Indonesia merupakan salah satu negara berkembang yang memiliki banyak sekali pabrik serta kepemilikan kendaraan bermotor. Tidak sedikit yang ke mana-mana menggunakan masker wajah karena polusi yang membuat sesak napas serta berbahaya untuk kesehatan tubuh. Asap kendaraan bermotor yang sudah tidak layak pakai, asap dari pabrik, limbah dan masih banyak lagi ‘bersatu’ mengoyak kesehatan mereka yang tinggal di kawasan perkotaan.

Baca Juga : 10 Negara Ini Diramalkan Bakal Hancur 20 Tahun Lagi

Tidak hanya di Indonesia, polusi juga menjadi masalah yang cukup serius bagi negara-negara lain di dunia. Anda tahu tidak, ada 10 rahasia mengenai polusi yang mengerikan. Ini alasannya kenapa Anda harus waspada terhadap hal ini dan menjaga kesehatan:

1. Endapan Karbon di Atmosfer

Atmosfer bumi sekarang makin berat saja lho. Soalnya, di sana ‘mengendap’ dan menyimpan karbon dari pembakaran minyak serta gas yang luar biasa banyaknya. Yang mengejutkan, 22% di antaranya berasal dari Amerika Serikat lho! Wow padahal selama ini yang kita tahu, di sana tidak terdapat banyak pabrik dan penduduknya juga lebih suka menggunakan kendaraan umum ya?

Atmosfer
Atmosfer

Tapi faktanya memang seperti itu. Atmosfer yang tersebar di seluruh dunia memang mulai tercemar dan makin lama kondisinya makin memburuk. Sudah menjadi tanggung jawab kita semua untuk tidak membuat hal ini makin buruk bukan? Yuk kurangi pakai kendaraan pribadi dan tanam lebih banyak pohon.

Selanjutnya : 2. Hutan Seluas Lapangan Sepakbola Rusak Setiap 2 Detik

2. Hutan Seluas Lapangan Sepakbola Rusak Setiap 2 Detik

Kerusakan hutan di dunia ini ternyata sangat parah. Hutan lindung dan hutan hujan seluas lapangan sepakbola rusak setiap dua detik. Bisa dibayangkan kan gimana merebaknya polusi tanpa direm oleh pohon-pohon tinggi yang menyerap racun-racun buruk itu? Tidak heran jika kini, masalah pernapasan mendera banyak orang dari seluruh dunia.

Penebangan Hutan
Penebangan Hutan

Tidak hanya itu, bumi ini juga makin sulit bernapas dan memicu banyak bencana seperti global warning, angin topan, badai dan pencairan es di dua kutub bumi. Belum lagi asap yang merebak di mana-mana, meracuni paru-paru manusia tiap harinya. Duh!

Selanjutnya : 3. Mesir Negara dengan Polusi Paling Parah

3. Mesir Negara dengan Polusi Paling Parah

Kairo, Mesir menjadi salah satu negara dengan polusi yang cukup parah. Jika Anda kebetulan sedang berada di sana dan di luar ruangan selama seharian, maka itu sama saja Anda telah menghisap 20 batang rokok. Sungguh hal yang hampir mustahil plus merusak sekali bagi tubuh kan? Polusi di sana memang susah dikendalikan karena selain cuacanya yang sangat panas juga di sana hampir tidak ada pohon hijau yang bisa tumbuh.

Polusi Mesir
Polusi Mesir

Untuk mengatasi hal ini, pemerintah Mesir menghabiskan 2,42 miliar dollar AS untuk memperbaiki semua kerusakan ini setiap tahunnya dengan cara yang berbeda dengan Indonesia. Jika di sini bisa diserap oleh tanaman maka di sana menggunakan mesin. Sungguh menyedihkan ya?

Selanjutnya : 4. 70% Warga Amerika Mengidap Kanker Paru-Paru

4. 70% Warga Amerika Mengidap Kanker Paru-Paru

Mesin diesel ternyata membawa Pengaruh yang sangat besar bagi kesehatan manusia. Jika Anda bekerja di bidang yang membuat Anda menghirup banyak asap dari mesin ini, maka Anda 10 kali lebih rentan terkena kanker. Ini jauh lebih mengerikan dibanding dengan menghirup polusi dari pabrik ataupun kendaraan bermotor.

Kanker Paru-Paru
Kanker Paru-Paru

Menurut penelitian, di Amerika 70% penduduknya yang terkena kanker paru-paru dan pernapasan disebabkan oleh asap dari diesel. Lebih baik gunakan masker atau cari pekerjaan lain daripada membahayakan nyawa bukan?

Selanjutnya : 5. Karbon Dioksida Meningkat 3,3% Setiap Tahun

5. Karbon Dioksida Meningkat 3,3% Setiap Tahun

Carnegie Institution’s Department of Global Ecology mengatakan bahwa karbon dioksida yang ada di bumi meningkat pesat sejak tahun 2000. Jika dibandingkan dengan tahun 1990, kenaikannya kini menjadi 3,3% tiap tahunnya. Bisa dibayangkan bukan! betapa makin beratnya tiap hirupan udara yang kita dapatkan tiap detik bukan?

Hal inilah yang membuat banyak negara menggalakkan untuk menggunakan berbagai mesin dan kendaraan yang ramah lingkungan. Pohon-pohon ditanam agar bisa menyerap racun dan juga karbon dioksida berlebihan plus menangkal sinar matahari yang berlebihan. Coba kalau hal ini terjadi terus dan makin meninggi, bukan tidak mungkin suatu saat kita harus membayar hanya untuk merasakan udara yang bersih.

Selanjutnya :6. 440 Orang Meninggal Tiap Tahun Karena Polusi udara

6. 440 Orang Meninggal Tiap Tahun Karena Polusi Udara

Di Indonesia memang belum ada penelitian spesifik mengenai apakah ada warganya yang meninggal dunia karena polusi udara. Namun Pemerintah Kanada tahu bahwa hal ini sudah mencapai level serius. Menurut data statistic mereka, 440 orang meninggal tiap tahunnya karena polusi udara di Toronto.

Polusi Udara
Polusi Udara

Hal ini disebabkan karena polusi dari asap kendaraan bermotor. Padahal Kanada kan termasuk negara maju ya, bagaimana di Indonesia yang kendaraannya banyak mengeluarkan asap sampai berwarna hitam dan pekat?

Yang terbaru adalah negara dengan penduduk terpadat didunia yaitu China, dengan polusinya sudah masuk dalam kategori kritis akibat banyaknya industri.

Selanjutnya : 7. Polusi Udara Adalah Ulah Manusia

7. Polusi Udara Adalah Ulah Manusia

Bagaimanapun juga, penyebab utama terjadinya polusi udara adalah ulah manusia itu sendiri. Fakta ini tidak lepas dari makin banyaknya populasi manusia di dunia. Jika dulu hanya ratusan juta sekarang mencapai miliaran. Ini tentu berpengaruh besar bukan?

Belum lagi banyaknya kendaraan pribadi yang dimiliki, menambah daftar panjang penyebab polusi di dunia. Makin banyak yang menghirup polusi, makin banyak generasi masa kini yang rentan terkena penyakit.

Selanjutnya : 8. 500 Juta Mobil Lalu Lalang di Dunia Setiap Hari

8. 500 Juta Mobil Lalu Lalang di Dunia Setiap Hari

Tebak apa yang membuat polusi meningkat pesat? Ternyata mobil mengambil andil yang sangat besar lho! Faktanya lagi, ada 500 juta mobil lebih yang tiap hari wira wiri di dunia ini. Asapnya tidak ramah lingkungan, belum lagi yang sudah tidak layak pakai seperti bus-bus kopaja yang ada di Jakarta.

Traffic Jakarta
Traffic Jakarta

Ternyata, kita sendiri bukan yang membuat segalanya menjadi lebih buruk? Sudah saatnya beranjak dari kendaraan pribadi ke kendaraan umum serta mengurangi intensitas menggunakan kendaraan bermotor dengan jalan kaki atau bersepeda.

Selanjutnya : 9. 60.000 Jiwa Meninggal Setiap Tahun Karena Polusi Kapal

9. 60.000 Jiwa Meninggal Setiap Tahun Karena Polusi Kapal

Polusi udara juga disebabkan oleh kesibukan lalu lintas kapal barang di pelabuhan cargo. Mengejutkan sekali ya? Apalagi ada 60.000 kematian tiap tahunnya yang disebabkan oleh hal ini. Tiga negara dengan pelabuhan tersibuk yaitu Singapura, Hong Kong dan Shanghai.

Tidak pelak lagi, menanam pohon dan menghentikan penyebaran polusi yang makin menjadi-jadi adalah persoalan penting bagi banyak negara. Bahkan yang sudah maju sekalipun tidak terhindar dari hal ini bukan?

Selanjutnya : 10. 2.800 Orang Mengidap Kanker Paru-Paru Karena Pembangkit Listrik

10. 2.800 Orang Mengidap Kanker Paru-Paru Karena Pembangkit Listrik

Emisi beracun juga terdapat dari pembangkit listrik. Setiap tahunnya, ini ‘memakan korban’ 2.800 penderita kanker paru-paru dan hampir 40 ribu serangan jantung disebabkan oleh hal ini. Jika Anda tinggal di dekat pembangkit listrik, maka bahaya ini mengincar Anda tiap harinya.

Ini menimbulkan kekuatiran tersendiri bukan? That’s why kini berbagai penyebab polusi ditekan serendah-rendahnya agar tidak membahayakan nyawa manusia.

Baca Juga : 10 Hal Gila Yang Hanya ada di Dubai

Siapa sangka ya, bahwa polusi tidak hanya berbentuk asap kendaraan saja? Emisi gas beracun mengincar kita di mana saja. Rahasia-rahasia di atas dirangkum dari data WHO, world bank dan riset-riset yang dilakukan berbagai lembaga. Mari jaga kesehatan masing-masing agar jangan sampai terkena sakit ya.