in

Inilah Ruginya kalau Tidak Registrasi Kartu SIM sampai Akhir Bulan!

Sejak akhir Bulan Oktober 2017 lalu, Kementerian Komunikasi dan Informatika mewajibkan seluruh warga Indonesia untuk melakukan registrasi pada kartu SIM yang mereka gunakan. Registrasinya dengan cara mencantumkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang ada pada KTP. Hal ini dilakukan bertujuan agar nomor yang kita pakai nggak disalahgunakan oleh orang tidak bertanggungjawab. Tapi sayangnya, hal ini menuai pro kontra dari beberapa masyarakat.

Tidak setujunya masyarakat dengan hal ini disebabkan terbatasnya jumlah kartu yang bisa diregistrasikan. Selain itu para warga juga menganggap registrasi ini nggak terlalu penting karena mereka merasa pendaftaran kartu SIM sudah cukup dilakukan sekali pada waktu awal beli nomor. Oleh karena itu, sampai sekarang masih banyak yang belum registrasi ulang. Padahal tanggal 28 Februari adalah hari terakhir registrasi ulang. Dan ada beberapa risiko juga loh kalau nggak melakukan daftar ulang.

1. Tahap awal kalau nggak melakukan registrasi

Tidak bisa melakukan panggilan keluar [image source]
Ini nih risiko pertama kalau nggak melakukan daftar ulang kartu SIM. Nomor kalian tidak akan bisa melakukan panggilan keluar. Walaupun nomor yang sahabat boom hubungi berasal dari operator yang sama, itu nggak pengaruh sama sekali. Bisa bayangkan kalau kita lagi butuh menghubungi seseorang tapi nomornya menolak mentah-mentah. Kalian harus repot-repot pinjam ponsel orang untuk menelpon kerabat. Selain itu kartu SIM juga nggak bisa digunakan untuk SMS. Ya walaupun sekarang banyak orang hampir nggak pernah pakai SMS, tapi tidak menutup kemungkinan jika teknologi itu masih dibutuhkan apalagi kalau kuota sedang kosong. Tahap ini akan berjalan selama 30 hari setelah tanggal 28 Februari 2018.

2. Inilah yang terjadi kalau 30 hari kemudian tetap nggak registrasi

Tahap kedua kartu SIM tidak bisa menerima panggilan masuk [image source]

Kalau kalian tetap bandel nggak mau registrasi kartu SIM, nomor akan ada gangguan kedua. Yaitu nomor nggak bisa untuk menerima panggilan entah dari operator yang sama ataupun tidak. Dengan begitu, nomor kalian seperti tidak ada fungsinya lagi. Mau menghubungi nggak bisa, ditelpon dari nomor lain juga tak berhasil. Dan juga nomor tetap nggak bisa melakukan SMS. Jadi, apa kalian tetap nggak mau registrasi kartu SIM? Mending jangan coba-coba deh ya.

3. Dan inilah akibat fatalnya kalau berpendirian teguh untuk nggak daftar ulang

Nomor akan terblokir total jika tidak melakukan registrasi [image source]
Setelah 15 hari berlalu sejak nomor nggak bisa digunakan untuk menerima panggilan, kartu SIM kalian pasti akan ada peringatan dari pusat supaya melakukan registrasi. Jangka waktu daftar ulang yang diberikan sejak peringatan tersebut adalah selama 15 hari. Kalau sahabat boom tetap tidak melakukan registrasi, maka yang akan terjadi pada nomor kalian adalah pemblokiran total. Kartu SIM sudah tidak bisa lagi digunakan untuk internetan. Ya kalau seperti ini nomor kalian hanya tinggal kenangan sahabat boom dan siap untuk dibuang.

4. Solusi terbaik ya cuma satu ini

Harus ganti kartu [image source]
Kalau sudah diblokir total ya sudah tak perlu gundah. Itu karena kalian tetap berpendirian teguh untuk tidak registrasi. Jadi akibatnya ya harus ditanggung dengan sabar ya. Bagi kalian yang bertanya bagaimana caranya untuk mengatasi ini ya hanya ada satu solusi. Dan pasti sahabat boom tau lah apa yang harus dilakukan. Caranya adalah dengan buang nomor tersebut dan beli kartu SIM yang baru. Selain itu juga kalian harus repot-repot untuk menghubungi teman kalau nomor kalian ganti. Hmm.. rugi sendiri kan?

Jadi itulah akibatnya kalau nggak melakukan registrasi kartu SIM sahabat boom. Sangat merugikan bukan? Nomor yang sudah kalian gunakan sejak lama akan terblokir sia-sia kalau tidak daftar ulang. Bagi yang belum daftar ulang, segera registrasi ya. Caranya mudah kok yaitu ketik ULANG (Nomor KTP)#(Nomor Kartu Keluarga)#.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Arjuna, Wayang Berkekuatan Supranatural yang Terbuat dari Kulit Manusia di Magelang

Hampir Meregang Nyawa, Kisah Perempuan di Kelapa Gading Ini Bikin Merinding