Indonesia adalah negara dengan keberagaman yang luar biasa. Tak hanya budaya, namun juga keyakinan dan agama. Untuk agama Islam misalnya, saat Lebaran, ada beberapa aliran agama Islam yang lebaran di hari sebelum atau bahkan setelah hari yang ditetapkan pemerintah.

Ternyata, tak hanya orang Indonesia saja yang mengalami keberagaman itu. Dilansir dari beberapa sumber, ada banyak keyakinan dan agama unik yang ada di luar Indonesia. Meski minoritas, namun mereka memiliki pengikut yang tidak bisa disepelekan. Simak ulasannya di sini.

1. Church of All Worlds – Tuhan Bapa dan Dewa Yunani Jadi Satu

Yang pertama adalah keyakinan yang masih terikat dengan mitologi Yunani Kuno, Church of All Worlds. Uniknya, agama yang tergolong agama fiktif ini terinspirasi dari sebuah agama yang dituliskan pada sebuah novel berjudul Stranger in a Strange Land. Intinya, agama unik ini menyukai konsep yang antic dan imajinatif dari beberapa kisah fiksi, seperti mengakui adanya Tuhan Bapa, namun juga dewa-dewi Yunani Kuno.

Church of All Worlds
Church of All Worlds

Zell Ravenheart yang membentuk agama ini di tahun 1962 bahkan membuat sekolah penyihir yang terinspirasi Harry Potter. Wow, ternyata ada juga ya imajinasi yang berpadu dengan religi.

Selanjutnya: Jediism – Agama Jedi Star Wars

2. Jediism- Agama Jedi Star Wars

Ada satu lagi agama yang terbentuk dari konsep sebuah film. George Lucas yang akrab dengan film Star Wars, mendirikan sebuah keyakinan fiktif bernama Jediism. Konsepnya adalah prajurit kutu buku dengan jubah nilon yang membawa pedang menyala, Mereka meyakini adanya energi bernama ‘force’.

Jediism- Agama Jedi Star Wars
Jediism- Agama Jedi Star Wars

Baca Juga: 5 Hacker Berparas Cantik Sedunia

Force adalah energi semesta yang terkandung dalam elemen yang ada di bumi. Dan yang bisa mengendalikannya adalah para biarawan Jedi.Yang lucu adalah, konon seorang petinggi Jediism pernah mengajak calon pengikutnya menjadi biarawan Jedi dengan menonton trilogy Star Wars selama 16 kali berturut-turut.

3. Happy Science – Pembuatnya Memiliki Hubungan Dengan Budha dan Yesus

Dilihat dari namanya, agama ini terdengar sangat modern dan penuh dengan antusiasme ya? Agama ini adalah salah satu bentuk keyakinan yang berkembang di Jepang, cetusan dari seorang pria bernama Ryuko Okawa. Pria yang yakin bahwa misinya adalah memberikan kebahagiaan dan berbagi kebaikan untuk orang lain. Entah delusi atau tidak, Ryuko memiliki deretan film yang hits dan buku-buku laris yang mengemukakan bahwa dirinya punya hubungan dengan tokoh besar agama seperti Budha dan Yesus.

Happy Science
Happy Science

Ryuko meyakini dan mengabarkan bahwa tokoh-tokoh ini sendiri yang datang padanya untuk’menyampaikan misi tersebut. Ryuko Okawa bahkan pernah mendirikan sebuah partai di Jepang bernama Happy Realization Party.

4. The Church of Euthanasia – Aliran Agama Yang Menakutkan

Well, mendengar namanya saja mungkin sudah bisa membuat kita sedikit merinding. Ini merupakan salah satu keyakinan yang agak terlalu jauh. Dengan bermula dari organisasi politik bentukan Pendeta perempuan bernama Chris Korda, keyakinan ini meyakini bahwa mereka memiliki tujuan menyeimbangkan kehidupan di bumi dengan manusia yang ada.

The Church of Euthanasia
The Church of Euthanasia

Keyakinan ini cukup ekstrim, karena demi misi mengendalikan populasi bumi, mereka bisa menerapkan kanibalisme, bunuh diri, dan aborsi. Lebih terdengar kriminal dibandingkan sebuah keyakinan yang menguatkan spiritual pengikutnya. Banyak pula slogan yang terdengar radikal yang dikeluaran oleh aliran dengan jumlah pengikut tak teridentifikasi ini.

5. Creativity Movement – Agama Khusus Orang Kulit Putih

Meski namanya terdengar seperti sebuah EO atau rumah perusahaan kreatif, namun kenyataannya tidak demikian. Creativity adalah sebuah sebutan untuk pengikut agama khusus orang kulit putih ini. Ben Klassen yang mendirikan agama ini pada tahun 1973, merangkul semua orang berkulit putih yang juga memiliki berbagai latar belakang agama. Tuhan dan pencipta adalah diri mereka sendiri.

Creativity Movement
Creativity Movement

Baca Juga: 7 Kebiasaan Unik Warga Indonesia di Tengah Bencana Banjir

Tidak begitu jelas apa misi dari keyakinan ini. Apalagi agama ini hampir punah setelah kematian Klassen di tahun 1993. Setelah sempat bangkit dengan imam yang baru, tak banyak terdengar kabar lagi karena tahun 2003, petinggi tersebut ditangkap dengan tuduhan pembunuhan berencana.

6. Agama Maradona

Ada aliran agama seperti ini, yang meyakini bahwa Maradona adalah titisan Tuhan. Sudah jelas, dari namanya saja kita bisa menduga bahwa pendirinya adalah fans fanatic dari Diego Maradona, si pemain sepak bola. Tahun kehidupan yang mereka gunakan dimulai sejak kelahiran Maradona.

Agama Maradona
Agama Maradona

Jadi kalau tahun ini 2014, sesuai dengan usia Maradona, maka mereka menyebutnya dengan 64 DB (after birth). Uniknya, mereka juga punya 10 perintah agama yang berkaitan dengan sepak bola.Saat berdoa, umat-umat ini juga berdoa di depan piala dari Piala Dunia dan bola.

7. Thee Temple ov Psychick Youth (TOPY) – Anggotanya Punya Kekuatan Sihir

Ya, Anda tidak sedang salah membaca ejaan. Memang sudah dari sananya perintis agama magis ini membuat nama mereka seperti itu. Dengan berbekal rasa antusiasme dan spirit anak-anak muda, agama ini mengajak pengikutnya untuk meyakini bahwa kita sebagai manusia memiliki kekuatan ajaib seperti sihir.

Thee Temple ov Psychick Youth (TOPY)
Thee Temple ov Psychick Youth (TOPY)

Namun sihir yang dimaksud bukan seperti pada film Harry Potter. Melainkan kekuatan ajaib yang dimiliki otak kita, bernama kreativitas. Well, kalau kualifikasinya seperti itu, sepertinya sudah banyak orang yang bisa melakukannya.

8. Agama Oneida – Anggotanya Ingin Membangun Surga di Bumi

Agama yang satu ini merupakan sebuah keyakinan yang adal pada abad 19, namun ahirnya punah di tahun 1950. Mereka memiliki misi melanjutkan tugas Yesus yang pernah datang ke bumi pada 70SM. Mereka ingin membangun surga di bumi.

Agama Oneida
Agama Oneida

Namun, budaya yang diturunkan termasuk terlalu liberal. Di mana tidak boleh ada hubungan yang mengikat seperti cinta dan kecemburuan. Setiap anggota berhak melakukan hubungan seks dengan anggota lainnya tanpa perlu merasa terbatas.

9. Peyote Church of God – Makan Kaktus Demi Bertemu Tuhan

Adalah sebuah keyakinan yang bisa membawa seseorang merasakan pertemuan dengan Tuhan. Caranya adalah dengan mengonsumsi sebuah kaktus yang kalau dimakan bisa membuat kita sedikit mengalami halusinasi spiritual.

Peyote Church of God
Peyote Church of God

Tanaman peyote memang digunakan suku pedalaman dan shaman atau dukun. Tujuannya adalah untuk bisa berhubungan dengan dunia spirit di dimensi lain. Pengalaman ini membuat mereka bisa merasakan kehadiran Tuhan dalam diri mereka.

10. Aetherius Society – Menjaga Hubungan Antara Alien Dengan Manusia

Ini dia salah satu agama yang memiliki konsep unik dan aneh. Agama yang satu ini menjaga hubungan semesta di bumi dengan luar angkasa. Mereka berpikir bahwa supaya tak terjadi perang antara alien dan manusia, maka sebaiknya mereka menjalin hubungan yang harmonis.

Aetherius Society
Aetherius Society

Salah satu cara untuk bisa melakukan komunikasi ini adalah dengan yoga. Karena yoga menjadi salah satu metode yang membukakan pengetahuan dan rahasia alam semesta pada mereka.

Itu dia keberagaman agama yang ada di dunia yang belum banyak diketahui manusia. Dari sini kita tahu bahwa ide manusia berbeda-beda dan ada banyak perubahan peradaban hingga masa kini. Namun meski berbeda, kita bisa tetap toleransi dengan menghargai keyakinan satu dengan lainnya.

Baca Juga: 8 Alasan Kamu Harus Bangga Menjadi Warga Negara Indonesia