in

5 Obat Batuk Berdahak Paling Ampuh yang Mudah untuk dibuat Sendiri

Batuk berdahak adalah penyakit yang paling menjengkelkan. Bukan hanya karena membuat tenggorokan gatal, tapi juga susah untuk menghilangkannya. Maka dari itu, orang-orang mencari obat batuk berdahak paling ampuh yang dapat menyembuhkan dengan cepat.

Sekarang memang banyak obat-obatan yang dijual, tapi tidak semuanya mampu menyembuhkan. Jadi sekarang kebanyakan masyarakat membuat obat secara tradisional yang dipercaya lebih ampuh untuk menghilangkan penyakit batuk.

1. Menggunakan jeruk nipis dan kecap manis

Campuran jeruk nipis dan kecap manis

Jeruk nipis adalah salah satu bahan alami yang banyak digunakan orang untuk menyembuhkan batuk berdahak. Dan ternyata buah ini juga bisa diminum oleh anak-anak. Untuk cara membuatnya adalah mencampurkan air perasan jeruk nipis dengan satu sendok kecap manis. Bisa juga dicampurkan dengan madu jika tak terlalu suka dengan kecap manis. Dan untuk menyembuhkan batuk berdahak dapat diminum dua sampai tiga kali sehari sampai penyakit tersebut menghilang.

2. Menggunakan ramuan jahe

Menyembuhkan dengan irisan jahe

Jahe sudah lama dikenal sebagai tanaman obat yang bisa menyembuhkan beberapa penyakit. Salah satunya adalah batuk berdahak. Itu semua karena kandungan yang ada di tanaman tersebut dapat mengusir bakteri penyebab batuk berdahak. Jika ingin menyembuhkan penyakit membandel ini dengan jahe sangatlah mudah. Caranya adalah rebus beberapa irisan jahe lalu tambahkan gula. Ramuan ini lebih bagus jika diminum dalam kondisi hangat. Untuk aturan meminumnya juga mudah kok, cukup dikonsumsi satu kali ssehari sampai batuk benar-benar hilang.

3. Asam jawa yang dicampurkan dengan gula merah

Asam jawa yang dicampurkan dengan gula merah

Ternyata asam jawa dan gula merah tak hanya bisa digunakan untuk bahan dapur aja. Bahan-bahan ini juga bisa bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit khususnya batuk berdahak. Kedua benda ini dipercaya mengurangi dahak dan radang tenggorokan yang dialami si penderita penyakit tersebut. Cara mengolahnya sangat gampang kok yaitu seduh sepuluh daging buah asam jawa di air panas kemudian tambahkan gula merah. Dan yang perlu diingat, minuman ini harus dikonsumsi selagi hangat ya.

4. Dengan buah belimbing wuluh

Belimbing wuluh dapat menyembuhkan batuk berdahak

Jangan remehkan buah yang memiliki rasa asam ini. Belimbing wuluh juga memiliki khasiat yang nggak disangka yaitu menyembuhkan batuk berdahak. Jika berminat menyembuhkan penyakit dengan buah satu ini, caranya adalah parut belimbing wuluh yang sudah dibersihkan sampai halus. Jika sudah hasil parutan tadi direbus dan ditambahkan garam. Selanjutnya saring dan buang ampas belimbing wuluh yang direbus tadi. Hasil saringan tadi diminum dua kali sehari tiap pagi dan sore.

5. Menggunakan daun kayu putih yang direbus

daun kayu putih yang direbus berfungsi menyembuhkan batuk berdahak

Belum banyak yang tau kalau daun kayu putih ini mempunyai khasiat untuk menyembuhkan batuk berdahak sekaligus menghangatkan badan. Metode pemulihan menggunakan tanaman satu ini memang sangat jarang digunakan. Tapi orang zaman dahulu mempercayai daun kayu putih sangat ampuh untuk mengusir batuk berdahak. Cara pembuatan ramuan dari tanaman ini adalah rebus 10 – 15 gram daun kayu putih ini dan biarkan sampai menghangat. Minumlah rebusan air tersebut secara rutin sampai batuk benar-benar hilang.

Metode penyembuhan menggunakan bahan alami ini adalah pertolongan pertama jika gejala batuk sudah mulai muncul. Kelima cara ini bisa dibilang adalah obat batuk berdahak paling ampuh yang banyak digunakan oleh orang-orang. Tapi, jika penyakitnya masih berlanjut, segera konsultasikan ke dokter.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Chatting Kocak Penipu Online Shop Pakai Jasa Antar Barang Endingnya Bikin Ngakak

Inilah 5 Hafizh yang Murottal Al-Qur’annya Paling Merdu dari Indonesia