7 Rekor Dunia Dari Indonesia

oleh wahyu
13:00 PM on Feb 15, 2015

Kita sebagai warga Indonesia pastinya bangga atas prestasi–prestasi Indonesia yang diakui dunia. Namun, apakah pernah terlintas di pikiran untuk membuat orang Indonesia lainnya semakin bangga terhadap Indonesia atas prestasi-prestasinya?

Berikut kami suguhkan sejumlah orang Indonesia yang berupaya mengharumkan nama bangsanya di mata dunia. Orang–orang Indonesia ini sudah membuat rekor dunia dan berhasil mencatatkan namanya di Guiness Book of World Record atas kemampuan dan potensi mereka. Inilah 7 Rekor Dunia Asal Indonesia!

Baca Juga
5 Fakta Gedung BEI, Bangunan Megah yang Kemewahannya Bukan Hanya Hisapan Jempol
5 Fakta Sri Wahyuni Manalip, Si Bupati Cantik Asal Talaud yang Terancam ‘Lepas Seragam’

1. Russel Miracle

Pada bulan September 2010 lalu, Russel secara resmi diakui dunia dengan memecahkan dua rekor sekaligus, yaitu rekor bermain sulap non-stop selama 72 jam, dan tidak makan dan minum selama tujuh hari lamanya.

Russel Miracle
Russel Miracle

Kedua hal itu dilakukan oleh Russel semata–mata untuk menjunjung nama Indonesia di mata dunia, bahwa tidak hanya orang luar negeri saja, mereka juga bisa memecahkan rekor dunia. Aksi yang dilakukan oleh Russel memang dinilai bisa menyakiti dirinya sendiri, namun pemiliki nama asli Rasyello Moeda itu mengaku ia tidak merasa tersakiti, bahkan ia menikmati aksinya itu.

2. Pulau Simping (Pulau Terkecil)

Satu hal unik dan menarik yang dimiliki Indonesia dan diakui dunia adalah dengan adanya sebuah pulau kecil yang terdapat di Kalimantan Barat. Pulau tersebut dinobatkan sebagai pulau terkecil di dunia. Pulau yang juga dikenal dengan nama Pulau Kelapa Dua itu berada di Teluk Mak Jantu, yaitu berada di kawasan Sinka Island Park, Singkawang.

Pulau Simping
Pulau Simping

Di pulau kecil ini tersuguh pemandangan pantai, lautan, dan perbukitan yang indah mengelilinginya. Selain itu disana terdapat sejenis kelenteng kecil yang dijadikan tempat warga Tionghoa beribadah. Tak khayal jika pulau tersebut selalu ramai dengan pengunjung, dan mendapat rekor sebagai pulau terkecil di dunia seperti yang dicatat oleh PBB (Perserikatan Bangsa–Bangsa) yang mana membuat Pulau Simping ini diakui oleh dunia internasional.

3. Membakar Sate Terbanyak

Rekor satu ini sukses dipecahkan di Bali pada bulan Oktober 2010 silam, yaitu jumlah tusuk sate yang dipanggang oleh sekitar 1500-an orang melebihi rekor sebelumnya, yaitu 75.000 tusuk sate yang dicatat oleh Guiness Book of World Record di Brunei Darussalam.

Membakar Sate Terbanyak
Membakar Sate Terbanyak

Jumlah tusuk sate tersebut hampir terhalang akibat cuacanya yang buruk akan hujan, namun akhirnya sebanyak 1,8 ton daging sapi berhasil dibakar. Acara penghitungan tusuk sate terbanyak ini disaksikan secara langsung oleh Lucia Sinigagliesi, seoran perwakilan dari pihak Guiness Book of World Record.

4. Empat Rekor Sekaligus dalam Waktu Bersamaan

Rekor Indonesia yang selanjutnya adalah terpecahnya 4 rekor dunia sekaligus dalam waktu bersamaan, terjadi di Stadion Maesa Tondano, Minahasa, Sulawesi Utara pada 31 Oktober 2010 silam. Tercatat sejumlah 3.011 orang memainkan alat musik bambu bersama–sama dengan 1.223 orang memainkan kulintang secara massal, dan nada yang dihasilkannya pun serasi.

Instrumen Kolintang Raksasa
Instrumen Kolintang Raksasa

Dengan kombinasi seperti itu, mereka berhasil meraih empat rekor dunia sekaligus yang menjunjung nama Indonesia di mata dunia. Keempat rekor tersebut terdiri dari memainkan alat musik bambu terbanyak, memainkan alat musik kulintang terbanyak, instrumental musik kulintang, dan instrumental musik bambu terompet raksasa. Peraihan rekor dunia di bidang seni dan budaya itu menjadi rekor pertama di Sulawesi Utara maupun Indonesia.

5. Pemain Angklung Terbanyak

Rekor dunia selanjutnya adalah permainan angkung yang dilakukan oleh Indonesia dengan peserta multibangsa terbanyak. Sebanyak 5.182 orang berhasil memainkan lagu We Are The World milik Michael Jackson di Washington D.C., Amerika Serikat pada 19 Juli 2011 lalu. Pembukuan rekor dunia yang dilangsungkan di Taman Nasional Mall Washington Monument itu dihiasi dengan para peserta yang masing–masing memainkan sebuah angklung serta memakai sorban khas Bali di kepalanya.

Pemain Angklung Terbanyak
Pemain Angklung Terbanyak

Mereka memainkan angklung secara serentak berdasarkan nama-nama pulau di Indonesia yang tercantum pada angklung mereka. Pulau – pulau yang memainkan angklung ini terdiri dari Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali, Sulawesi, Lombok, Maluku, Flores, Papua, dan Halmahera. Sebelum mengumumkan rekornya, sang juri dari pihak Guiness Book of World Record mengaku terkagum mengetahui para peserta yang sebelumnya tidak pernah bermain angklung, mereka dapat memainkan lagu We Are The World tersebut secara bersama – sama.

6. Dive Pramuka Emas 2011

Rekor ini dihasilkan melalui kegiatan yang berjudul ‘Dive Pramuka Emas 2011’. Kegiatan yang merupakan gerakan pramuka itu sukses mengembangkan bendera merah putih seluas 1.000 meter persegi dan membawanya ke ujung pantai Laut Situbondo pada tanggal 23 Oktober 2011 silam.

Dive Pramuka Emas 2011
Dive Pramuka Emas 2011

Tak hanya itu, usaha mengembangkan bendera Tanah Air itu melibatkan 416 penyelam, yaitu dari unsur utama anggota gerakan pramuka, TNI Angkatan Laut, Polri, dan komunitas penyelam lainnya. Dive Pramuka Emas 2011 berlangsung dalam rangka menyemarakkan peringatan tahun emas ke-50 gerakan pramuka, dan kegiatan itu berhasil menyabet rekor dunia dan mendapat sertifikat dari museum rekor dunia di Indonesia.

7. Penabuh Drum Terlama

Kunto Hartono, seorang drummer Indonesia, menjadi orang yang berkesempatan untuk mendapatkan rekor dunia dari Guiness Book of World Record, yaitu The Longest Marathon Drumming dengan waktu 122 jam 25 menit. Kunto baru memperoleh sertifikat rekor tersebut pada tanggal 10 Mei 2013 lalu. Padahal rekor berhasil dipecahkan pada 1 Januari 2012 di Malang, Jawa Timur.

Kunto Hartono – Penabuh Drum Terlama
Kunto Hartono – Penabuh Drum Terlama

Rekor ini lantas mematahkan rekor dunia yang sebelumnya di sandang oleh Rush Prager, penabuh drum selama 120 jam di Sacramento, AS, tanggal 14 Maret 2009. Ia melakukan hal tersebut selama enam hari, lima malam lamanya. Ia terus memukul drumnya dengan kuat tanpa henti. Makan, minum hingga bersikat gigi dibantu oleh istrinya, ia lakukan sembari menabuh drumnya.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Hal Gila yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Thailand 8 Ilustrasi Tentang Kebiasaan Cewek-Cewek Ini Bakal Bikin Kaum Lelaki Gagal Paham 5 Fakta Ngeri Sentinel, Suku Primitif Paling Sadis yang Pernah Ada 7 Fenomena ‘Salah Kostum’ Jokowi Ini Sukses Bikin Netizen Bertanya-tanya 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya 6 Musisi Indonesia Ini Punya Permintaan Aneh Sebelum Manggung, Ada yang Minta Aqua Galon Buat Mandi Loh 7 Sisi Gelap Negara Thailand yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Mengunjunginya! Pakai Narkoba Hingga Selingkuh, Ini 4 Kelakuan Istri Pejabat yang Bikin Ngelus Dada 5 Ramalan Menakutkan Nostradamus Tentang Tahun 2018, Siap-siap Dibikin Merinding! 5 Sisi Gelap Dunia Pramugari yang Akan Menyadarkanmu Kalau Dunia Penerbangan juga Penuh Godaan Miris! 7 Wanita Cantik Ini Ditemukan Tewas Tanpa Busana, No. 2 Masih Jadi Misteri 7 Sosok Pria Paling Aneh Dengan Keunikan yang Mencengangkan di Dunia 4 Surga Dunia yang Tersembunyi di Indonesia Ini Bakal Bikin Negara Tetangga Sirik! Lingon, Suku Primitif Berfisik Eropa yang Hanya Ada di Indonesia 4 Fakta Caddy, Wanita Cantik di Lapangan Golf yang Buat Dengkul Para Pria Lemes 5 Kata yang Punya Arti Beda Jika Kamu Ucapkan di Medan 10 Meme “Terperangkap Razia”, Jauh Lebih Pahit Ketimbang Ketemu Mantan di Jalan Kocaknya 10 Meme ‘Salah Gue Apa’ Ini Dijamin Bikin Kamu Ketawa Sampe Mules 10 Ucapan Iseng Saat Foto Nikahan Ini Bikin Ngakak Maksimal, Jangan Ditiru Ya! Pulau Terpadat di Dunia Ternyata Ada di Indonesia Loh, Bukan Jawa Apalagi Bali
BACA JUGA