in

Beginilah 5 Panduan Aman Untuk Lewati Jalanan yang Rawan Bencana Tanah Longsor

Bencana longsor sudah terjadi di mana-mana. Bahkan, tempat yang awalnya aman-aman aja kini juga bisa terkena longsor. Itu semua karena alam yang sudah mulai menua dan curah hujan semakin tidak menentu kapan datangnya. Oleh sebab itu, banyak orang yang was-was ketika hendak melewati kawasan curam dan rawan sekali longsor.

Meskipun jalan yang sering kita lewati sudah mengalami yang namanya longsor, enggak menutup kemungkinan bakal terjadi untuk kedua kalinya. Selain itu, jalan tersebut pasti banyak sisa-sisa tanah yang masih belum dibersihkan sehingga membuatnya jauh lebih licin. Namun, dengan keadaan jalan yang seperti itu kita masih bisa kok Sahabat Boom untuk melewatinya.

1. Kecepatan sepeda motor adalah hal yang harus diperhatikan

Kecepatan motor sekitar 30-40 Km [Sumber Gambar]
Jalanan yang licin sangat berpotensi besar untuk membuat jatuh orang-orang yang melewatinya. Apalagi mereka yang melewati jalan menggunakan sepeda motor. Butuh keseimbangan yang pas agar tidak jatuh. Maka dari itu, untuk menghindari kehilangan keseimbangan sangat disarankan tidak kebut-kebutan. Maksimal kecepatannya sekitar 30 sampai 40 KM saja. Dijamin deh Sahabat Boom akan aman dan enggak bakal ada yang namanya terpeleset.

2. Keadaan ban juga perlu untuk diperiksa

Kondisi ban yang tidak gundul [Sumber Gambar]

Sebenarnya, hal ini enggak hanya berguna pada saat melewati jalan yang licin aja. Pada saat bekendara seperti biasa pun, hal tersebut juga sangat penting. Itu adalah keadaan ban yang tidak boleh gundul. Jika kondisi ban sangat gundul, jangan coba-coba ya melewati jalanan licin apalagi yang baru terjadi longsor. Bisa-bisa motor terpeleset dan kalian jadi luka-luka. Untuk lebih amannya, para pengendara menggunakan ban khusus untuk medan yang licin. Tapi kalau tidak punya, usahakan ban tidak dalam kondisi gundul ya Sahabat Boom.

3. Jangan lupa untuk cek kondisi rem

Cek keadaan rem [Sumber Gambar]
Hal yang satu ini juga perlu untuk diperhatikan nih yaitu tentang keadaan rem. Rem sangat berpengaruh sekali ketika kita mengendarai motor. Kalau komponen tersebut bermasalah, kita juga yang akan celaka. Jadi sebelum berkendara di medan yang licin, wajib sekali memeriksa rem apakah dalam kondisi yang baik atau tidak. Kalau keadaannya tidak baik, langsung bawa ke tempat servis ya. Jangan sepelekan masalah rem, karena ini untuk keselamatan diri sendiri juga.

4. Keadaan cuaca juga jangan diabaikan ya

Perhatikan kondisi cuaca [Sumber Gambar]
Ketika hendak bepergian, pasti kita memperhatikan cuaca terlebih dahulu. Apalah cuaca sedang berpohak kepada kita atau enggak. Hal inipun juga patut diperhatikan ketika kita ingin melewati jalan yang rawan longsor. Kenapa? Ya karena dikhawatirkan longsor akan terjadi kembali untuk kesekian kali. Jika langit sudah terlihat mendung gelap, lebih baik kita menepi dahulu dan mencari tempat yang aman. Jadi, jangan pernah untuk nekat melewati jalan yang rawan longsor ketika cuaca sedang enggak bagus ya Sahabat Boom.

5. Ini adalah cara yang paling aman

Cari jalan aman [Sumber Gambar]
Mencari jalur lain yang lebih aman itu sangat diperbolehkan. Apalagi kalau keadaan motor sangat tidak memungkinkan untuk melewati jalur yang sangat licin. Akan tetapi, untuk masalah ban dan rem juga harus tetap diperhatikan ya Sahabat Boom. Karena bisa dibilang itu adalah komponen terpenting pada sebuah motor. Apabila rem atau ban bermasalah, perjalanan kalian akan sangat terganggu.

Jadi, dengan beberapa cara ini pengendara bisa aman melewati jalan yang rawan longsor. Tapi jangan lupa untuk tetap berhati-hati ya. Tetap waspada dengan jalan yang akan dilewati dan keadaan motor juga harus benar-benar diperhatikan.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Miris! 8 Anak Artis Ini Dihujat Netizen Akibat Perilaku Tak Terpuji Sang Ibunda

11 Editan Kocak Bungkus Mie Instan Dijamin Bikin yang Lihat Banting Hape