in

5 Wahana Bermain di Indonesia yang Nggak Kalah Keren dari Disneyland

cover disneyland
cover disneyland

Punya impian pergi ke Disneyland? Mungkin kita harus menabung terlebih dahulu nih untuk mencapai ke sana. Karena lokasinya yang jauh di seberang sana dan harga tiket masuknya pun pasti mahal bukan main. Tapi tenang, Indonesia juga punya kok tempat liburan yang seperti ini.

Tempat bermain yang memicu adrenalin ini tersebar di berbagai kota-kota besar yang ada di Indonesia. Untuk kamu yang punya impian pergi ke Disneyland, sembari menabung mending coba latihan dulu deh untuk menyambangi beberapa wahana yang ada di taman bermain ini.

1. Dunia Fantasi

Yang pertama ada Dunia Fantasi atau biasa disebut ‘Dufan’. Kamu tentu sudah tahu dong tempat yang satu ini? atau mungkin kamu sudah sering mengunjunginya? Wajar saja sih, bisa dibilang Dufan merupakan taman bermain pertama dan paling terkenal di Indonesia.

Kawasan Istana Boneka, Dufan
Kawasan Istana Boneka, Dufan [imagesource]
Dufan yang berlokasi di Kompleks Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara ini diresmikan pada 29 Agustus 1985 dan mempunyai maskot berupa Kera Bekantan. Salah satu wahana bermain yang paling terkenal di sana adalah Istana Boneka, di mana kita akan diajak melihat boneka dengan baju-baju daerah nusantara sambil menaiki sebuah perahu.

2. JungleLand

Jika Jakarta punya Dunia Fantasi, Bogor pun juga punya wahana bermain yang tak kalah serunya. Taman rekreasi yang berlokasi di Sentul, Bogor ini bernama JungleLand Adventure. Tempat yang satu ini masih terbilang baru, karena memang baru dibangun pada tahun 2012 yang lalu.

Siap Bertemu Hantu di Rumah Jelangkung
Siap Bertemu Hantu di Rumah Jelangkung [imagesource]
Permainan yang ada di JungleLand Adventure ini memang sedikit berbeda dari yang ada di Dufan. Salah satu wahana yang diminati para pengunjung adalah ‘Rumah Jalangkung’. Kamu yang tertarik dengan suasana horor, kamu akan diajak menelusuri sebuah lorong dengan kereta kecil. Jangan kaget jika di tengah perjalanan kamu akan bertemu dengan hantu yah!.

3. Jatim Park

Nah, taman bermain yang satu ini juga tak kalah menariknya untuk di kunjungi nih. Lokasinya berada di daerah yang terkenal akan apelnya, ya mana lagi kalau bukan Kota Malang. Di sini juga terdapat wahana bermain air di kolam renang raksasa, di mana kamu dapat mencoba perosotan yang memicu adrenalin.

Kolam Raksasa di Jatim ParkKolam Raksasa di Jatim Park
Kolam Raksasa di Jatim Park [imagesource]
Jatim Park ini terbagi menjadi 2, yakni Jatim Park 1 dan Jatim Park 2. Keduanya berada di lokasi yang sama, hanya saja perbedaannya terletak pada konsepnya. Jatim 1 itu lebih banyak wahana bermainnya sedangkan Jatim Park 2 terdapat Museum Satwa, Batu Secret Zoo dan Pohon Inn Hotel, kawasan-kawasan khusus untuk belajar ilmu alam dan biologi.

4. Funland Mikie Holiday

Kamu yang tinggal di daerah Sumatra pun juga tak perlu merasa iri. Karena di daerah antara Medan dan Berastagi juga terdapat sebuah taman bermain yang tak kalah serunya. Kamu bisa bermain sambil menikmati pemandangan alam dari kota Berastagi yang sangat indah.

Salah Satu Wahana Permainan Di Funland Mikie Holiday
Salah Satu Wahana Permainan Di Funland Mikie Holiday [imagesource]
Nama taman bermain ini adalah ‘Funland Mikie Holiday’. Luas kawasan taman bermain ini hampir sama dengan Dunia Fantasi. Hanya saja wahana permainannya tidak sebanyak di Dufan dan tidak semua wahana dapat kita nikmati dengan tiket terusan. Jadi mau tidak mau, kita harus membeli tiket tambahan.

5. Trans Studio

Beberapa taman bermain yang telah disebutkan tadi berada di luar ruangan. Buat kamu yang tidak terlalu suka dengan sengatan sinar matahari, taman bermain yang satu ini sangat cocok buat kamu. Karena semua wahana permainannya berada di dalam ruangan. Jadi tidak usah lagi khawatir akan panas ataupun hujan sekalipun.

Trans Studio, Tempat Bermain dalam Ruangan Beratap
Trans Studio, Tempat Bermain dalam Ruangan Beratap [imagesource]
Taman bermain ini berada di dua daerah, yakni Trans Studio Makassar dan Trans Studio Bandung. Berbagai wahana penuh petualangan ada di tempat ini, dan konsep dari wahana-wahana ini terinspirasi dari program acara yang ada di Trans TV dan juga Trans 7. Unik sekali bukan…

Nah, itulah tadi beberapa taman bermain di Indonesia yang gak kalah menariknya dibanding DisneyLand. Harga tiket masuknya pun juga terbilang murah. Cukup menyiapkan budget sebesar kurang lebih Rp300.000 kamu bisa menikmati permainan yang menguji adrenalin ini. Kalau di daerah kamu, ada taman bermain yang seru juga gak nih readers?

Written by Rahma Muliani

Leave a Reply

4 Kisah Kebaikan Polisi yang Jarang Diketahui Publik

cover kebohongan amerika

9 Kebohongan Amerika Serikat Terhadap Dunia