5 Kisah Wanita Paling Panjang Umur di Dunia

oleh Centralismo
09:30 AM on May 22, 2015

Sejak penelitian beberapa dekade ini, ilmuwan menemukan bahwa wanita memiliki kecenderungan umur yang lebih pendek. Akibat gaya hidup, stres dan banyak sekali penyakit yang rentan dialami oleh seorang perempuan. Namun uniknya, kalau kita menilik angkatan beberapa tahun silam, banyak janda jaman perjuangan atau bahkan nenek kita sendiri yang memiliki usia lebih panjang dibanding wanita masa kini.

Nah, ternyata memang wanita di beberapa era yang lalu memiliki kecenderungan usia yang lebih panjang. Terbukti dengan banyaknya pasangan atau orang yang memiliki usia terpanjang di dunia, sebagian besar adalah wanita. Seperti kisah beberapa wanita yang diberkahi panjang umur di dunia ini.

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

1. Kamato Hongo, 116 Tahun

Kamato Hongo adalah seorang warga Jepang, yang menjadi orang tertua di Dunia hingga Maret 2002. Wanita itu akhirnya meninggal pada tahun 2003 di usia 116 tahun 45 hari. Dia tinggal di Kagoshima dan merayakan ulang tahunnya ke 116 satu bulan sebelum hari wafatnya.

Kamato Hongo, 116 Tahun
Kamato Hongo, 116 Tahun [imagesource]
Akibat umurnya yang panjang, Kamato menjadi selebriti lokal. Dia diabadikan dalam kaos-kaos hingga gantungan kunci yang menjadi ikon Pulau Tokunoshima. Salah satu memori yang paling diingat Hongo adalah dia sudah berumur 58 tahun ketika Perang Dunia II berakhir.X

2. Maria Esther Heredia de Capovilla, 116 Tahun 345 Hari

Maria adalah orang panjang umur yang lahir di Ekuador. Hingga hari kematiannya, Maria dikenal sebagai orang paling tua yang ada di dunia. Kisah hidupnya sempat diangkat dalam sebuah film dokumenter, sebagai orang yang pernah hidup di tiga abad.

Maria Esther Heredia de Capovilla
Maria Esther Heredia de Capovilla [imagesource]
Maria adalah anak dari seorang bangsawan dan selama hidupnya dia menjalani kehidupan yang glamour. Dia belum pernah sedikitpun minum alkohol dan mengatakan inilah resep panjang umurnya. Pada usianya yang ke 116, Maria masih bisa membaca koran, menonton TV bahkan berjalan tanpa tongkat.

3. Marie-Louise Meilleur, 117 Tahun

Marie adalah warga keturunan Perancis-Kanada. Hingga saat ini, dia masih memegang rekor sebagai orang tertua di Kanada. Ketika Marie meninggal di usia 117, dia telah memiliki seorang anak berumur 90 tahun.

Marie-Louise Meilleur
Marie-Louise Meilleur [imagesource]
Menurut wanita ini, resep awet mudanya adalah menjadi vegetarian. Dia tidak memakan daging dan juga produk susu dan telur. Selain itu Marie juga sangat berhati-hati terhadap rokok.

4. Sarah Knauss, 119 tahun

Hingga saat ini, Sarah Knauss masih memegang rekor sebagai orang paling tua di Amerika. Dia meninggal 33 jam sebelum tahun 2000. Sarah menghabiskan seluruh hidupnya di Pennsylvania. Dia bekerja sebagai manajer sebuah perusahaan asuransi.

Sarah Knaus
Sarah Knaus [imagesource]
Ketika dia berulang tahun ke 101, Sarah telah memiliki anak yang berumur 96 tahun. Sarah mengaku dia sangat senang bahwa dia berumur sangat panjang dan bisa melihat anaknya di umur yang sangat tua. Sarah meninggal pada 30 Desember 1999.

5. Jeanne Calment, 122 Tahun

Jeane adalah wanita berkebangsaan Perancis. Dia hidup lebih lama dari anak dan cucunya. Jeanne juga menjadi orang terakhir yang pernah secara langsung bertemu dengan seniman terkenal Vincent Van Gogh.

Jeanne Calment
Jeanne Calment [imagesource]
Menurut Jeanne, resep panjang umurnya adalah banyak meminum wine. Dia juga penggila cokelat. Dia memakan hampir satu kilo gram cokelat setiap minggunya. Selain itu, Jeanne juga merokok hingga usianya mencapai 117.

Hidup panjang dan sehat rasanya adalah keinginan semua orang. Orang-orang di atas adalah segelintir orang yang diberkahi umur demikian panjang. Mereka bahkan hidup lebih lama dari anak cucu mereka.

Apa yang akan anda lakukan jika anda memiliki umur sepanjang mereka? Menurut anda, apakah resep panjang umur dari orang-orang di atas masuk akal? (HLH)

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA