Categories: Trending

5 Aksi Bunuh Diri yang Mengerikan Para Pilot

Tragedi yang menimpa Germanwings menyisakan banyak luka di hati para keluarga korban. Kecelakaan maut yang merenggut nyawa 150 orang itu sungguh mencengangkan dan membuat mata dunia tertuju pada Pengunungan Alpen. Hingga saat ini, evakuasi dan penyelidikan kasus tersebut masih terus dilakukan.

Baca Juga :4 Awan Yang Paling Ditakuti Oleh Pilot Saat Menerbangkan Pesawat

Andreaz Lubitz yang diduga memiliki riwayat penyakit depresi, dengan sengaja menjatuhkan pesawat yang dikendalikannya. Sebelum kecelakaan ini, Andreaz sempat mengatakan kepada mantan pacarnya bahwa dia akan melakukan sesuatu yang membuat namanya dicatat oleh sejarah. Ternyata Andreaz salah. Dia bukanlah satu-satunya pilot yang melakukan aksi bunuh diri. Berikut beberapa pilot yang pernah melakukan aksi bunuh diri yang pernah tercatat sejarah.

1. Herminio dos Santos Fernandes, Mozambique

Dua tahun sebelum Andrea Lubitz mengeksekusi rencanya gilanya, seorang pilot asal Mozambique ternyata telah memikirkan hal yang sama. Dalam sebuah penerbangan yang diisi 33 orang, Mozambique Airlines jatuh dan hangus hingga tidak berbentuk lagi. Kapten Herminio dos Santos Fernandes adalah orang yang bertanggung jawab atas tragedi ini.

Mozambique Airlines (via)Oddee

Penerbangan TM470 sedang menuju Angola pada tahun 29 Nopember 2013, ketika tiba-tiba pesawat jatuh ke hutan hujan di kawasan Taman Nasional Bwabwata di Namibia. Enam kru kapal dan 27 penumpang termasuk warga negara asing dari Perancis, Brazil dan China terbunuh dalam aksiden itu. Dos Santos Fernandes diketahui mengurung dirinya sendiri di dalam kokpot dan mengabaikan sinyal bahaya yang telah diterimanya.

2. Tsu Way Ming, SilkAir yang Berangkat dari Indonesia

SilkAir dengan nomor penerbangan 185 lepas landas dari Jakarta, Indonesia pada 19 Desember 1997. Cuaca hari itu sangatlah cerah dan pesawat sedang menuju Singapura. Kondisi pesawat juga ada dalam keadaan prima karena armada yang digunakan termasuk armada baru.

SilkAir (via)Oddee

Namun, pesawat ini menukik dan jatuh ke dalam sebuah sungai di Pulau Sumatera setelah beberapa saat terbang. Kecelakaan ini menewaskan setidaknya 104 orang. Saat dilakukan penyelidikan, ternyata sang pilot, Tsu Way Ming mengalami masalah keuangan karena kredit rumah yang macet. Sebelum kecelakaan tersebut terjadi, Ming meminta kepada sebuah perusahaan asuransi agar istri dan anaknya tidak diwarisi hutang rumah jika dia meninggal.

3. Seiji Katagiri, Japan Airlines

Pada tahun 1982, Seiji Katagiri, Kapten pesawat yang kala itu berumur 35 tahun, meninggalkan pesawatnya yang lepas kontrol. Pesawat Japan Airlines tersebut akhirnya kehilangan keseimbangan dan jatuh ke laut. Dari 174 orang yang ada di pesawat tersebut, 24 di antaranya meninggal dunia.

Japan Airlines (C)Oddee

Menurut laporan, Katagiri sedang berada dalam kondisi “terguncang” kala mengendalikan pesawat. Dia ditemukan menangis kencang-kencang di dalam kokpit. Dia mematikan dua dari empat mesin pesawat, namun seorang petugas berhasil mengambil alih pesawat tersebut. Namun, sayang sekali pesawat akhirnya jatuh ke Tokyo Bay. Katagiri ditemukan selamat.

4. Vladimir Serkov, Penyebab Bencana di Bandara Severny

Pagi hari pada 26 September 1976, Vladimir Serkov melakukan lepas landas tanpa izin di Bandara Severny, Rusia. Dia berkeliling dengan pesawat tersebut mengelilingi kota Novosibrirsk, dengan jarak terbang yang sangat rendah dan dekat ke pemukiman warga. Dan akhirnya, pesawat tersebut membentur sebuah bangunan. Serkov tewas dalam kecelakaan itu dan ikut menewaskan empat orang lainnya.

Vladimir Serkov (via)Oddee

Dalam sebuah investigasi, diketahui bahwa ternyata mantan istri Serkov tinggal di gedung yang ditabraknya tersebut dengan anak mereka. Dia ingin membalas dendam kepada istrinya sekaligus ingin mengakhiri hidupnya. Namun ternyata, baik istri dan anak-anak Serkov sedang tidak berada di gedung tersebut.

5. Andreas Lubitz, Tragedi Germanwings

Pada 24 Maret 2015, Airbus A320 terbang dari Barcelona menuju Dusseldorf. Pesawat tersebut membawa 144 penumpang dan enam kru di dalamnya. Semua orang di dalam pesawat tersebut meninggal karena jatuh dari altitude 38.000 kaki.

Andreas Lubitz (via) Oddee

Lubitz mengambil alih pesawat ketika kapten pesawat sedang keluar kokpit untuk buang air kecil. Ketika pilot sedang berada di luar kokpit, Lubitz mengunci dirinya sendiri di dalam kokpit, yang telah dirancang untuk tidak bisa dibuka dari luar lagi. Pilot berusaha mendobrak pintu kokpit namun gagal. Pesawat tersebut akhirnya hancur berkeping-keping.

Demikianlah beberapa aksi bunuh diri para pilot yang pernah tercatat sejarah. Sebagian besar dari mereka memang mengalami depresi dan memiliki kelainan jiwa lainnya. Selain itu, goncangan dalam kehidupan juga menjadi pemicu dari aksi yang merugikan orang banyak ini.

Dari kisah ini semoga kita bisa belajar akan pentingnya arti tanggung jawab. Hal yang kita kira akan melukai diri kita sendiri, bisa jadi melukai atau bahkan mengilangkan nyawa orang lain. Semoga kejadian seperti ini tidak terulang lagi. (HLH)

Share
Published by
Centralismo

Recent Posts

Mayor Teddy Viral karena Aksi Heroik, Sampai Digosipkan dengan Celine Evangelista

Belakangan, nama Mayor Teddy jadi perbincangan hangat netizen, foto wajah tampannya terlihat dibagikan netizen di…

2 months ago

Sebulan Kenal Langsung Lamaran, Ini Fakta Pertunangan Ayu Ting Ting dan Muhammad Fardhana

Kabar mengejutkan sekaligus membahagiakan datang dari penyanyi dan pembawa acara Ayu Ting Ting. Setelah berpisah…

2 months ago

Pakai Foto Nyeleneh sampai Tak Diusung Partai, Ini Alasan Komeng Maju Nyaleg DPD Jawa Barat

Ada kejadian menghebohkan saat penyelenggaraan Pemilu 2024 yang diadakan serentak pada 14 Februari 2024 lalu.…

2 months ago

Kronologi Dante Anak Tamara Tyasmara Tewas Diduga di Tangan Pacar Ibunya

Artis Tamara Tyasmara tengah berduka setelah kepergian anak semata wayangnya bersama sang mantan suami, Angger…

2 months ago

Raja Charles III Menderita Kanker Ketika Menjalani Perawatan Masalah Prostat

Kabar tak mengenakkan datang dari keluarga Kerajaan Inggris. Baru beberapa bulan menjalani perannya sebagai Raja…

3 months ago

Diduga Terlibat Pencucian Uang Ratusan Miliar, Raffi Ahmad Beri Klarifikasi

Raffi Ahmad bukan hanya dikenal sebagai artis, tapi juga pengusaha. Kekayaan yang dimilikinya tak main-main,…

3 months ago