6 Pelatih Liga Inggris Dengan Pesangon Terbesar Setelah Dipecat

oleh Alfry
14:32 PM on Oct 17, 2014

Bagi kebanyakan orang dipecat dari pekerjaan merupakan pengalaman yang sangat menyeramkan dan membuat pusing tujuh keliling. Namun, hal ini tidak bakal dialami oleh para pelatih klub Liga Inggris yang notabene malah mendapatkan pesangon dengan jumlah fantastis setelah dipecat dari pekerjaannya. Faktanya, Liga Inggris merupakan salah satu liga yang paling “rajin” memecat pelatih yang dianggap kurang berprestasi.

Liga Primer Inggris memang dikenal senang membayar baik pemain maupun pelatih dengan dana besar. Misalnya saja nih,  pada musim 2013/2014 David Moyes ditunjuk langsung oleh Sir Alex Ferguson sebagai  suksesornya di Old Trafford.  Namun tidak sampai semusim pihak  manajemen memutuskan kontrak kerja dengan Moyes setelah serangkaian hasil jeblok the red devil di kanca liga primer. Alhasil klub yang bermarkas di Old Trafford itu harus membayar kompensasi atas pemecatan tersebut. Ada lagi klub asal kota London, Chelsea yang sudah menggelontorkan dana senilai lebih dari £50 juta sejak 2003. Hal ini disebabkan karena klub ini sangat sering memecat pelatih timnya.  Berikut beberapa pelatih yang dapat “pesangon” selangit usai dipecat.

Baca Juga
4 Kisah Pengorbanan Pemain Naturalisasi Ini Jadi Bukti Mereka Kadang Lebih Nasionalis dari Kita
Mendukung Kemerdekaan Palestina, 4 Negara Ini Ogah Meladeni Israel dalam Laga Bola

1. Andre Villas-Boas – Pesangonnya Bisa Untuk Beli 100 Mobil Ferrari

Pemecatan yang dilakukan Totenham Hotspurs tampaknya tidak akan memusingkan AVB. Pria Portugal itu mendapatkan pesangon yang sangat besar dari klub London Utara tersebut, yang mana kompensasi  atas pemecatan dirinya mencapai £4 juta (Rp 78 miliar).

Andre Villas-Boas
Andre Villas-Boas

Apalagi sebelumnya ia sempat mendapatkan pesangon sebesar £12 juta (Rp 236 miliar) usai dipecat Chelsea di tahun 2012 silam. Kini pelatih asal  yang pernah menangani FC Porto itu telah sepakat menandatangani kontrak kerja berdurasi dua tahun dengan klub asal Rusia, Zenit St Petersburg.

2. Luiz Felipe Scolari – Nilai Kompensasi Super Fantastis

Pelatih asal Brasil ini mungkin menjadi pelatih dengan “untung” terbesar dari kompensasi seperti ini. Scolari mendapatkan £12,6 juta (Rp 248 miliar) meski hanya memimpin 36 pertandingan bersama Chelsea  selama delapan bulan.

Luiz Felipe Scolari
Luiz Felipe Scolari

Pelatih berusia 60 tahun itu hanya menjalani delapan bulan tugasnya dari tiga tahun masa kontrak bernilai 18,75 juta pound. Scolari dipecat pemilik Chelsea, Roman Abramovich setelah  serangkaian hasil imbang mengecewakan di kandang sendiri pada tahun 2009 silam.

3. Roberto Di Matteo – Masih Dapat Gaji Dari Chelsea

Mungkin banyak yang berpikir pria Italia ini sudah tidak ada hubungannya dengan Chelsea. Atau mungkin masih banyak fans dari klub yang bermarkas di Stamford Bridge ini yang masih kecewa dengan pihak  manajemen yang melepaskan Di Matteo setelah sukses membawa tim menjuarai Liga Champion.

Roberto Di Matteo
Roberto Di Matteo

Namun, anda salah. Terbukti, sampai saat ini Di Matteo masih mendapatkan gaji £130.000 per pekan (Rp 2,5  miliar) setelah menolak pemberian kompensasi usai dipecat pada musim 2012/2013 lalu. Chelsea masih tetap harus membayarnya sampai Juni 2014 lalu.

4. Kenny Dalglish – Bikin Keuangan Liverpool Kembang Kempis

Keputusan Liverpool untuk melepas jasa Dalglish pada tahun 2012 silam memberikan dampak terhadap neraca keuangan klub. The Reds pun harus membayar kompensasi sebesar £8,25 juta (Rp 162 miliar)  saat digantikan oleh Brendan Rodgers.

Kenny Dalglish
Kenny Dalglish

 

Padahal sebelumnya Liverpool baru saja melepas pelatih kawakan Roy Hodgson dengan pesangon sebesar £7,3 juta (Rp 143 miliar). Meski pada awalnya menuai banyak kritikan dari para fans namun pada musim 2013/2014 sang manajer Brendan Rodgers mampu membawa anak asuhnya finis di posisi dua di akhir klasemen liga.

5. Roberto Mancini – Pesangon Besar Agar Mancini Tidak Marah

Mancini dipecat oleh pihak manajemen Manchester City tepat satu tahun setelah memberikan gelar Premier League. Nampaknya pihak Manchester Biru ini kurang puas dengan hasil yang dicapai oleh tim ini sehingga memutuskan untuk memecat sang manajer.

Roberto Mancini
Roberto Mancini

Dengan begitu pelatih yang juga pernah menukangi tim Inter Milan ini masih menyisakan kontrak selama empat tahun, The Citizens pun harus membayar kompensasi pada pria Italia itu sebesar £7 juta (Rp 137 miliar).

6. David Moyes – Pesangonnya Terjun Bebas, Sejeblok Peringkat MU

Mantan pelatih Everton itu hanya mendapatkan uang sebesar 5 juta Poundsterling (97 miliar Rupiah) atau gaji satu musim ketika dipecat dari jabatannya sebagai manajer Manchester United. Hal itu  disebabkan karena Moyes gagal membawa MU lolos ke Liga Champions.

David Moyes
David Moyes

Dalam klausul kontrak dikabarkan bahwa ada salah satu syarat yang mengatakan bahwa Manchester Merah harus lolos ke Liga  Champions. Artinya, manajemen MU berhak memecat si manajer dengan hanya memberikan pesangon satu musim gaji.

Itulah beberapa pelatih tim sepakbola yang mendapatkan pesangon yang tinggi setelah dipecat dari pekerjaannya. Bagaimana, apakah kalian berminat untuk menjadi salah satu pelatih klub Liga Primer Inggris?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA