in

5 Fakta Kehidupan Anak-Anak di Zaman Kerajaan yang Mungkin Tak Pernah Kamu Ketahui

5. Anak-Anak Zaman Kerajaan Juga Pergi ke Sekolah

Pendidikan yang benar-benar terstruktur ada di Indonesia setelah Belanda datang. Sebelumnya, tentu saja tak pernah ada yang seperti itu. Meskipun demikian, tapi bukan berarti anak-anak zaman dulu tak pernah sekolah. Mereka ternyata mengenyam pendidikan, meskipun tentu sangat sederhana.

Ilustrasi kitab Jawa kuno [Image Source]
Ilustrasi kitab Jawa kuno [Image Source]
Soal pendidikan anak-anak, hal ini dituliskan dalam dua naskah kuno zaman Majapahit, bernama Nitisastra dan juga Sarasamuccaya. Di dua naskah ini dijelaskan jika anak-anak ternyata belajar membaca dan menulis Sansekerta. Mereka kadang ditemani orangtua dan khusus untuk belajar ini anak-anak mendapatkan pakaian-pakaian yang pantas.

BACA JUGA: 7 Geng Penjara Paling Berbahaya Yang Ditakuti Oleh Polisi Di Dunia

Kira-kira seperti inilah kehidupan anak-anak di masa kerajaan dulu. Ternyata tak seburuk seperti yang kita pikir, ya. Mereka juga bermain dan bersenang-senang, bahkan juga mendapatkan pendidikan yang sangat layak, setidaknya untuk saat itu.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

Mengenal Ajian Pancasona, Ilmu Hitam Asli Indonesia yang Bikin Pemiliknya Takkan Bisa Mati

8 Agama Asli Indonesia ini Tak Pernah Diakui oleh Pemerintah Sejak Dulu