5 Cara Sukses Mendapatkan Keberkahan Ramadan

oleh Febri
10:45 AM on Jul 2, 2015

Tentu kita tidak ingin Ramadan tahun ini hanya dilewati begitu saja tanpa memanfaatkannya sebaik mungkin, sebagai ladang amal untuk memperbanyak pahala.

Selain ibadah wajib seperti shalat, puasa dan zakat, tentu kita harus mengetahui amalan-amalan lainnya agar kita mendapatkan keberkahan bulan suci Ramadan,  seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah berikut ini.

Baca Juga
Hati-Hati! 4 Modus Penipuan ‘Pencarian Harta Karun’ Ini Sedang Marak Terjadi di Indonesia
4 Fakta Abu Dis, Kota Tua yang Digadang-gadang Bakal Jadi Ibukota Baru Palestina

1. Puasa Ramadan Dengan Kesungguhan

Tak ada yang bisa menilai kualitas ibadah seseorang dan pahala yang didapatkan, kecuali Allah SWT sendiri. Termasuk juga dalam hal ibadah puasa di bulan ramadan, Allah telah menjanjikan pahala yang besar dan berlipat di bulan ini, bagi kaum muslimin yang sungguh-sungguh berpuasa.

Puasa dengan sungguh-sungguh
Puasa dengan sungguh-sungguh [ImageSource]
Tentu kita tidak ingin hanya mendapatkan rasa lapar dan haus saja bukan? Oleh karena itu, sebaiknya kita memperhatikan bagaimana ibadah puasa yang baik seperti yang diajarkan oleh Rasulullah. Selain itu, kita juga menghindari perbuatan-perbuatan buruk yang justru akan merusak ibadah.

2. Memperbanyak Ibadah

Tak hanya ibadah wajib seperti puasa, shalat dan zakat yang harus kita lakukan, tapi juga sunah-sunah Rasulullah. Ada banyak sekali ibadah sunah yang bisa kita kerjakan, salah satunya yang hanya bisa dikerjakan di bulan ramadan adalah shalat terawih.

Ibadah shalat
Ibadah shalat [ImageSource]
Tentu orang yang mengerjakannya dengan sungguh-sungguh akan mendapatkan pahala yang besar dan ampunan dari Allah SWT. Ibadah lain seperti Umrah dan bershadaqah juga sebaiknya dilakukan.

3. Perbanyak Berdoa

Bulan ramadan adalah bulan penuh berkah bagi semua umat muslim di dunia ini. Ibadah-ibadah dan perbuatan mulia di bulan ini diganjar dengan pahala yang berlipat ganda, lalu apakah Anda masih mau menyia-nyiakan waktu istimewa di bulan ini? Kita belum tentu bisa merasakan bulan ramadan tahun depan, karena tidak ada yang tau kapan seorang manusia akan meninggal.

Berdo'a
Berdo’a [ImageSource]
Dan salah satu aktifitas yang tidak membutuhkan kekuatan fisik seperti puasa adalah berdo’a. Kita dianjurkan untuk senantiasa berdoa setiap waktu, apalagi di bulan ramadan yang merupakan salah satu waktu yang mustajab untuk memperbanyak zikir, do’a dan istighfar.

4. Menuntut Ilmu dan Berdakwah

Setiap aktifitas baik yang kita lakukan di bulan ramadan akan diganjar dengan pahala yang berlimpah, bahkan tidur pun juga bisa disebut ibadah. Alangkah lebih baiknya jika momen bulan ramadan dimanfaatkan untuk memperdalam ilmu pengetahuan, lebih-lebih jika bisa menyampaikannya kepada orang lain.

Berdakwah
Berdakwah [ImageSource]
Kondisi tubuh, baik hati dan pikiran saat bulan ramadan dipercaya lebih jernih dan sehat. Sehingga seseorang akan lebih mudah menerima ilmu. Ba’da shubuh, ba’da dhuhur dan menjelang berbuka adalah waktu-waktu yang tepat untuk menuntut ilmu dan juga berdakwah menyampaikan ilmu tersebut.

5. Mencari Lailatul Qadar

Allah SWT masih menambahkan kemuliaan di bulan ramadan yaitu adanya lailatul qadar di salah satu malam di bulan tersebut. Keistimewaan yang didapatkan oleh orang yang beramal shaleh pada malam lailatul qadar akan mendapatkan pahala amal yang sebanding dengan amal yang dilakukan selama seribu bulan.

Mencari malam lailatul qadar
Mencari malam lailatul qadar [ImageSource]
Karena malam tersebut sangat istimewa, maka waktu datangnyapun dirahasiakan oleh Allah SWT. Sebaiknya kita tetap melakukan amal kebaikan di seluruh malam bulan ramadan.

Itulah amalan-amalan shaleh yang diajarkan oleh Rasulullah SAW, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua dalam berusaha mendapatkan kebaikan di bulan ramadan yang penuh berkah.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot? Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh
BACA JUGA