Google Doodle Peringati 25 Tahun Runtuhnya Tembok Berlin

oleh Admin
09:09 AM on Nov 9, 2014

Jika Anda mengakses Google pada hari ini, maka akan muncul Google Doodle dengan tampilan animasi. Saat logo ‘play’ diklik, akan terputar video mengenai riwayat singkat runtuhnya Tembok Berlin. Tak hanya itu, video ini juga menampilkan berbagai kota di dunia yang menyimpan sisa runtuhan Tembok Berlin tersebut.

Ya, Google doodle hari ini tengah merayakan 25 tahun peristiwa runtuhnya Tembok Berlin. Pada 9 November 1989 lalu tembok yang memisahkan Jerman Barat dan Jerman Timur itu tidak lagi berdiri, yang menandai terciptanya reunifikasi Jerman. Tembok Berlin sendiri memiliki kisah pahit selama 30 tahun berdiri sejak 1961.

Baca Juga
5 Fakta Gedung BEI, Bangunan Megah yang Kemewahannya Bukan Hanya Hisapan Jempol
5 Fakta Sri Wahyuni Manalip, Si Bupati Cantik Asal Talaud yang Terancam ‘Lepas Seragam’

Google Doodle Peringati 25 Tahun Runtuhnya Tembok Berlin
Google Doodle Peringati 25 Tahun Runtuhnya Tembok Berlin

Tembok Berlin merupakan sebuah tembok pembatas terbuat dari beton yang dibangun oleh Republik Demokratik Jerman (Jerman Timur) yang memisahkan kota Berlin Barat dan Berlin Timur. Tembok Berlin juga berfungsi untuk memisahkan sekaligus mengisolasi Berlin Barat, wilayah Jerman Barat yang dikontrol oleh Prancis, Amerika, dan Inggris, negara-negara yang anggap fasis oleh pemerintahan komunis Jerman Timur.

Tinggi Tembok Berlin mencapai 3,6 meter dengan panjang 66 mil. Selama tiga dasawarsa, penduduk Jerman Timur yang hidup tanpa bisa bertemu dengan kerabatnya yang berada di Jerman Barat semakin gelisah. Sementara kekuatan Uni Sovyet makin memudar, muncullah tekanan demi tekanan untuk meruntuhkan Tembok Berlin.

Runtuhnya Tembok Berlin berawal dari demonstrasi besar-besaran di Jerman Timur pada Agustus 1989 menyusul perubahan politik radikal di kawasan Blok Timur (komunis) yang dikomandani oleh Uni Soviet.

Setelah kerusuhan sipil selama beberapa pekan dan pihak keamanan tak bisa lagi menahan laju demonstran akhirnya membuka gerbang pada pukul 22.45 waku setempat, pemerintah Jerman Timur mengumumkan bahwa pada 9 November 1989 rakyat Jerman Timur boleh pergi ke Jerman Barat dan Berlin Barat.

Warga Jerman Timur pun menyeberangi dan memanjat tembok itu, diikuti pula dengan warga Jerman Barat di sisi lain untuk merayakan atmosfer kebebasan. Banyak warga yang mencoba membongkar kokohnya tembok itu dengan berbagai alat seadanya. Beberapa pekan kemudian, sebagian besar tembok itu pun dihancurkan oleh pemerintah menggunakan alat berat.

Runtuhnya Tembok Berlin tersebut membuka jalan bersatunya dua negara Jerman yakni Jerman Timur dan Jerman Barat pada 3 Oktober 1990. Banyak pihak yang menganggap runtuhnya Tembok Berlin adalah peristiwa monumental dan sering digunakan pula sebagai simbol jatuhnya paham komunisme.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Hal Gila yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Thailand 8 Ilustrasi Tentang Kebiasaan Cewek-Cewek Ini Bakal Bikin Kaum Lelaki Gagal Paham 5 Fakta Ngeri Sentinel, Suku Primitif Paling Sadis yang Pernah Ada 7 Fenomena ‘Salah Kostum’ Jokowi Ini Sukses Bikin Netizen Bertanya-tanya 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya 6 Musisi Indonesia Ini Punya Permintaan Aneh Sebelum Manggung, Ada yang Minta Aqua Galon Buat Mandi Loh 7 Sisi Gelap Negara Thailand yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Mengunjunginya! Pakai Narkoba Hingga Selingkuh, Ini 4 Kelakuan Istri Pejabat yang Bikin Ngelus Dada 5 Ramalan Menakutkan Nostradamus Tentang Tahun 2018, Siap-siap Dibikin Merinding! 5 Sisi Gelap Dunia Pramugari yang Akan Menyadarkanmu Kalau Dunia Penerbangan juga Penuh Godaan Miris! 7 Wanita Cantik Ini Ditemukan Tewas Tanpa Busana, No. 2 Masih Jadi Misteri 7 Sosok Pria Paling Aneh Dengan Keunikan yang Mencengangkan di Dunia 4 Surga Dunia yang Tersembunyi di Indonesia Ini Bakal Bikin Negara Tetangga Sirik! Lingon, Suku Primitif Berfisik Eropa yang Hanya Ada di Indonesia 4 Fakta Caddy, Wanita Cantik di Lapangan Golf yang Buat Dengkul Para Pria Lemes 5 Kata yang Punya Arti Beda Jika Kamu Ucapkan di Medan 10 Meme “Terperangkap Razia”, Jauh Lebih Pahit Ketimbang Ketemu Mantan di Jalan Kocaknya 10 Meme ‘Salah Gue Apa’ Ini Dijamin Bikin Kamu Ketawa Sampe Mules Pulau Terpadat di Dunia Ternyata Ada di Indonesia Loh, Bukan Jawa Apalagi Bali Dulu Pernah Ngehits, 5 Girl Band Indonesia Ini Buyar dan Tak Terdengar Kabarnya
BACA JUGA