in

Sejarah 4 Wanita Cantik Yang Pernah Berkuasa di Nusantara

4. Ratu Suhita

Nama lain Ratu Suhita adalah Ratu Ayu Kencana Wungu, yang mewarisi tahta Majapahit sebagai penguasa Ke -7 di Tahun 1427-1447 silam. Bersama suaminya Bhra Hyang Parameswara, ia memerintah kerajaan yang telah mencapai puncak kejayaanya pada masa leluhurnya tersebut, baik Singasari maupun dari Raja Hayam Wuruk.

Dyah Suhita
Dyah Suhita [imagesource]
Suhita dimahkotai ketika berumur 20 Tahun. Meskipun begitu, ia bisa membuktikan kecakapannya dalam memerintah Majapahit tak kalah dengan pendahulunya, Tribhuwana Tunggadewi. Lalu masih ingatkah anda dengan kisah Damarwulan? Damarwulanlah yang memenangkan sayembara untuk mengalahkan Minak Jingo dan berhak menikah dengan Ratu Suhita. Dari perkawinan tersebut Lahirlah Prabu Brawijaya V raja terakhir Majapahit.

Baca Juga : 5 Kisah Wanita Paling Panjang Umur di Dunia

4 orang wanita di atas telah menunjukan bahwa meskipun dia adalah seorang wanita, tapi berkat kegigihan dan kecakapannya memerintah, maka kerajaanya dapat mencapai kejayaan. Sifat kepemimpinan seperti inilah yang patut dicontoh oleh generasi-generasi bangsa masa kini yang kelak akan memimpin negeri ini.

Written by Febri

Leave a Reply

6 Wajah Politikus dan Wakil Rakyat Yang Ngeksis di Media

7 Benda Yang Menjadi Sangat Berbahaya Jika Kita Tidak Tahu “Expired-nya”