in

5 Megatsunami Paling Mengerikan yang Nyaris Membuat Dunia Hancur

Istilah tsunami pastinya sudah cukup akrab di telinga banyak orang. Tapi, soal megatsunami, ternyata tak semua orang tahu. Ya, seperti namanya, ini adalah tragedi tsunami tidak biasa di mana levelnya lebih tinggi lagi. Tak hanya menghasilkan dampak yang sangat parah, secara fisik megatsunami memiliki ketinggian gelombang berkali-kali lipat dari yang biasa.

Bumi pernah mengalami beberapa kali megatsunami. Tragedi ini muncul di beberapa masa dalam rentang waktu jutaan tahun lalu sampai sekitar 20 tahun belakangan. Megatsunami terjadi tak terlalu sering terjadi, namun sekalinya muncul ia menimbulkan kerusakan yang tidak karuan. Di samping lantaran penyebab kemunculannya juga langka.

Nah, membicarakan soal megatsunami paling mematikan, berikut adalah beberapa kejadian tsunami super paling gila yang pernah terjadi dalam sejarah manusia.

1. Ibu Tsunami, Megatsunami Paling Dahsyat Sepanjang Masa

Bumi pernah mengalami kejadian parah yang nyaris membuat semua makhluk hidup tewas. Ya, kembali ke sekitar 66 juta tahun lalu, ada sebuah tragedi megatsunami yang benar-benar luar biasa dan membuat kerusakan masif. Sebuah tsunami diklasifikasikan ke dalam kelas mega jika tingginya lebih dari 100 meter. Nah, yang satu ini jauh lebih tinggi lagi.

Ilustrasi Ibu Tsunami [Image Source]
Ilustrasi Ibu Tsunami [Image Source]
Percaya atau tidak, megatsunami satu ini diperkirakan oleh para peneliti mencapai tinggi sekitar 5 kilometer. Tak bisa terbayangkan gelombang setinggi itu. Maka tak heran ketika terjadi, megatsunami ini hampir menyapu sebagian besar daratan di muka bumi. Inilah adalah megatsunami paling parah. Makanya, kemudian peneliti menjulukinya sebagai Ibu Tsunami.

2. Megatsunami Chesapeake, Sangat Mematikan dan Berulang-Ulang

Salah satu alasan kenapa hewan-hewan prasejarah musnah adalah lantaran asteroid. Nah, siapa sangka jika benda angkasa ini ternyata juga jadi penyebab terjadinya bencana besar lainnya. Seperti yang disebut oleh peneliti dengan tragedi Megatsunami Chesapeake. Para ahli yakin jika tsunami super ini terjadi lantaran asteroid berdasarkan bukti-bukti yang ada.

Ilustrasi asteroid menabrak Bumi [Image Source]
Ilustrasi asteroid menabrak Bumi [Image Source]
Tak dikatakan dengan gamblang seberapa gila megatsunami ini. Namun, diyakini ia juga tak kalah mematikan dengan memiliki ketinggian ratusan meter. Ngerinya, megatsunami ini tak cuma sekali terjadi tapi berulang-ulang. Kejadian ini sendiri berlangsung di sekitar 35 juta tahun lalu.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

5 Fakta Sangar Jagdkommando, Pisau Militer Paling Mematikan di Dunia

Menyingkap Misteri Mahkota Sultan Ternate yang Sangat Keramat dan Konon Tak Ternilai Harganya