in

Disebut Sebagai Ratu Endorse, Tarif Awkarin Tiap Kali Posting di Instagram Bikin Ketar-ketir

Endorse Awkarin [sumber gambar]

Semenjak adanya akun instagram, artis jadi memiliki profesi ganda. Menjadi selebriti dan juga selebgram—profesi khusus untuk endorsement barang dan juga paid promote. Tanpa perlu menjadi selebriti, segelintir orang juga bisa memiliki profesi hanya sebagai selebgram. Awkarin contohnya.

Memulai kariernya dengan kontroversi, Awkarin merupakan salah satu pengguna instagram yang memiliki banyak followers, bahkan sebelum dirinya terkenal seperti sekarang. Banyak yang bilang penghasilan Awkarin sebagai selebgram sudah hampir menyaingi artis-artis papan atas. Padahal dirinya juga hanya jeprat-jepret sana sini mempromosikan produk orang. Apa memang benar begitu?

Endorse Awkarin [sumber gambar]
Beberapa netizen kemarin (4/10) dikejutkan dengan jumlah instagram story Awkarin dalam satu hari. Garis-garis di atas username instagram Awkarin tiba-tiba berubah menjadi titik-titik. Masih ingat dagelan tentang instagram story Dian Sastrowardoyo? Milik Awkarin kemarin bahkan lebih banyak, geng! Netizen pun sepakat memberikan Awkarin sebutan sebagai Ratu Endorse, saking banyaknya produk yang ia promosikan. Bicara tentang pendapatan endorsement dan paid promote Awkarin, banyak orang yang masih penasaran dengan tarifnya. Enggak mungkin, kan, Awkarin dengan giat mengunggah foto produk hingga garis di instagram story-nya berubah menjadi titik-titik? Kumparan.com, menyebutkan sekali endorse Awkarin, pemilik produk harus rela mengeluarkan Rp800 ribu. Sedangkan jika hanya paid promote, Awkarin hanya mematok Rp300 hingga Rp500 ribu saja.

Tarif endorse Awkarin [sumber gambar]
Namun, jika dipikir-pikir, apa benar yang dikatakan mantan manajer Awkarin tentang penghasilan perbulannya yang mencapai Rp85 juta jika hanya mematok tarif segitu? Boombastis.com pun mengumpulkan data dari situs sociabuzz.com, platform untuk mengecek tariff endorsement dan paid promote selebgram di Indonesia. Selain itu, idntimes.com juga menulis tentang hal serupa. Di sana tertulis bahwa tarif endorsement Awkarin bermacam-macam, tergantung klien meminta Awkarin mengunggah produknya di fitur apa.

Feeds atau instagram story, berbentuk video atau hanya sekedar foto dan teks. Rupanya, tarif paling mahal yang dipatok Awkarin berada dalam vlog di kanal YouTube-nya. Ia mematok harga Rp40 juta untuk setiap kali promosi produk. Hal ini juga tidak permanen, masih bisa berubah tergantung tingkat kesulitannya. Sebab, Awkarin tidak mungkin bekerja sendiri, kan? Ia memiliki make up artist, stylist, hingga kameramen yang siap sedia dalam timnya.

Awkarin si ratu endorse [sumber gambar]
Selain vlog, ia mematok harga Rp15 juta untuk video promosi yang akan diunggah dalam feeds instagramnya. Berbeda lagi jika klien meminta video diunggah selama berkali-kali tayang dengan konsep berbeda. Rekening Awkarin dalam sebulan bisa jebol tuh angka 0-nya. Namun, bagi klien yang ingin meminta endorsement dalam bentuk foto saja tetapi diunggah dalam feeds, Awkarin hanya mematok Rp4 juta. Foto-foto dalam akun instagram Awkarin memang patut diacungi jempol, sih. Sehingga, wajar jika ia mematok harga yang cukup mahal.

Mulai dari tahap persiapan hingga editing dan siap untuk diunggah. Berbeda lagi jika kalian hanya memiliki budget untuk meminta Awkarin promosi di instagram story. Rp1,5 juta harus rela kamu transfer ke rekening manajemen Awkarin. Namun, dengar-dengar nih, meski hanya bertahan selama 24 jam, promosi Awkarin di instagram story cukup menguntungkan bagi bisnismu, loh. Duh, kok jadi promosi Awkarin, sih.

Feeds Awkarin [sumber gambar]
Hal yang bisa kita ambil dari keseharian Awkarin sebagai selebgram. Jangan takut untuk mulai membina konten kreatif di media sosial. Bukan menyarankan untuk Sahabat Boombastis bikin kontroversi, loh, ya. Namun, melihat Awkarin yang sekarang tajir melintir hanya dengan mengunggah foto-foto di instagram, siapa sih yang enggak bisa? Tinggal dicoba saja, geng. Siapa tahu nanti kalian jadi saingan baru Awkarin!

Written by Harsadakara

English Literature Graduate. A part time writer and full time cancerian dreamer who love to read. Joining Boombastis.com in August 2017. I cook words of socio-culture, people, and entertainment world for making a delicious writing, not only serving but worth reading. Mind to share your thoughts with a cup of asian dolce latte?

Leave a Reply

Alih Alih Kehilangan, Tradisi Pemakaman di Ghana Ini Membuat Kematian Terasa Menyenangkan

5 Bantuan dari Negara Asing Untuk Korban Gempa Palu yang Luber-luber Enggak Karuan