Saat ini sedang hangat-hangatnya berita mengenai pengakuan Yerusalem sebagai ibukota Israel. Mendengar kabar yang beredar itu, Indonesia juga dibuat geram sehingga melakukan beberapa langkah pencegahan konflik yang terjadi. Salah satunya, langsung menghubungi dewan keamanan PBB agar menyelesaikan masalah ini.

Melihat aksi tanggap yang dilakukan Indonesia ini, sebenarnya kalau dilihat-lihat dari dulu Israel selalu menghormati langkah yang kita ambil meskipun bertentangan. Bukan tanpa alasan, melainkan memang banyak jasa dari Indonesia yang membuat Israel harus sujud hormat. Lalu apa saja itu? Simak ulasan berikut.

Jangan lupa ada nama Indonesia di makam pahlawan negeri bintang Daud

Siapa sangka dalam jejeran makam yang ada di Yad Vashem terdapat nama orang Indonesia di sana. Ya merekalah Mima Saina dan Tole Madna dua orang asli bumi pertiwi yang jadi penyelamat bayi Israel. Mereka di anugerahi gelar sebagai pahlawan tepatnya saat mengasuh seorang anak Yahudi dari kekejaman holocaust Nazi saat ada di Eropa.

Artikel Lainnya
4 Sosok Keturunan Indonesia yang Sukses Jadi Tentara di Negara Lain, Salah Satunya Anak Artis
Nostalgia 5 Aplikasi Chatting Populer Anak 90-an yang Sekarang Cuma Tinggal Baunya Saja

Pahlawan israel orang Indonesia [image source]
Padahal waktu itu, resiko mengasuh anak-anak keturunan yahudi sangat besar, bahkan bisa meregang nyawa. Bahkan demi menyelamatkan anak tersebut, Mima Saina rela berjalan berkilo-kilo meter jauhnya.  Uniknya  lagi, baik Mima Saina adalah seorang muslim, sedang Tole penganut kristen, ini bukti menolong orang tidak harus melihat apa agamanya.

Salut dengan bumi pertiwi, Israel beberapa kali minta bantuan militer Indonesia

Kedatangan PM Israel beberapa tahun yang lalu, ternyata juga karena alasan tertentu. Ya negeri bintang daud itu meminta bantuan bumi pertiwi untuk bersama-sama melawan terorisme yang ada. Meskipun dengan tujuan yang baik, namun Indonesia berpikir dua kali dalam menyetujui permintaannya.

Minta bantuan Indonesia

Pasalnya jika sampai hal itu benar-benar dilakukan, hal ini lantaran ndonesia menjaga komitmen untuk mendukung hak kemerdekaan segala bangsa dan sebagai negara non blok harus bersikap tegas untuk tidak melakukan keberpihakan. Apalagi tujuan Indonesia selama ini adalah membantu kemerdekaan Palestina bukan Israel. Oleh sebab itu permintaan Netanyahu ditolak, namun demikian kedua negara ini tetap kerja sama, namun dalam bidang perdagangan.

Sempat minta bantuan Indonesia dalam konflik Palestina

Dalam kunjungan beberapa tahun yang lalu itu pula, PM Israel sempat mengutarakan permintaannya pada Indonesia untuk menjadi penengah atas konfliknya dengan Palestina. Mengingat Indonesia lah salah satu negara yang dinilai aktif dalam memperjuangkan nasib warga Palestina.

bantuan masalah konflik palestina [image source]
Apalagi mengingat kalau PM negeri bintang daud ini sempat mengatakan juga memikirkan mengenai masa depan kemerdekaan Palestina itu. Entah itu hanya sekedar rayuan atau bukan dalam mengajak Indonesia membuka  jalur diplomatik, namun yang jelas bumi pertiwi akan selalu berusaha yang terbaik dalam menjaga kedamaian antar negara-negara.

Program bersama membuktikan meski tak punya hubungan diplomatik namun  saling menghargai

Ternyata baik Indonesia dan Israel memiliki hubungan erat, meskipun bukan secara diplomatik. Misalnya kunjungan WNI pada Project Interchange, sebuah perusahaan waralaba Amerika Israel. Hampir seluruh biaya difasilitasi oleh Israel setiap ada kunjungan. Selain itu kedatangan para WNI ke Jerusalem menjadi bukti lain, karena di sana orang Indonesia tidak memiliki pandangan antisemit seperti yang dimiliki negara lainnya.

Kerja sama bidang lain [image source]
Ini bukti sejatinya meskipun berbeda pandangan, Indonesia selalu terbuka asalkan dalam hal kebaikan. Sampai saat ini, Indonesia masih belum mau menjalin kerja sama diplomatik sebelum Palestina dinyatakan bebas dan tidak ada konflik di sana.

Iya itulah beberapa bukti kalau Israel benar-benar menghormati Indonesia. Diharap negara kita juga bisa ikut andil dalam memberikan kedamaian antara kedua negara yang sekarang sedang berselisih paham ini. Apalagi ketika melihat Yerusalem sedang panas-panasnya seperti sekarang, tentunya Indonesia juga tidak akan diam dan akan melakukan tindakan demi kedamaian dunia.