yosep bertemu kembali dengan anak gadisnya yang pernah hilang.

Written by H

Siswa SMP Cilacap Dibully

Siswa SMP Cilacap Dibully hingga Disiksa, Pelaku Masih Sempat Berpose di Depan Kamera

Keluar PNS Jualan Ayam Geprek

Tinggalkan Gaji 15 Juta Per Bulan, Mantan PNS Ini Bagikan Resep dan Tips Ayam Geprek