in

Masjid Jakarta Islamic Center Kebakaran Saat Direnovasi sampai Kubahnya Roboh

Masjid Jakarta Islamic Centre Kebakaran

Api berkobar dan asap mengepul terlihat di kubah masjid Jakarta Islamic Centre (JIC) pada Rabu (19/10/2022) sore. Kejadian nahas tersebut membuat warga sekitar heboh sampai videonya pun beredar di media sosial, memperlihatkan bagaimana kubah terbakar sampai roboh. Penyebab kebakaran masih terus diselidik oleh pihak kepolisian. Lalu, bagaimana awal mula kebakaran masjid Jakarta Islamic Centre dan kondisinya sekarang? Simak ulasan lengkapnya berikut.

Api berhasil dipadamkan setelah 2 jam

Masjid JIC berlokasi di Jalan Kramat Raya, Tugu Utara, Kecamatan Koja, Jakarta Utara. Api diketahui mulai terlihat berkobar dari kubah yang berada di lantai 3 masjid sekitar pukul 15.00 WIB. Sementara, pemadam kebakaran menerima laporan kira-kira pukul 15.22 WIB. Awalnya, api berasal dari sisi barat kubah tetapi cepat merambah ke seluruh bagian karena angin bertiup kencang.

Masjid Jakarta Islamic Centre Kebakaran
Kubah masjid JIC terbakar. [Sumber Gambar]

Petugas pemadam kebakaran pun langsung menuju ke lokasi kejadian. Api berhasil dipadamkan lebih kurang pukul 17.00 WIB. Dari kejadian tersebut, tidak ada korban jiwa maupun luka-luka. Namun, warga yang sedang berada di lantai 1 langsung keluar masjid dan beberapa menyelamatkan barang dari lantai 1.

Setengah bagian kubah terbakar sampai roboh

Masjid Jakarta Islamic Centre Kebakaran
Kobaran api terlihat di kubah masjid JIC. [Sumber Gambar]
Kepala Subdivisi Pengkajian JIC Paimun Karim mengatakan kubah masjid terbakar sampai setengah bagian dan akhirnya roboh. Ia mengatakan bahwa kubah masjid sampai roboh sekitar setengah jam setelah terbakar. Mudahnya kubah roboh tersebut diduga karena adanya 12 buah lampu kipas khas Betawi dengan berat 1 ton. Kubah tersebut roboh ke lantai 2 masjid, bahkan puing-puingnya ada yang jatuh ke lantai 1.

Kubah masjid sedang direnovasi

Diketahui bahwa JIC sedang direnovasi termasuk bagian kubah. Sebelum kebakaran terjadi, pekerja bangunan sedang memasak triplek untuk membenahi atap kubah masjid. Mereka menggunakan las untuk menempelkan triplek. Lantas, timbul percikan api dari alat bakar yang digunakan hingga timbul api cukup besar.

Masjid Jakarta Islamic Centre Kebakaran
Kondisi masjid setelah terbakar. [Sumber Gambar]
Petugas berusaha memadamkan api menggunakan alat pemadam ringan yang tersedia, tetapi api tetap menyebar sampai terjadilah kebakaran. Walaupun ada pengerjaan pengelasan sebelum kejadian, Polres Metro Jakarta Utara masih menyelidiki lebih lanjut penyebab kebakaran.

BACA JUGA: Gudang JNE Kebakaran, 6 Brand Terdampak Rugi Miliaran sampai Tutup Toko Online

Sampai kini belum diketahui kerugian material dari kebakaran masjid JIC. Proses penyelidikan juga masih berlangsung. Semoga saja renovasi masjid akan bisa berlanjut sehingga masjid dapat digunakan kembali.

Written by H

Pasangan Suami Istri Meninggal Setelah Ditabrak Anaknya Sendiri, Begini Kronologinya

Potret banjir di Indonesia

10 Potret Banjir di Indonesia, Air Setinggi Pinggang Orang Dewasa di Beberapa Daerah