4 Hal yang Wajib Dibawa Agar Mudik Lebih Aman dan Tentram

oleh Maya Galuh
08:45 AM on Jul 16, 2015

Mudik lebaran apalagi jika jaraknya jauh, tentu bakalan membawa barang yang lumayan banyak nih. Nah baik naik kendaraan umum ataupun pribadi, jangan sampai ada barang penting yang tertinggal ya. Tapi kalau dipikir-pikir, pasti semuanya ingin dibawa deh. Lho jadi berasa pindahan rumah deh.

Persiapan Mudik Lebaran 4
Persiapan Mudik Lebaran 4 [ImageSource]
Biar praktis dan juga Anda tidak berat membawa barang yang terlalu banyak, ini dia beberapa rekomendasi barang yang harus dibawa saat mudik lebaran. Siapa tahu, daftar di bawah ini membantu Anda agar jangan sampai membawa yang tidak perlu atau malah meninggalkan yang harusnya dibawa.
Baca Juga
Tak Banyak yang Tahu, Inilah Aksi Hebat Kepolisian Indonesia yang Begitu Disegani di Dunia
6 Cara Ini Bisa Dipakai Agar Tragedi ‘Panjat Pinang Maut’ Tak Terjadi Lagi

1. Obat-obatan pribadi. Ini sangat penting karena di jalan belum tentu ada apotik yang menjualnya. Anda juga jangan lupa membawa obat-obatan dasar seperti obat masuk angin, minyak kayu putih, obat flu, batuk dan demam serta plester luka dan obat luka.
2. Oleh-oleh. Saat Anda datang ke kampung halaman, keluarga pasti suka deh dibawakan oleh-oleh. Tapi jangan sampai ribet dan mudah basi ya. Mendingan bawakan saja snack-snack ringan yang awet hingga satu bulan lebih atau souvenir khas kota tempat Anda merantau. Ini jauh lebih praktis daripada membawa makanan basah yang selain rawan basi juga ribet dibawa.
3. Baju. Lebih baik hitung dengan cermat, mau mudik lebaran berapa hari? Karena tidak jarang, akhirnya malah membawa baju terlalu banyak dan kepayahan sendiri saat packingnya. Jangan lupa untuk membawa baju untuk bersilaturahmi, baju santai, peralatan ibadah dan juga pakaian dalam dalam jumlah cukup. Karena kemungkinan besar Anda tidak akan ada waktu untuk mencuci dan setrika baju saat di kampung halaman.
4. Bawalah barang yang penting, bukan yang ingin dibawa. Bagi Anda yang punya anak kecil yang banyak printilan ini itu, pilah baik-baik mana yang perlu dibawa dan tidak. Misalnya saja mainan si kecil, tidak perlu semua dibawa bukan? Cukup bawakan 1 atau 2 saja. Begitu juga dengan aneka keperluannya, karena semakin banyak bawaan Anda maka akan makin ribet bongkar muatnya.

Sekian tips persiapan mudik lebaran kali ini. Nah bagaimana dengan persiapan mudik menggunakan transportasi umum? Bisa disimak di artikel berikutnya ya.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA