in

Pertama Kali Mandi Setelah Lebih dari 60 Tahun, Pria Terkotor di Dunia Ini Meninggal Dunia

Amou Haji pria terkotor di dunia meninggal

Mandi merupakan aktivitas rutin yang dilakukan sebagian besar masyarakat dunia. Ada yang terbiasa mandi pagi hari atau malam saat agenda harian usai. Ada yang suka mandi menggunakan air suhu ruang maupun air hangat. Berbeda dengan Amou Haji, pria berusia 94 tahun di Iran, yang tidak pernah mandi selama lebih dari 60 tahun.

Sampai akhirnya beberapa bulan lalu Amou Haji pun mandi. Namun, ia meninggal dunia pada Minggu (23/10/2022). Apa alasan Amou Haji tidak mau mandi? Apa penyebab ia meninggal dunia? Baca ulasan selengkapnya di bawah ini.

Tidak mau mandi karena takut sakit

Amou Haji sebenarnya bukan sebuah nama, melainkan sebutan yang artinya paman Haji karena tidak diketahui namanya. Ia adalah seorang pertapa yang hidup di antara lubang tanah dan gubuk batu bata yang dibangun oleh penduduk kota. Amou Haji dikabarkan tidak pernah mandi maupun menyentuh air atau sabun, terlihat dari muka dan badannya berwarna hitam karena tertutup jelaga atau arang.

Amou Haji pria terkotor di dunia meninggal
Amou Haji, pria terkotor di dunia yang tidak mandi selama lebih dari 60 tahun. [Sumber Gambar]
Menurut warga desa sekitar, Amou Haji mengalami kemunduran mental ketika masih muda sehingga menyebabkan ia tidak mau mandi. Ia percaya bahwa kebersihan seperti mandi atau terkena air dapat membuatnya sakit. Selama puluhan tahun, ia menghindari konsumsi makanan segar. Menurut Tehran Times pada 2014, Amou Haji biasa mengonsumsi hewan yang mati di jalanan dan makanan favoritnya adalah landak. Ia juga menghisap pipa yang berisi kotoran hewan.

Kabur ketika dibujuk untuk mandi

Amou Haji pria terkotor di dunia meninggal
Amou Haji tinggal di gubuk batu bata. [Sumber Gambar]
Penduduk desa sekitar menghormati alasan Amou Haji tidak mandi. Walau begitu, mereka berusaha membujuknya untuk mandi. Beberapa tahun lalu, penduduk membawa Amou Haji untuk mandi di desa. Namun, ia melarikan diri dari mobil ketika sedang perjalanan menuju ke desa. Sampai beberapa bulan lalu, penduduk desa berhasil membujuk Amou Haji untuk mandi pertama kalinya selama lebih dari 60 tahun.

Amou Haji meninggal dunia

Amou Haji pria terkotor di dunia meninggal
Muka dan tubuh Amou Haji diselimuti jelaga dan arang. [Sumber Gambar]
Amou Haji meninggal dunia pada usia 94 tahun di Desa Dezhgah, Provinsi Fars, di selatan Iran. Menurut kantor berita Iran IRNA, Amou Haji tidak menikah maupun mempunyai keluarga. Selama ini, penduduk desa setempat merawatnya. Ia telah dimakamkan di kota terdekat Farashband pada Selasa (25/10/2022). Menurut IRNA, Amou Haji sakit tidak lama setelah mandi sampai akhirnya meninggal dunia.

BACA JUGA: Seumur Hidup di Hutan, Tarzan dari Vietnam Meninggal Dunia Setelah Tinggal di Peradaban

Seperti itulah sosok Amou Haji yang dijuluki sebagai pria terkotor di dunia. Walaupun mempunyai keyakinan yang tidak biasa tentang kebersihan, warga setempat tetap berusaha menghormati hal tersebut.

Written by H

Nikita Mirzani masuk penjara

5 Fakta Nikita Mirzani Masuk Penjara, Susah Makan sampai Traktir Polisi Pizza Puluhan Juta

Pegawai Paris Baguette Korea meninggal

Seorang Pegawai Toko Roti Paris Baguette Korea Selatan Meninggal di Mesin Penggiling Saus