Jika sedang berlibur ke Jawa Tengah, jangan lewatkan untuk mengunjungi lokasi pantai paling indah di Gunung Kidul. Selain menawarkan keindahan alam yang khas, pantai-pantai tersebut juga memiliki panorama alami yang tidak ada di tempat lainnya. Selain itu, destinasi wisata alam tersebut juga mempunyai keunikan dan keistimewaan tersendiri.

Ada banyak pilihan lokasi pantai di Gunung Kidul yang menarik untuk dikunjungi. Salah satu contohnya adalah pantai Jogan yang terkenal sebagai pantai Gunung Kidul yang ada air terjun eksotis . Pantai tersebut umumnya menjadi favorit para wisatawan dari luar kota untuk dikunjungi. Tak cukup disitu, masih ada beberapa pantai dibawah ini yang juga memiliki daya tarik yang patut untuk dikunjungi.

Pantai Drini

Keelokan alam pantai Drini memang tidak diragukan lagi. Selain panorama alaminya yang menyejukan pandangan mata, Pantai ini juga dikenal dengan ketenangan air dan pulau karangnya yang eksotis. Tak salah jika obyek wisata ini menjadi destinasi favorit bagi wisatawan, khususnya pelancong dari luar kota.

Pantai Drini

Penamaan Drini sendiri daimbil dari tumbuhan Pempis acidula atau santigi. Masyarakat lokal menyebutnya Drini. Meskipun tumbuhan tersebut sudah tidak lagi dapat ditemukan, pesona eksotismenya masih tetap terlihat. Beberapa gazebo beratapkan ilalang rumput, menjadi obat penghilang lelah setelah puas berkeliling pantai.

Pantai Slili

Keteduhan dan panorama Pantai Slili yang memikat mata, menjadi alasan utama untuk menjelajah obyek wisata ini. Yang unik, Pantai Slili merupakan salah satu pantai yang mungil diantara deretan pantai di kawasan Gunung Kidul. Berlokasi di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Gunun Kidul, Yogyakarta, destinasi wisata ini termasuk pantai gunung kidul yang masih sepi dibanding pantai lainnya.

Pantai Slili

Meski ada beberapa deretan pantai Gunung Kidul yang masih sepi, obyek wisata ini menjadi semacam “daerah pemisah alami” antara Pantai Krakal dan Pantai Sadranan. Yang menarik, di kawasan Pantai Slili terdapat sebuah batu karang yang bisa dinaiki oleh pengunjung. Lewat batu karang tersebut, wisatwan dapat melihat panorama Pantai Sadranan dan Krakal maupun samudera Hindia.

Pantai Nglambor

Tak salah bila menyebut Pantai Nglambor sebagai salah satu Pantai Gunung Kidul yang paling bagus. Selain lokasinya yang mudah dijangkau, obyek wisata ini bahkan dinobatkan sebagai akuarium raksasa yang menampung banyak sekali keindahan dan eksotisme didalamnya. Salah satunya yang cukup terkenal adalah, populasi kura-kura yang menjadi daya tarik tersendiri bagi Pantai Nglambor.

Pantai Nglambor

Tidak hanya itu, jika mengunjungi Pantai ini, kita bisa melakukan beragam kegiatan yang menarik. Deretan terumbu karang dan biota lautnya yang menggoda, membuat Pantai Nglambor ini menjadi pilihan yang tepat untuk ber-snorkeling ria. Tak hanya itu, daerah wisata ini juga digunakan sebagai lokasi konservasi terumbu karang dan budidaya ikan dengan jenis tertentu.

Pantai Ngrenehan

Pantai Ngrenehan yang berupa teluk ini, merupakan obyek wisata pantai yang dikelilingi oleh rimbunnya bukit kapur. Pasirnya yang putih dan kejernihan airnya, menjadi nilai lebih dari pantai yang terletak di Desa Kanogoro, Kecamatan Saptosari, Gunung Kidul. Beragam atraksi wisata juga dapat disaksikan di Pantai ini.

Pantai Ngrenehan

Tak sekedar menikmati keindahan pantainya, para wisatawan yang berkunjung juga dapat melihat aktivias Nelayan yang akan pergi melaut. Selain itu, sajian ikan bakar yang dipadu dengan menu lokal, siap memanjakan lidah siapa saja. Ikan-ikan segar tersebut juga dapat dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Pantai Pok Tunggal

Berpasir putih dan alami, Pantai Pok Tunggal langsung menjadi incaran wisatawan luar kota semenjak resmi dibuka sebagai obyek wisata di tahun 2012. Yang unik,di pantai ini terdapat sebuah pohon yang disebut Duras. Pohon yang tumbuh sendiri (tunggal), inilah yang menjadi cikal bakal penamaan “pok tunggal” pada pantai tersebut . Meski termasuk pantai gunung kidul baru, destinasi wisata ini tergolong sangat ramai dikunjungi kala musim libur tiba.

Pantai Pok Tunggal

Suara deburan ombaknya yang meneduhkan hati, membuat pantai ini sering digunakan oleh wisatawan untuk area camping ground. Hal tersebut didukung oleh tersedianya beragam fasilitas seperti toilet, payunh pantai, tenda dome dan warung makan. Kebersihannya yang sangat dijaga oleh warga sekitar, membuat Pok Tunggal menjadi salah satu pantai gunung kidul yang bagus untuk dikunjungi

Selain Indah dan mudah dijangkau, destinasi wisata yang termasuk sebagai pantai paling indah di Gunung Kidul tersebut, memberikan kenikmatan tersendiri bagi pengunjungnya. Tak salah bila wisatawan dari luar kota, banyak mengunjungi pantai-pantai tersebut untuk melepas penat dikala musim liburan tiba.