in

5 Amalan yang Bisa Dilakukan Wanita Haid Saat Ramadan, Tetap Berpahala Walau Tak Puasa

Dalam satu bulan, seorang wanita setidaknya punya kurang lebih 7 hari jatah untuk tak melakukan berbagai macam ibadah karena menstruasi atau haid. Saat sedang berhalangan di bulan puasa, maka seorang wanita juga diharamkan untuk puasa. Namun, bukan berarti tidak ada ibadah yang bisa dilakukan ya.

Meski dalam kondisi yang sedang tidak suci, wanita tetap bisa melakukan berbagai amalan baik. Berikut ini jenis amalan baik yang bisa dipraktikkan dan mudah-mudahan berbuah pahala bagi yang mengamalkannya. Cekidot!

Menyiapkan hidangan untuk berbuka puasa

Menyiapkan buka puasa [sumber gambar]
Nah, bagi kalian para perempuan yang sedang dalam keadaan tak berpuasa, maka amalan pertama yang bisa kamu lakukan adalah menyediakan hidangan untuk mereka yang melaksanakan ibadah puasa. Keutamaan ini terdapat dalam hadis loh guys. Dari Zaid bin Khalid Al Juhani berkata; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa yang memberi makan orang yang berbuka, dia mendapatkan seperti pahala orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa sedikit pun” (H.R. At-Tirmidzi).

Memperbanyak bersedekah

Bersedekah [sumber gambar]

Yap, infak dan sedekah di bulan Ramadan adalah satu amalan lagi yang bisa dilakukan. Sedekah ini tidak hanya membuat banyak orang terbantu saja, tetapi juga bisa menyelamatkan seseorang dari api neraka. Dalil tentang sedekah sendiri merupakan hadis sahih, diriwayatkan oleh Imam Muslim bahwa Dari Abdullah bin Umar dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, bahwa beliau bersabda: “Wahai kaum wanita! Bersedekahlah kamu dan perbanyakkanlah istigfar. Karena, aku melihat kaum wanitalah yang paling banyak menjadi penghuni Neraka.” (H.R. Muslim).

Mendengarkan lantunan ayat suci dan mencari ilmu

Mendengarkan bacaan Alquran [sumber gambar]
Membaca Alquran memang hanya boleh dilakukan oleh perempuan-perempuan yang dalam keadaan suci (tidak haid). Namun, mendengarkan Alquran bisa dilakukan oleh siapa saja, dan bisa mendatangkan pahala. Selain mendengarkan lantunan ayat suci, kamu juga bisa datang dan mengaji ke majelis ilmu. Apalagi selama Ramadan, pasti ada banyak sekali kajian-kajian yang bisa kamu ikuti. Namun untuk sekarang, gak harus datang ke masjid kok, ada kajian yang bisa diakses secara streaming melalui media sosial.

Perbanyak zikir dan doa

Zikir dan doa [sumber gambar]
Mengenai poin yang satu ini, para ahli fikih telah sepakat bahwa tiga poin ibadah, yaitu istigfar, zikir, dan doa tidak disyaratkan yang melakukannya harus dalam keadaan suci dari hadas baik hadas besar maupun hadas kecil. Dengan kata lain, seorang wanita yang sedang haid sekali pun bisa melakukannya sepanjang hari, dan akan tetap bernilai ibadah.

Membantu orang lain yang memerlukan bantuan

Membantu orang lain [sumber gambar]
Nah, yang terakhir adalah berbaik hati untuk membantu orang-orang yang perlu bantuan. Sudah pasti ya, saat kamu dengan senang hati membantu orang lain, maka mereka yang dibantu akan merasa senang. Membantu ini juga bisa dalam berbagai macam hal, mulai dari yang remeh seperti mengerjakan pekerjaan rumah, memasak untuk buka puasa dan sahur, serta banyak hal lain.

BACA JUGA: 5 Cara Sukses Mendapatkan Keberkahan Ramadan

Jadi, saat sedang haid bukan berarti kamu tak bisa beribadah ya girls. Justru, ada banyak sekali hal di sekelilingmu yang bisa kamu lakukan. So, jangan sedih dan tetap semangat untuk melakukan berbagai hal baik selama Ramadan.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Heboh Rumah Mewah Dinas Bupati Minahasa Utara yang Bergaya Eropa tapi Dibiarkan Mangkrak

Foto-foto Baju Couple Keluarga Saat Lebaran yang Bisa Jadi Inspirasimu