in

8 Hal Ini Biasa di Indonesia tapi Bisa Berakhir Hukuman Pedih di Korea Utara

Apa yang terlintas di benak kamu saat pertama mendengar negara Korea Utara? Pastinya langsung tertuju pada pemimpinnya yang diktator, aturan yang ketat dan disiplin. Ya, pasalnya negara yang dipimpin oleh Kim Jong Un ini memang punya segudang peraturan ‘edan’ yang mungkin nggak diterapkan di negara lain.

Kalau mau dibandingkan dengan negara kita Indonesia, mungkin kamu akan berpikir ‘kok bisa sih dilarang?’ Seperti barang yang dinilai orang Indoenesia ‘penting banget’ atau mungkin kita tidak bisa hidup tanpa barang ini, namun di Korut malah dilarang dan tidak boleh beredar. Lengkapnya akan Boombastis ulas di sini.

Menonton televisi negara lain bisa berakhir hukuman mati

Siaran televisi Korea Utara [Image sorce]
Percaya atau tidak negara ini hanya punya 4 saluran televisi yang bisa ditonton oleh penduduknya. Penyensoran media dan pers sangatlah ketat serta semuanya diatur oleh pemerintah. Selain itu, hampir semua saluran televisi tersebut hanya menyiar dan menyanjung pemerintah Korut saja. Kalau ada yang kedapatan nonton saluran televisi lain, seperti Korea Selatan misalnya, maka bisa-bisa dihukum mati. Mungkin itulah alasannya artis Korut nggak setenar para idol K-pop.

Fashion dan model rambut yang diatur pemerintah

Model Rambut Korut [Image source]
Di Korea utara jangan harap bisa menemukan orang yang memakai jeans dan ‘fesyen’ yang kebarat-baratan. Peraturan pemerintah hanya memperbolehkan memakai produk lokal yang juga dirancang oleh desainer asli Korea Utara. Belum lagi, untuk urusan rambut jangan coba buat neko-neko, untuk wanita hanya ada 19 gaya rambut sedangkan untuk pria hanya ada 10 saja. gak heran kalau penampilan mereka mirip-mirip.

Larangan merokok, what?

Hanya Kim Jong Un yang boleh merokok [Image source]
Jika di Indonesia larangan merokok ada di tiap bungkus rokok, namun para perokok tetap saja mengabaikan hal tersebut, maka berbeda halnya dengan di Korea Utara. Terhitung sejak tahun 2016, pemerintah Korea Utara sangat gencar mengampanyekan larangan merokok, terbukti dengan berbagai media yang menyuarakan bahaya rokok. Aturan ini mungkin dibuat sang presiden lantaran Kim Jong Il dan Kim Il Sung, ayah dan kakek Kim Jong Un meninggal dunia juga akibat rokok. Semenjak kampanye tersebut rokok menjadi barang langka yang sulit di temukan di Korea Utara. Kalau di Indonesia prinsipnya begini: peraturan dibuat untuk dilanggar.

Penggunaan ponsel dan mengakses internet harus dengan izin pemerintah

Pengguna ponsel Korut [Image source]
Sama seperti  televisi di atas, ponsel dan internet adalah barang ‘mahal’ yang aksesnya sangat terbatas. Jangan bandingkan dengan anak kecil di Indonesia yang sudah punya ponsel sendiri, di Korea Utara hanya ada sekitar 1 juta penduduk yang memiliki ponsel dari total 15 juta jiwa. Selain itu, Untuk menggunakan internet warga juga harus mendapat izin dari pemerintah dulu dan menjelaskan tujuan dari pemasangan internet tersebut. Kalau di Indonesia mah, internet adalah nyawa kedua, saking pentingnya.

mengemudi dan punya kendaraan pribadi adalah hal yang langka

Mobil pribadi adalah hal langka [Image source]
Hal yang gak kalah aneh adalah dilarang mengemudi dan punya kendaraan pribadi. Mungkin melihat kendaraan berlalu lalang bebas adalah hal yang lumayan langka di negara yang dipimpin Jong Un ini. beberapa orang dari mereka yang bisa berkendara adalah dari kalagan pejabat saja.

Larangan mendengarkan musik kecuali yang berisi pujian terhadap ‘sang presiden’

Tidak boleh mendengarkan musik [Image source]
Jangan kaget, di Korea Utara tidak akan ada yang bisa menikmati lagu-lagu Celine Dion, Michael Jackson, Beyonce, atau Justin Bieber. Bukan karena masalah Korea Utara sedang terlibat pertikaian dengan Amerika, tapi karena memang peraturan yang berlaku, penduduknya hanya boleh mendengar lagu yang berisi sanjungan kepada sang presiden saja. gimana kalau pas lagi gabut dan mood jelek ya?

Tidak akan ditemukan pembalut satu kali pakai

Pembalut seklai pakai [Image source]
Pembalut menjadi salah satu hal penting banget bagi seluruh wanita di dunia, tapi di Korea Utara pembalut sekali pakai tidak akan kamu temukan. Semua wanita di negara ini menggunakan pembalut reusable, atau pembalut yang bisa dipakai lebih dari satu kali. Jadi, kalau mau ke Korea Utara harus ngantongin pembalut sekali pakai dari rumah dulu ya.

Kondom hanya dijual di pasar gelap

Alat kontrasepsi [Image source]
Di Korea Utara, pemerintah melarang keras beredarnya film porno serta kondom. Kondom adalah hal yang tidak akan ditemukan kecuali di pasar gelap, makanya tak heran jika hubungan intim adalah hal yang ‘asing’ untuk dibicarakan apalagi dirasakan. Namun, bukan berarti mereka dilarang untuk menikah. Di Korea Utara pernikahan sama seperti di kebanyakan negara, hanya saja hubungan suami istri dilakukan secara lebih ‘tradisional’.

Membayangkan tidak bagaimana ketat dan banyaknya larangan yang ada di Korea Utara? Meskipun terdengar aneh di telinga kita, tapi begitulah kenyataan yang sudah melekat di negara ini. Lagi-lagi mungkin kamu harus berterimakasih karena bisa tinggal di Indonesia dengan fasilitas lengkap tanpa harus hidup terkekang oleh pemerintah.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

5 Kisah Unik Bin Ajaib di Balik Gempa Banten Ini Bikin Pengin Ngakak Sambil Nyebut

5 Pantai Paling Indah di Gunung Kidul yang Paling Banyak Dikunjungi Wisatawan