in

5 Megatsunami Paling Mengerikan yang Nyaris Membuat Dunia Hancur

3. Megatsunami Eltanin, Salah Satu yang Paling Parah Dalam Sejarah Bumi

Asteroid tak hanya jadi penyebab terjadinya Megastunami Chesapeake tapi juga Eltanin. Kejadian ini sendiri berlangsung sekitar 2,5 juta tahun yang lalu. Sama seperti megatsunami yang lain, Eltanin juga memiliki ketinggian yang sangat gila. Menurut peneliti, setidaknya ia memboyong gelombang setinggi 200an meter.

Ilustrasi tabrakan Eltanin [Image Source]
Ilustrasi tabrakan Eltanin [Image Source]
Dampaknya bagi makhluk hidup juga cukup parah. Megatsunami Eltanin menghempaskan makhluk hidup yang mendiami pulau-pulau yang ada di kawasan samudera pasifik. Tak hanya menciptakan megatsunami, asteroid yang berukuran diameter 4 kilometer ini juga berhasil menciptakan lubang tabrakan di pasifik seluas 35 km.

4. Lituya, Megatsunami Terparah yang Menimpa Amerika

Tak hanya terjadi di masa lalu, megatsunami juga tercatat pernah muncul di era modern. Dan salah satu yang paling parah pernah terjadi di Amerika, tepatnya di Teluk Lituya, Alaska. Megatsunami ini disebabkan oleh gempa bumi hebat lalu tak lama kemudian tercipta megatsunami super parah.

Teluk Lituya pasca megatsunami [Image Source]
Teluk Lituya pasca megatsunami [Image Source]
Tingginya sendiri tak terkira yakni mencapai sekitar 520 meter. Megatsunami ini pun menghempaskan segala hal yang ada di sekitar teluk Lituya. Ajaibnya, kejadian yang terjadi di tahun 50an ini hanya menewaskan tak lebih dari 5 orang saja.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

5 Fakta Sangar Jagdkommando, Pisau Militer Paling Mematikan di Dunia

Menyingkap Misteri Mahkota Sultan Ternate yang Sangat Keramat dan Konon Tak Ternilai Harganya