Hampir seluruh orang di muka bumi ini mengenal Bruce Lee. Image serta karakter Bruce Lee seperti tak pernah lekang oleh waktu.

Banyak orang yang bertanya-tanya, mengapa ketokohan Bruce Lee bisa bertahan demikian lama. Yuk simak alasannya!

Baca Juga : 5 Peralatan James Bond yang Kemudian Jadi Kenyataan

1. Ia Mendobrak Rasisme

Pada tahun 50-60an, Hollywood (dan Amerika secara umum) masih menerapkan rasisme. Di Hollywood jarang sekali ada aktor dari ras lain selain kulit putih. Untuk memerankan tokoh dari ras lain, biasanya aktor kulit putih dimakeup sedemikian rupa untuk menyamai ras yang dimaksud. Begitu juga dengan tokoh ras kuning seperti China dan Jepang. Biasanya aktor kulit putih akan didandani mata sipit dan gigi kelinci.bruce leeMendobrak-Rasisme

Ketika Bruce memasuki dunia Hollywood, rasisme sudah mulai menurun, tetapi aktor-aktor non kulit putih hanya mendapat peran kelas dua. Peran awal yang membuatnya terkenal adalah sebagai Kato di serial TV Green Hornet. Saat Bruce memiliki sebuah ide cerita yang mengandalkan tokoh China sebagai tokoh utama, produser mengambil ide itu tetapi mengganti Bruce dengan aktor kulit putih. Serial itu kemudian dikenal dengan judul “Kungfu” dengan David Carradine sebagai pemerannya.

Karena kecewa, Bruce kembali ke Hongkong. Di sana ia membuat film sesuai kemauannya. Seperti yang diduga, film-film itu meledak dan membuat ia terkenal ke seluruh pelosok dunia. Melihat hal ini, Hollywood akhirnya ‘menyerah’ dan mengajaknya membintangi film besutan Hollywood yang berjudul ‘Enter the Dragon’. Ia menjadi aktor pertama berketurunan China yang mendapatkan peran utama di Hollywood!

2. Bruce Lee Menciptakan Jeet Kune Do

Bruce merasa berbagai aliran bela diri yang ada terlalu banyak “hiasan” dan pergerakan yang tidak perlu, sehingga menjadi tidak efektif dalam pertarungan yang sebenarnya. Bruce kemudian menciptakan sebuah aliran baru yang menghilangkan semua gerakan yang tidak diperlukan, dan menggabungkan berbagai macam kelebihan ilmu bela diri yang berbeda-beda yang ia namakan Jeet Kune Do.

Ia Menciptakan Jeet Kune Do
Ia Menciptakan Jeet Kune Do [imagesource]
Ia kemudian membuka sebuah perguruan Jeet Kune Do dan mengajarkannya kepada siapa saja yang ingin belajar. Banyak selebritis yang menjadi muridnya seperti aktor James Cobburn dan pemain basket Kareem Abdul Jabbar. Hal ini mendapat banyak tentangan dari tetua China di sana yang menganggap Bruce mengajarkan ilmu bangsa China kepada orang luar. Bruce menantang mereka dalam pertarungan, jika ia menang maka ia bebas mengajarkan ilmunya kepada siapa saja. Tentu saja ia menang!

3.Bruce Lee Pernah Berguru Kepada Yip Man (Ip-Man)

Pernah nonton film Donnie Yen yang berjudul Ip Man? Film ini dibuat berdasarkan kisah nyata seorang guru kungfu aliran Wing Chun yang bernama Yip Man (Ip Man). Beliau adalah guru dari Bruce Lee!

Ia Pernah Berguru Kepada Yip Man (Ip-Man)
Ia Pernah Berguru Kepada Yip Man (Ip-Man) [imagesource]
Sejak kecil, Bruce suka banget berkelahi. Ayahnya memasukannya ke perguruan milik Yip Man agar Bruce kecil lebih disiplin dan bisa menyalurkan hobinya. Menurut kabar yang beredar, Bruce selalu sukses menghajar orang dan tidak pernah kalah dalam perkelahian. Alasan hobinya berantem inilah, Bruce dikirim ayahnya ke Amerika karena Bruce sering terlibat perkelahian dengan mafia lokal.

4. Fisiknya yang super bombastis

Dunia kebugaran (fitness) berterima kasih banyak kepada Bruce Lee karena ia menciptakan berbagai latihan unik yang dapat membentuk tubuh yang keren dalam waktu yang cukup singkat. Berbagai macam latihan dan peralatan yang Bruce Lee ciptakan sendiri semuanya agar membuat tubuhnya menjadi jauh lebih bugar dan kuat dalam pertarungan. Ada sebuah pose latihannya yang paling terkenal dan dianggap paling sulit dilakukan yang disebut Dragon’s Flag position.

https://www.youtube.com/watch?v=3WCQGghedDM

Ia juga menciptakan program diet khusus yang sampai sekarang banyak dilakukan banyak orang. Termasuk mencampurkan daging dan buah dalam smoothies! Makanan ini konon menjadi suplemen yang sangat berguna bagi tubuh. Ia juga yang mempelopori terapi kejut listrik yang berguna untuk meningkatkan kinerja otot. Banyak hal yang bisa Bruce lakukan seperti push up dengan 2 jari, dll.

5.Bruce Lee Tidak Pernah Kalah Bertarung

Sejak kecil ia suka berantem, dan tidak pernah kalah. Saat ia belajar ke Yip Man pun, kehebatannya semakin menjadi-jadi. Ketika dikirim ke Amerika, Bruce juga tetap meneruskan hobinya meskipun tidak terlalu sering. Satu cerita yang paling dikenang adalah ketika Bruce menerima tantangan dari para tetua China. Jika menang Bruce boleh meneruskan perguruannya. Saat itu ia menghadapi Wong Jack Man yang dikalahkannya dalam waktu singkat.

Ia Tak Pernah Kalah Bertarung
Ia Tak Pernah Kalah Bertarung [imagesource]
Ketika Bruce terkenal sebagai bintang film, banyak sekali orang yang menantangnya bertarung. Baik ketika bertemu di jalan, atau mengirimkan tantangan resmi. Seperti biasa, Bruce tidak memperdulikan tantangan ini. Tapi ada beberapa kejadian yang dilaporkan banyak saksi mata ketika Bruce menerima tantangan itu dan menghajar mereka tanpa ampun. Dan tanpa kena pukul satu kali pun!

6.Bruce Lee Sangat Cepat!

Bruce Lee terkenal dengan kecepatannya, dan kecepatannya memang sangat mengagumkan. Bahkan saat syuting, ia diminta memperlambat gerakannya karena gerakannya tidak bisa tertangkap oleh kamera. Ketika kamera di slow motion pun, gerakannya masih berupa bayangan.

https://www.youtube.com/watch?v=rffCE6sLkco

Menurut orang-orang terdekatnya Bruce biasanya berlatih menangkap sebutir nasi dengan sumpit. Atau ia juga sering menantang orang-orang dengan trik koin nya. Biasanya seseorang meletakkan sebuah koin di tangannya sendiri, lalu berusaha menutupnya saat Bruce bergerak mengambil koin itu. Apa yang terjadi? Bukan saja Bruce berhasil mengambil koin itu, tetapi ia juga bisa menukar koin itu dengan koin yang lain!

7. One Inch Punch

Meskipun pukulan ini bukan ciptaannya, tetapi Bruce Leelah orang pertama yang mempopulerkannya.

Pukulan ini adalah sebuah pukulan yang dilakukan dengan jarak hanya 1 inci dari sasaran, tetapi bisa melemparkan sasaran sampai beberapa meter ke belakang!

8.Bruce Lee Adalah Seorang Filsuf Dan Motivator

Bruce mengambil jurusan filosofi saat ia kuliah di Amerika. Ditambah dengan kesenangannya membaca kitab-kitab kuno, akhirnya Bruce menjadi seorang filsuf modern yang kata-katanya keren juga. Salah satu kata-katanya yang paling keren adalah, “Kosongkan pikiranmu, jadilah tanpa bentuk, seperti air. Saat kau memasukan air ke dalam cangkir, air itu menjadi cangkir. Saat kau memasukkan air ke dalam botol, air itu menjadi botol. Air dapat mengalir pelan, tetapi juga menghancurkan. Jadilah seperti air, kawanku!”

https://www.youtube.com/watch?v=GJd3zeJ248g

Banyak juga tulisan dan perkataan Bruce yang merupakan motivasi di dalam hidup. Ia telah bekerja keras berlatih siang malam membentuk tubuh dan pikirannya agar berada di puncak yang bisa dicapai oleh manusia. Perlu waktu dan kerja yang sangat keras agar bisa mencapainya. Dan ia membagikan pengalamannya dalam kata-kata motivasi yang membangkitkan semangat.

“Jangan berdoa untuk hidup yang mudah, berdoalah agar diberikan kekuatan untuk menghadapi hidup yang sulit,” kata Bruce.

9. Bruce Lee Adalah Juara Kompetisi Tari

Bruce sangat suka menari. Ia adalah juara kompetisi tari cha-cha di Hongkong sebelum hijrah ke Amerika.

Ia Adalah Juara Kompetisi Tari
Ia Adalah Juara Kompetisi Tari [imagesource]
Gerakan tari ini konon sangat berguna baginya untuk melatih kelincahan, alur gerak, serta refleksitas dalam bela diri.

10. Bruce Lee Adalah Trendsetter!

Apa yang dipakai Bruce Lee kemudian menjadi sangat terkenal. Sepatu yang ia pakai dalam film Big Boss menjadi trend, dan kemudian sepatu jenis itu disebut sebagi sepatu Big Boss. Jaket kuning yang ia pakai dalam film “Game of Death” pun menjadi sangat terkenal sehingga dipakai banyak orang sampai sekarang, termasuk Uma Thurman dalam film Kill Bill. Nunchaku (Double stick) yang merupakan senjata pilihan Bruce dalam berbagai filmnya, juga menjadi penyebab mengapa banyak orang benjol kepalanya!

Ia Adalah Trendsetter!
Ia Adalah Trendsetter! [imagesource]
Seorang manusia jika jujur menjadi dirinya sendiri, tabah, keras keinginan, serta rela bekerja keras, akan mampu menjadi manusia yang bermanfaat bagi orang di sekitarnya. Namanya akan harum sepanjang masa dan seolah-olah hidup abadi. Bruce Lee adalah contohnya, banyak inspirasi yang ia berikan agar kita menjadi manusia yang lebih baik.

Baca Juga : 5 Rekaman Suara yang Akan Membuat Anda Merinding

“Orang bijak dapat belajar banyak hal dari sebuah pertanyaan bodoh, daripada orang bodoh yang diberikan sebuah jawaban bijak.” –Bruce Lee.