Berbicara soal hewan laut purba, tentu saja nama Megalodon tidak bisa dilewatkan. Makhluk ini begitu populer lantaran perawakannya yang luar biasa besar. Panjang tubuhnya bisa mencapai 20 meter dengan bobot tubuh yang bisa menyentuh angka 50an ton. Belum lagi soal kekuatan rahangnya yang dikatakan bisa mengunyah apa pun dengan sangat mudah.

Megalodon diperkirakan sudah punah sejak 1,6 juta tahun lalu. Namun demikian banyak yang percaya jika hewan super besar ini masih berenang bebas di lautan. Ada banyak teori yang beredar terkait eksistensi hewan ini di masa modern. Mulai dari kemungkinan ia bersembunyi di luasnya lautan bumi sampai soal kemampuan hebat yang dimilikinya, sehingga ia dikatakan masih bisa bertahan.

Namun demikian, para peneliti memastikan jika sang sesepuh hiu ini sudah punah sejak lama. Kira-kira alasannya kenapa ya? Simak ulasannya berikut ini.

Tidak ada bukti nyata keberadaan Megalodon di masa sekarang

Alasan pertama kenapa Megalodon dikatakan punah adalah karena selama ini tidak ada bukti sama sekali soal keberadaannya. Jangankan tangkapan hewan asli, foto atau video pun tidak ada. Jika ada pun hal tersebut sulit diterima, seperti foto bukti Lochness yang sampai sekarang jadi perdebatan itu.

Belum ada bukti penangkapan Megalodon [sumber gambar]
Bukti penglihatan memang sering dijumpai tapi hal tersebut juga bukan pendukung yang kuat. Apalagi saksinya tidak memiliki pengetahuan mendalam soal hewan laut. Bisa saja ia salah menerka, misalnya hiu Basking yang dikira Megalodon lantaran ukurannya yang besar. Intinya, selama tidak pernah ditemukan bukti utuh, maka sulit menerima kalau Megalodon masih hidup.

Kehadiran Coelacanth

Ikan satu ini pernah dikatakan punah sejak jutaan tahun lalu, hingga akhirnya di sekitar tahun 1938 ia muncul. Lalu ditemukan lagi di tahun 1952 dan lebih sering eksis di tahun-tahun berikut. Berdasarkan fakta ini kemudian banyak yang percaya Megalodon sebenarnya juga masih hidup. Namun dalam hal ini ada perbedaan mendasar.

Coelacanth [sumber gambar]
Coelacanth sendiri ukurannya relatif kecil sehingga sangat mungkin para peneliti tidak menyadari keberadaannya. Apalagi dikatakan jika hewan ini tinggalnya di tempat-tempat yang dalam. Berbeda dengan Megalodon yang sebesar itu, di mana jika memang masih eksis maka ia akan dijumpai dengan mudah. Di samping karena menurut peneliti, habitat sang hiu besar ini bukanlah di tempat dalam.

Teori soal Megalodon yang sembunyi di Palung Mariana

Ada satu teori yang mengatakan jika Megalodon masih ada dan mereka bersembunyi di Palung Mariana, yang disebut sebagai salah satu tempat paling dalam di muka bumi. Logikanya adalah, tempat ini susah dijangkau oleh manusia, sehingga keberadaannya pun mungkin tak ditemukan. Teori ini sekilas terasa masuk akal, tapi peneliti punya bantahannya.

Palung Mariana [sumber gambar]
Menurut para ahli, Megalodon ini diperkirakan hidup di perairan hangat di mana sinar matahari masih bisa menembus kedalaman laut. Di tempat ini pula sang raja hiu banyak berburu dan juga berkembang biak. Dasar dari pendapat ini tak lain karena gigi-gigi Megalodon yang sering ditemukan di area semacam itu. Mereka mungkin bisa masuk ke kedalaman, tapi di sana lebih dingin serta sedikit hewan-hewan besar yang bisa jadi buruan.

Jadi berdasarkan instingnya, Megalodon akan lebih sering berada di tengah-tengah dan atas area lautan. Bukan di area kedalaman semacam Palung Mariana.

Teori laut yang masih belum semua terjelajahi

Pernyataan satu ini juga sering jadi kunci argumen kenapa Megalodon dikatakan masih hidup. Memang benar jika lautan belum semua terjelajahi, sehingga ada kemungkinan jika sang hiu berada di wilayah yang belum terjangkau manusia. Tapi tetap saja jika berdasarkan teori, fakta, dan logika, agak susah mengatakan jika sang hewan purba ini masih hidup.

Lautan belum semua terjelajahi [sumber gambar]
Seperti yang dikatakan di atas, Megalodon ini besar sekali dan mereka cenderung menempati wilayah hangat, di mana seharusnya akan sangat mudah dilihat oleh para pelaut. Lagi pula ada jutaan orang melaut dengan wilayah yang berbeda-beda, tapi hampir semuanya belum pernah menemukan atau melihat makhluk ini. Jadi bisa dibilang kalau makhluk ini memang sudah punah sejak lama.

BACA JUGA: 4 Alasan Masuk Akal Kenapa Hiu Raksasa Megalodon Mungkin Masih Hidup Sampai Sekarang

Terlepas dari konspirasi soal Megalodon yang dipercaya masih hidup, jika dipikir-pikir ada untungnya juga lho hewan ini punah. Bayangkan kalau masih hidup, lautan mungkin akan jadi tempat horor semua orang. Lagi enak-enak berenang atau menyelam, eh dikuntit hiu seukuran bis. Pasti akan jadi mimpi buruk seumur hidup.