7 Games Nintendo Terbaik di Jaman Kita Kecil Dulu

oleh Norman Duarte
09:11 AM on Jul 16, 2015

Dulu, satu-satunya hiburan di dalam rumah mungkin cuma TV dan game Nintendo. Itu pun hanya mereka yang cukup “tajir” yang bisa dibeliin ortunya. Itu pun juga hanya bisa main kalo udah selesai belajar, atau selesai ngaji.

Banyak sekali games Nintendo yang lucu dan melatih otak loh. Beda ama game-game sekarang yang cuma ngandalin grafis yang keren. Yuk kita simak game-game kenangan masa kecil kita. Kali-kali aja pengen main lagi.

Baca Juga
Inilah 4 Cara Greget BNN dalam Menghukum Para Bandar Narkoba yang Mulai Merajarela
6 Bencana Terbesar di Indonesia Ini Menjadi Penanda Pergantian Tahun yang Kelam

1. Super Mario Bros

Coba nyanyiin beberapa nada awal lagu dari game ini, dan hampir semua orang akan tahu kalo itu lagunya Mario Bros. Kayaknya ini game Nintendo yang paling ngetop, dan paling ikonik. Mungkin seluruh orang di muka bumi ini pernah main, atau setidaknya tahu siapa itu Mario.

Super Mario Bros
Super Mario Bros [ImageSource]
Games ini biasanya didapat sebagai bonus saat kita pertama kali membeli konsolnya. Dan setiap anak-anak di masa lalu dengan penuh semangatnya “menolong” Mario untuk bertualang menyelamatkan si putri yang hilang.

Super Mario Bros lumayan ngetop sampai memiliki beberapa sequel. Yang paling ngetop adalah Super Mario Bros 3 yang dianggap sebagai game Nintendo terbaik sampai saat ini, karena gameplay, cerita, dan desainnya.

2. Punch-Out

Game ini juga dikenal dengan nama game “Mike Tyson” dulunya, karena memang big boss di game ini adalah Mike Tyson yang susah banget dikalahin. Game ini juga dirilis di puncak kejayaan Mike Tyson sehingga sedikit banyak ikutan ngetop mendompleng nama Tyson.

Punch-Out
Punch-Out [ImageSource]
Tapi Punch Out gak sekedar mendompleng. Game ini memang betulan keren. Meskipun kontrolnya terbatas cuma bisa kiri, kanan, tangkis, dan pukul, game ini melatih pemainnya untuk memiliki refleks dan timing yang pas. Setiap musuh mempunyai gaya dan kebiasaan sendiri-sendiri yang harus kita pecahkan rahasianya.

Oh ya, dan kode 007-373-5963. Siapa yang paham arti kode itu?

3. Metroid

Game ini dirilis pada tahun 1986, dan menjadi hits. Tokoh utamanya adalah seorang pemburu hadiah dengan cara menangkap penjahat.

Metroid Samus
Metroid Samus [ImageSource]
Jagoan yang bernama Samus ini, harus keliling dunia alien, untuk menaklukkan musuh sembari memecahkan rahasia-rahasia, mencari jalan, serta mencari senjata dan mengupgrade kemampuannya agar bisa berkeliaran di dunia alien yang kejam dan menakutkan.

Di ending dari game ini, terdapat sebuah twist yang cukup menarik. Selama bermain, kita mengira kalo tokoh Samus ini seorang cowok macho, eh ternyata saat helmnya dibuka, ia seorang cewek cantik berambut panjang yang aduhai.

4. Contra

Game ini bercerita tentang dua tentara bernama Bill dan Lance yang berkelana memasuki hutan, menempuh salju, dan goa rahasia agar dapat mengalahkan alien yang menginvasi bumi.

Contra
Contra [ImageSource]
Game ini cukup seru karena berbeda dengan daftar game diatas, Contra dapat dimainkan secara 2 orang bersama-sama. Masing-masing saling bekerja sama untuk mengalahkan musuh.

Di game Contra ini pula sebuah kode rahasia yang kini disebut Konami Code menjadi sangat terkenal. Kode ini membuat pemainnya mendapat tambahan extra nyawa dari yang awalnya 3, menjadi 30! Kalian pasti tau kodenya!

5. Castlevania

Game ini bercerita tentang petualangan Simon Belmont dalam menumpas drakula, setan, dedemit, gunderowo, kuntilanak, dan lain-lain.

Castlevania
Castlevania [ImageSource]
Gameplaynya cukup seru dan membuat merinding karena suasana seram yang ditampilkan di game ini kerasa banget.

Castlevania sangat sukses sehingga memiliki banyak sequel, dan bahkan masih diproduksi sampai sekarang untuk konsol-konsol game kekinian.

6. Ninja Gaiden

Sebuah pertanyaan yang muncul sejak awal dunia diciptakan adalah, “Mana yang lebih keren, Ninja atau Viking?” dan banyak orang memilih ninja. Karena ninja keren! Dan game Ninja Gaiden ini jauh lebih keren lagi.

Ninja Gaiden
Ninja Gaiden [ImageSource]
Bercerita tentang Ryu Hayabusa yang harus jumpalitan, bacok lawan, dan mengucapkan mantra ninja hanya untuk menyelamatkan pacarnya (ya benar, cewek kadang merepotkan!). Musuh yang sangat kuat juga membuat kamu bertanya-tanya, Ninja Gayden ini cuma game apa latihan menjadi ninja sungguhan

Game ini juga menciptakan terobosan baru, yaitu memasukkan cut-scene atau potongan-potongan adegan yang mirip anime, yang membuat kesan game ini jadi seperti film! Sampai sekarang game in juga msih diproduksi untuk konsol-konsol modern. Tentu saja dengan grafik yang jauh lebih indehoy.

7. Zelda

Bagi sebagian orang, inilah game terbaik dalam Nintendo sistem. Berkisah tentang Link yang harus menyelamatkan putri Zelda dan kerajaan Hyrule. Yang membuat game ini keren adalah misteri dan rahasia yang harus dipecahkan dan didapatkan agar Link dapat terus melanjutkan petualangannya.

Zelda
Zelda [ImageSource]
Pemain game ini harus keliling dunia, bertarung, tanya sana-tanya sini, ngobrak-ngabrik rumah orang agar ia dapat memecahkan rahasia-rahasia yang sulit. Selain memecahkan rahasia, tentu saja ada senjata-senjata keren yang harus Link cari agar dapat mengalahkan musuh-musuhnya. Selain yang paling unik dari game ini adalah kemasan cartdridgenya yang berwarna emas.

Zelda dibuat oleh penciptanya yang bernama Shigeru Miyamato yang terinspirasi dari kenangan masa kecilnya dahulu. Saat itu ia tersesat di dalam sebuah daerah terpencil tanpa bantuan peta. Saat itu ia merasa kagum dan bahagia banget saat menemukan petualangan baru itu. Ketika sudah dewasa, ia ingin mengangkat perasaan itu ke dalam sebuah game agar orang lain dapat merasakan perasaan yang sama dengannya.

Dan harus diakui, siapa saja yang pernah bermain Zelda, akan merasakan perasaan itu.

HONORABLE MENTIONS

Masih banyak game Nintendo yang cukup keren tapi gak bisa masuk ke dalam daftar ini karena ntar daftarnya jadi kepanjangan. Tapi kalo boleh disebut aja supaya ngingatin masa lalu, apa salahnya.

Ada yang masih ingat: Adventure Island (game yang keren tapi belum ada satu orang pun yang namatin), Excite Bike, Mach Rider, Donkey Kong, Rockman, Battle City, Lunar Ball, duhh banyak banget. Tonton video youtube ini aja deh. Kali-kali game favoritmu ada di sini!

 

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Dulu Dianggap Naturalisasi Gagal Bersinar, Kini Nasib Van Beukering Malah Bikin Melongo 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya
BACA JUGA