Gempa bumi merupakan fenomena alam yang terjadi karna pergeseran lempeng bumi maupun karena adanya gunung berapi yang mengeluarkan letusan. Kedua kejadian tersebut bisa membuat tanah bumi bergerak dengan skala kecil hingga gerakan besar yang bisa menimbulkan kerusakan parah dipermukaan.

Baca Juga : Inilah Wajah Nepal Sebelum dan Setelah di Guncang Gempa

Dan berikut Boombastis rangkum 7 gempa bumi paling mengguncang yang pernah terjadi di bumi hingga saat ini.

1. 22 Mei 1960 – Chili (9.5 skala richter)

Salah satu gempa bumi paling mengguncang yang pertama terjadi di Chili, tepatnya pada 22 Mei 1960. Gempa ini telah menewaskan 4.485 orang dan 2 juta penduduk Chili kehilangan tempat tinggal. Gempa tersebut juga memunculkan bencana kedua berupa gelombang tsunami besar. Pelabuhan Puerta Saavedra hancur akibat tsunami yang menerjang pantai dan menimbulkan kerugian sejumlah $550 juta dinegara Chili.

Gempa terdahsyat di Cile via Wikipedia

Tsunami ini bahkan berlanjut menerpa Negara Jepang dan Philipina. Dilaporkan gelombang yang sampai dinegara tersebut mencapai ketinggian hingga 5 meter. Gempa diakibatkan dari erupsi gunung Puyehue yang menambah deretan bencana dibulan Mei tahun 1960 di Chili.

2. 28 Maret 1964 – Prince William Sound, Alaska (9.2 skala richter)

Teluk Alaska hancur total oleh gempa Prince William Sound berkekuatan 9.2 yang menyebabkan tanah longsor di Anchorage dan mengangkat bagian-bagian dari pulau-pulau terpencil setinggi 1 meter dari permukaan.

Gempa dahsyat di Alaska via Weebly

Tsunami yang dihasilkan mencapai ketinggian 67 meter yang menyapu daratan Valdez dan menewaskan 128 orang dan menimbulkan kerusakan sejumlah $311 juta.

3. 26 Desember 2004 – Sumatra Utara, Indonesia (9.1 skala richter)

Gempa yang terjadi di barat pulau Sumatra ini masuk dalam sejarah gempa bumi paling menggunjang yang pernah terjadi. Gempa tersebut menimbulkan gelombang tsunami dan getarannya bahkan mampu dirasakan oleh 14 negara dibenua Asia dan Afrika.

Gempa Tsunami Indonesia via Voucher Hotel

Gempa disebabkan pergerakan tektonik lempengan yang bertemu didasar samudra India. Indonesia adalah Negara yang terkena dampak terparah, total korban tewas mencapai 230 ribu jiwa. Hanya 170 ribu jasad yang ditemukan sedang sisanya dinyatakan hilang. Tsunami ini turut meratakan perumahan dan industri perikanan yang dibangun di kawasan teluk Banda Aceh.

4. 4 November 1952 – Kamchatka (9 skala richter)

Gempa berkekuatan 9.1 skala richter juga pernah menimpa wilayah Hawaii pada 4 November 1952, dan pada waktu yang bersamaan terjadi pula di semenanjung Kamchatka, Rusia berkekuatan 9 skala richter. Untungnya guncangan besar tersebut tidak merengkut korban jiwa.

Gempa yang membuat jalanan ambles via Elist10

Dilaporkan gempa tersebut disusul gelombang besar Tsunami setinggi 13 meter dan sempat mencapai Crescent City, California. Gempa ini menimbulkan kerugian jutaan dolar dan hilangnya beberapa hewan ternak di semenanjung Rusia.

5. 13 Agustus 1868 – Arica Peru (9 skala richter)

Arica Peru juga menjadi bagian dibumi ini yang pernah diterjang Tsunami akibat pergerakan tektonik di samudra Pasifik. Gempa berkekuatan 9 skala richter ini menggunjang ditahun 1868 di kota yang kini menjadi bagian Negara Chili ini.

Ilustrasi gempa Peru abad 19 via Fine Art America

Gempa ini telah menewaskan 25 ribu jiwa dan menghancurkan kota Arequipa. Gempa bahkan turut dirasakan hingga kota La Paz di Bolivia. Empat jam setelah guncangan pertama, gelombang setinggi 16 meter menerjang pantai dan membawa satu kapal perang AS sejauh dua kilometer kedaratan.

6. 27 Februari 2010 – Bio Bio, Chili (8.8 skala richter)

Gempa berkekuatan 8.8 skala richter mengguncang kota Bio Bio di Chili pada 27 Februari 2010 silam. Gempa ini menghancurkan sebagian bangunan, menewaskan 521 orang, 12 ribu luka-luka dan 800 ribu orang kehilangan tempat tinggal.

Gempa yang mampu membelah bangunan via Wikipedia

200 mil barat daya dari kota Santiago menjadi wilayah yang terkena dampak gempa. Menurut survey geologi, dalam 2.5 jam setelah guncangan pertama, terjadi pula 11 gempa susulan yang dihitung mencapai 6.6 skala richter. Peringatan tsunami pun sempat disiarkan untuk wilayah Amerika Selatan, Hawaii, Australia, Selandia Baru dan banyak pulau-pulau di samudra Pasifik.

7. 26 April 2015 – Nepal (7.8 skala richter)

Gempa berkekuatan 7.8 skala richter yang baru saja mengguncang Negara Nepal pada minggu lalu telah merenggut lebih dari 2300 jiwa di Nepal, India dan Cina. Lebih dari 5 ribu orang terluka parah akibat runtuhan bangunan.

Gempa yang telah mengguncang Nepal via Kompas

Gempa ini mengakibatkan banyak bangunan bersejarah rata dengan tanah, dan jaringan komunikasi sempat terputus total. Gempa tektonik ini berpusat dikedalaman 15 kiloameter di bawah tanah. Meski tergolong gempa dangkal, namun karakter tanah Nepal menjadikan guncangan ini menghancurkan bangunan yang ada di atasnya.

Baca Juga : 5 Kejadian Final Destination di Dunia Yang Sulit di Percaya

Nah itu tadi rangkuman 7 gempa paling mengguncang yang pernah terjadi di bumi. Gempa bumi memang bencana alam yang tidak bisa kita prediksi, namun antisipasi tentu bisakita lakukan. Dengan membuat bangunan kuat tahan goncangan dan juga melakukan gerak cepat saat bencana