Sejarah 4 Wanita Cantik Yang Pernah Berkuasa di Nusantara

oleh Febri
07:20 AM on Jun 5, 2015

Kita mengetahui bahwa pahlawan Indonesia yang memperjuangkan emansipasi wanita adalah RA. Kartini. Tapi tahukah Anda? Bahwa pada zaman dahulu, dimana Nusantara masih berbentuk kerajaan-kerajaan, persamaan hak antara laki-laki dan perempuan sudah lebih dulu diajarkan.

Baca Juga : 5 Wanita Cantik Yang Jadi Milyuner Termuda di Dunia

Baca Juga
Inilah 4 Fakta Meikarta, Kota Baru yang Katanya Bakal Menyaingi Ibukota
Inilah 4 Jasa Tak Terlupakan yang Dilakukan Malaysia Kepada Bumi Pertiwi

Hal ini terlihat ketika raja yang berkuasa juga bisa juga diemban oleh seorang wanita. Dan tidak hanya di zaman dulu, zaman modern saat ini banyak juga para wanita yang menjadi pemimpin suatu wilayah. Penasaran siapa sajakah wanita yang pernah berkuasa di Nusantara? Ini dia Informasi selengkapnya.

1. Gayatri Rajapatni, Ibu Suri Majapahit

Mungkin tak banyak orang mengenal nama Gayatri Rajapatni, nama besarnya seolah kalah dengan penguasa Majapahit yang lainnya. Padahal perannya dalam membangun kejayaan Majapahit sangatlah besar. Mirisnya, saat orang Indonesia sendiri tidak peduli dengan sejarah, munculah Prof Dr. Early Drake, mantan Duta Besar Kanada di Indonesia yang mengungkap peran Gayatri di balik kejayaan Majapahit.

Arca Prajna-Paramita menurut Early Drake adalah perwujudan dari Gayatri
Perwujudan dari Gayatri [imagesource]
Gayatri adalah Ibu Suri Majapahit saat putrinya, Trubuwana, naik tahta, Wanita hebat yang menjadi istri ke- 4 Raden Wijaya sang pendiri Majapahit ini, lebih memilih menjadi Bhiksu ketika Jayanegara wafat daripada menduduki tahta Majapahit yang menjadi haknya. Ia berperan sebagia penasehat spiritual raja-raja majapahit hingga ajal menjemputnya.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA