in

Nostalgia Wimcycle, Sepeda Dambaan Anak 90’an yang Kini Nasibnya Memilukan

Kegiatan bersepeda kini menjadi trend anyar setelah diberlakukannya new normal. Alhasil, penjualan sepeda pun melonjak naik berkali lipat. Sayangnya, pasar sepeda Indonesia belakangan banyak didominasi oleh produk import. Padahal, masyarakat Indonesia sempat bangga dengan produk lokal dengan merek sepeda Wimcycle.

Bagi mereka yang tumbuh sebagai anak-anak dan remaja di tahun 1980-an hingga 2000-an, merek sepeda Wimcycle tentu tak asing lagi bagi mereka. Dengan tagline “Heboh” yang mudah diingat, keberadaannya tentu dirindukan pada saat ini. Sayangnya, kini Wimcycle dikabarkan tengah dililit utang ratusan miliar yang membuat namanya kian tenggelam.

Dikenal sebagai produsen sepeda kenamaan di masanya

Di masa kejayaannya, Wimcycle termasuk produsen sepeda lokal yang mampu memproduksi beragam jenis sepeda sesuai kebutuhan pasar. Mulai dari jenis sepeda gunung, seri BMX, hingga sepeda santai, pernah dibuat oleh perusahaan yang telah eksis sejak tahun 1972 itu. Sayang, perputaran zaman yang begitu cepat membuat Wimcycle mulai goyah.

Terlilit utang hingga setengah triliun rupiah

Karyawan Wimcycle melakukan aksi damai di depan pabrik [sumber gambar]
Penyebab goyahnya perusahaan tersebut berawal ketika PT Wijaya Indonesia Makmur Bicycle Industries yang membawahi produk Wimcycle, terlilit utang sebesar Rp504,03 miliar yang berasal dari 37 kreditur. Kondisi tersebut diperparah dengan semakin menurunnya pendapatan perusahaan akibat serbuan sepeda impor yang berharga lebih murah.

Tenggelam akibat serbuan sepeda impor dan persaingan ketat dengan merek lokal

Ilustrasi sepeda impor [sumber gambar]
Pasar sepeda Indonesia memang banyak didominasi oleh buatan Cina yang harganya dikenal lebih murah dari pabrikan lokal. Alhasil, sejumlah produsen di dalam negeri merasakan dampak tersebut yang berimbas pada kinerja bisnisnya. Termasuk Wimcycle yang juga tengah berjuang di pasar sepeda tanah air.

Imbas utang yang membuat Wimcycle tak lagi bisa memproduksi sepeda

Ilustrasi produksi sepeda [sumber gambar]
Akibat terlilit utang yang mencapai hampir setengah triliun tersebut, praktis Wimcycle tak lagi bisa memproduksi sepeda seperti pada masa jayanya dulu. Tak heran jika produknya kini kian tenggelam lantaran sulit ditemui di pasaran dalam negeri. Selain Wimcycle, produk dalam negeri seperti Polygon juga harus bersaing dengan sepeda impor dari Cina.

Merek legendaris yang akan terus dikenang

Salah satu sepeda Wimcycle [sumber gambar]
Meski produknya jarang ditemukan, keberadaan Wimcycle akan terus dikenang lantaran merek tersebut masih memiliki penggemar setia di Indonesia. Meski demikian, ada sebuah perusahaan asal Hong Kong yang dikabarkan tertarik untuk menyelesaikan utang yang dimiliki Wimcycle lantaran tak ingin perusahaan sepeda legendaris itu tutup. Semoga saja jadi kabar baik.

BACA JUGA: 7 Sepeda Termahal di Dunia yang Harganya Melampaui Mobil Mewah

Tak banyak yang tahu jika Wimcycle sempat mengeluarkan produk berupa mainan anak hingga motor listrik lewat anak usahanya yang bernama PT Wim Motor. Salah satu produknya yang bernama Wim Motor 8i sempat jadi sorotan ketika digunakan oleh Presiden Joko Widodo, dalam kunjungan resminya ke Kabupaten Asmat, Papua. Jadi kangen Wimcycle ya Sahabat Boombastis.

Written by Dany

Menyukai dunia teknologi dan fenomena kultur digital pada masyarakat modern. Seorang SEO enthusiast, mendalami dunia blogging dan digital marketing. Hobi di bidang desain grafis dan membaca buku.

Leave a Reply

Viral Anak Ingin Jebloskan Ibu Kandung ke Penjara, Masalahnya Cuma Gara-gara Motor

Bukan Anak Lanang Biasa, Deretan Artis Cantik Ini Pernah Dijodohkan dengan Dul Jaelani