in

5 Fakta Unik Indonesia yang Membuat Banyak Orang di Dunia Terkesima

Sebagai negara yang kaya Indonesia memiliki banyak sekali keanekaragaman. Baik berupa suku, budaya dan juga ras, semua hal itu membentuk suatu hal yang unik tidak ditemukan di negara lain. Bahkan, fakta unik Indonesia membuat orang betah berlama-lama berada di negara kita. Tak jarang mereka juga, ingin pindah kewarganegaraan menjadi Indonesia.

Fakta unik Indonesia tersebut terbentuk dari banyaknya keragaman yang mampu hidup berdampingan. Seperti salah satunya adalah suku, setiap daerah yang dikunjungi pasti ditemukan budaya yang berbeda-beda. Semakin hebat lagi saat mereka mampu hidup rukun tanpa ada gesekan. Lalu bagaimana uniknya Indonesia? simak ulasannya berikut.

Merupakan salah satu negara ke Pulau terbesar di dunia

Pulau Indonesia

Selain kaya akan budaya seperti yang kita ketahui selama ini, Indonesia juga memiliki banyak sekali pulau. Dari Sabang sampai Merauke semua berjajar daerah berbentuk gugusan yang menarik. Hal ini membuat bumi pertiwi memiliki fakta unik yang tidak banyak dimiliki oleh negara lain. Salah satunya adalah ketiga pulau besar Indonesia merupakan yang terbesar dunia. Mulai dari Papua yang memiliki luas 786 kilometer persegi menjadi pulau terbesar ke dua di dunia, lalu pulau Kalimantan dengan 743 kilometer persegi dan Sumatra memiliki ukuran 443 Km.

Mempunyai keragaman suku bangsa terbanyak

Budaya Indonesia

Dengan beberapa pulau tadi, membuat Indonesia memiliki jumlah kekayaan yang tak terhingga. Salah satunya adalah kebudayaan, hampir setiap wilayah di tanah air memiliki kebiasaan yang unik dan membuat selalu berbeda. Tercatat Indonesia memiliki 740 suku bangsa dan 67 bahasa yang berbeda. Dalam 583 daerah mereka mampu hidup rukun meski berbeda. Tidak hanya itu keragaman juga menghasilkan pakaian adat yang berbeda-beda pula setiap daerah. Hebatnya lagi meski banyak kultur mereka mampu hidup damai. Hal ini yang membuat banyak pemimpin negara yang luar selalu terkesima saat berkunjung ke negara kita

Memiliki cakupan hutan bakau terbesar di dunia

Hutan Bakau

Sebagai negara maritim yang hampir semua daerahnya berupa perairan. Indonesia memiliki garis pantai yang panjang yang terbentang dari barat ke timur. Hal ini membuat negara kita memiliki hasil laut yang sangat melimpah. Jadi tidak heran apabila dulu nenek moyang kita bekerja pada sektor tersebut. Dengan garis pantai panjang ini, Indonesia memiliki fakta yang bisa dikatakan unik, yaitu memiliki hutan bakau terbesar di dunia. Tercatat hutan bakau Indonesia mencapai 2,5-4,5 juta hektar tersebar di penjuru daerah pesisir. Keadaan ini membuat negara kita mengalahkan Brazil, Nigeria dan Australia, hampir 25 % hutan bakau dunia ada di Indonesia.

Keajaiban dunia, salah satunya ada di Indonesia

Candi Borobudur

Candi Borobudur pastinya menjadi nama yang tidak asing untuk masyarakat di Indonesia. Bangunan peninggalan agama Budha memang terkenal di negara kita maupun dunia. Sebagai peninggalan Raja Samaratunga, bangunan ini sangat megah, sering membuat orang terkesima di buatnya. Menjadikan Borobudur menjadi salah satu fakta unik Indonesia. Tempat berdoa agama Budha tersebut merupakan salah satu keajaiban dunia yang berada di Indonesia. Hal ini disebabkan karena bangunan suci tersebut dibangun dengan hanya menyusun batu-batu menjadi candi dan memiliki keindahan yang luar biasa.

Menjadi satu-satunya negara yang pernah keluar masuk PBB

Sukarno PBB

Peserikatan bangsa bangsa (PBB) menjadi sebuah organisasi yang banyak di ikuti oleh negara dunia termasuk Indonesia. Lembaga ini banyak menaungi kemanusiaan yang ada di dunia, seperti kemiskinan, kesehatan sampai pendidikan dan masih banyak lagi. Sebagai pendukung hal tersebut, menjadi hal wajib apabila negara kita bergabung. Tapi tahukah kalian, pada tahun 1965 Indonesia keluar dari PBB dan masuk lagi pada September 1966. Kejadian ini menjadi fakta unik Indonesia yang tidak banyak diketahui oleh orang. Kejadian ini menunjukan apabila negara kita berani menentang apabila ada kekeliruan.

Beragama fakta unik Indonesia menjadi suatu hal yang istimewa yang bahkan negara lain tak memiliki. Hal tersebut, tentunya menunjukan bagaimana besarnya tanah air kita. Namun, meski sangat kaya raya harus diperlukan peran banyak elemen untuk dapat memanfaatkannya. Apabila semua hal unik tersebut dapat digunakan, Amerika pun pasti kalah dengan Indonesia.

Written by Galih

Galih R Prasetyo,Lahir di Kediri, Anak pertama dari dua bersaudara. Bergabung dengan Boombastis.com pada tahun 2017,Merupakan salah satu Penulis Konten di sana. Lulusan Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang. Awalnya ingin menjadi pemain Sepak Bola tapi waktu dan ruang justru mengantarkan Ke Profesinya sekarang. Mencintai sepak
bola dan semua isinya. Tukang analisis Receh dari pergolakan masyarakat Indonesia.

Leave a Reply

Kenali 4 Fitur Paling Baru dari Whatsapp yang Wajib Diketahui Para Pengguna Ponsel Pintar

Baru Berkenalan Satu Hari, Wanita Bercadar Ini Memaksa Driver Ojek Online Menikahi Dirinya