in

Seperti Inilah Kehebatan Mobil Kepresidenan yang Ternyata Mogok Juga

Mobil presiden di bandara [image source]

Saat seorang kepala negara akan melakukan kunjungan kerja, pastinya ada beberapa barang yang sengaja dibawa demi kenyamanannya. Hal itu juga berlaku pada presiden Indonesia saat melakukan kunjungan baik di dalam maupun ke luar negeri. Salah satu barang wajib yang dibawa khusus tentu saja adalah mobil kepresidenan.

Hal ini bisa kita lihat bila Presiden Jokowi melintas di daerah yang berbeda pasti beliau menaiki mobil yang sama. Kendaraan yang memang sudah disiapkan khusus dengan berbagai kecanggihannya untuk presiden. Namun siapa sangka kalau mobil orang nomer satu juga bisa mogok.

Mobil presiden mogok saat kunjungan kerja

Dikabarkan bahwa pada saat melakukan kunjungan kerja ke daerah Kalimantan Barat, mobil Mercedes Benz dengan tipe S600 Guard yang dinaiki Jokowi dan Iriana mogok dalam perjalanan. Menurut pemberitaan mobil tersebut tiba-tiba bermasalah saat digunakan sekitar 30 menit setelah sang presiden meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Gas atau PLTD Mempawah.

Mobil mogok [image source]
Ketika itu rombongan presiden berniat melanjutkan kegiatan makan siang di daerah Kubu Raya. Awalnya rombongan presiden tidak menyadari bahwa mobil itu bermasalah karena memang sudah biasa bagi Jokowi sekedar berhenti di perjalanan untuk menyapa masyarakat dan memberi beberapa bantuan. Tapi yang kali ini ternyata mobil harus berhenti karena mogok.

Masalah yang dialami mobil tak terlalu serius

Ada beberapa pendapat muncul tentang penyebab mogoknya mobil RI 1 ini. Beberapa pihak menyatakan bahwa mogoknya ini dikarenakan ada masalah pada settingan gas yang kemudian membuat laju mobil tidak bisa dikendalikan dengan normal. Belum lagi usia mobil yang sudah cukup tua, yaitu sekitar 10 tahun an.

Mobil presiden di bandara [image source]
Tentu saja wajar bila terjadi beberapa masalah ausnya mesin yang sudah digunakan bertahun-tahun. Namun pihak kepresidenan mengaku bahwa sebenarnya mobil ini sudah secara rutin diservis dan benar-benar diperhatikan pemeliharaannya tiap bulan. Jadi seharusnya memang tidak ada masalah yang serius, dan mungkin masalah akselerasi saja yang dialaminya.

Mobil ini sudah digunakan sejak zaman SBY

Mercedes Benz dengan tipe S600 Guard ini sebenarnya merupakan kendaraan andalan yang digunakan Jokowi ketika melakukan kunjungan daerah. Mobil ini ternyata merupakan warisan dari zaman Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk menggantikan kendaraan sebelumnya yang malahan telah digunakan sejak zaman BJ Habibie.

Mobil warisan [image source]
Kejadian seperti ini ternyata bukan pertama kalinya dialami oleh Presiden Jokowi. Pasalnya pernah suatu ketika mobil Mercedes Benz S600 Guard ini tidak kuat digunakan melewati tanjakan di sebuah daerah di Indonesia. Tapi untungnya selalu ada mobil cadangan yang disiapkan agar kunjungan presiden tak terkendala.

Mobil ini memiliki spesifikasi yang hebat

Yang namanya mobil kepresidenan pastinya telah dipilih dengan berbagai pertimbangan khusus ya, termasuk si Mercedes Benz S600 Guard ini. Mobil warisan ini dilengkapi mesin 5,5 liter V12 yang ternyata dirakit Sindelfingen Jerman. Kendaraan presiden ini pastinya juga dilengkapi dengan tingkat keamanan tinggi.

Mobil kepresidenan [image source]
Menurut pemaparan, Mercedes Benz ini sudah memenuhi sertifikasi B6/B7 yang dijamin kebal peluru. Pada saat berada di dalam mobil mewah Mercedes Benz S600 Guard ini kita tak perlu khawatir dengan hantaman peluru dahsyat seperti M16 maupun sejenis Kalashnikov AK-47 sekalipun. Mobil ini juga bisa tahan dari dampak ledakan granat ringan serta memiliki tangki bensin yang tidak akan bocor.

Meskipun dikenal sebagai mobil mewah dengan spesifikasi hebat ternyata mobil kepresidenan Jokowi juga tidak terhindar dari yang namanya mogok seperti kendaraan lainnya. Sebenarnya wajar juga bila kendaraan ini mengalami masalah mengingat usianya yang tidak lagi muda, jadi meskipun selama ini telah dirawat dengan baik kondisi aus tetap saja dialami. Kira-kira menurut kalian apakah sudah saatnya mobil ini dipensiunkan?

Written by Faradina

Leave a Reply

Jika Rusia dan Tiongkok Berkomplot Menginvasi Amerika Serikat, Siapa yang Bakal Menang?

5 Tokoh Penting Indonesia Pernah Mengalami Ancaman Pembunuhan