Vanuatu, Negeri Seindah Surga yang Jadi Tempat Paling Mematikan di Dunia

oleh Rizal
13:00 PM on Oct 6, 2016

Dari banyak negara di dunia, Vanuatu mungkin jadi nama yang cukup jarang didengar orang. Nggak heran sih kenapa bisa begitu, mengingat posisi geografisnya yang sangat unik serta jarangnya pemberitaan soal negara tetangga Kaledonia Baru ini. Tapi, meskipun jarang didengar, yang jelas Vanuatu ini sangat indah dan layak untuk mendapatkan sebutan kepingan surga.

Vanuatu memang negara yang luar biasa indah. Wilayahnya sendiri ada di Oceania yang selama ini selalu identik dengan hal-hal yang luar biasa soal alam, terutama pantai dan lautnya. Sehingga nggak heran kalau negara ini jadi langganan para turis untuk menghabiskan waktu. Vanuatu memang sangat indah, tapi di satu sisi negara ini juga ngeri. Hal tersebut disebabkan lantaran begitu rentannya Vanuatu terkena bencana alam. Makanya, nggak heran kalau negara ini ada di posisi pertama dalam daftar wilayah paling rawan bencana di dunia.

Baca Juga
Dinobatkan Jadi Atlet Tercantik dan Terseksi SEA Games 2017, Ini Lho Pesona Lindswell Kwok Yang Bikin Indonesia Bangga
Inilah 4 Bukti Kalau Pengguna Medsos yang Ada di Indonesia Polosnya Bukan Main

Lalu, semengerikan apa sih bencana di negara yang sangat indah ini? Ketahui jawabannya lewat ulasan berikut.

Vanuatu Jadi Langganan Gempa

Lantaran posisinya yang ada di jalur ring of fire, maka nggak heran kalau Vanuatu jadi negara langganan gempa. Tapi, nggak seperti Indonesia atau negara-negara lain di jalur api, di Vanuatu ini gempanya lebih sering terjadi. Kadang seminggu bisa empat kali. Bahkan dalam satu waktu gempa di sana bisa terjadi tiga kali sehari. Sudah seperti makan obat saja.

Vanuatu langganan gempa bumi [Image Source]
Vanuatu langganan gempa bumi [Image Source]
Kalau dilihat dari skala tahunan, gempa di Vanuatu bisa terjadi sampai ratusan kali. Di tahun ini saja sudah ada sekitar 261 gempa dan kemungkinan besar masih akan terjadi gempa susulan. Dan yang lebih ngeri lagi adalah rata-rata gempa yang terjadi di sana skalanya tinggi antara 4-7,5 skala richter.

Badai Topan Sering Mampir ke Vanuatu

Nggak hanya sering terjadi gempa, Vanuatu juga langganan angin topan. Dalam sejarahnya, negara satu ini sudah begitu banyak dihantam bencana jenis ini. Beberapa tragedi topan sangat serius sampai membuat banyak orang Vanuatu meninggal dunia. Misalnya yang terjadi di tahun 1987.

Angin topan juga melanda Vanuatu [Image Source]
Angin topan juga melanda Vanuatu [Image Source]
Masih soal topan, setahun lalu juga terjadi tragedi angin topan bernama Pam yang sukses menghancurkan sebuah desa di Vanuatu. Satu desa ini rata dengan tanah ketika angin berkecepatan 250 km/jam ini menyerang. Kabar buruknya, topan-topan ini punya semacam siklus di mana dalam satu waktu kemungkinan besar akan selalu mampir ke kawasan Vanuatu.

Vanuatu Juga Kerap Mengalami Erupsi Gunung Berapi

Vanuatu ada di jalur api, maka otomatis negara ini juga punya begitu banyak gunung berapi. Kalau dilihat berdasarkan data, negara satu ini memiliki sekitar 25 gunung berapi. Jumlah ini tentu sangat banyak kalau dikomparasikan dengan luas Vanuatu yang hanya 12.189 kilometer.

Vanuatu juga sering terjadi erupsi [Image Source]
Vanuatu juga sering terjadi erupsi [Image Source]
Hampir semua gunung berapi di Vanuatu aktif, bahkan saat ini beberapa tengah bergejolak dan siap-siap erupsi, misalnya gunung Yasur dan juga Ambrym. Soal Ambrym, gunung ini masuk dalam daftar yang paling ngeri dalam sejarah. Dulu ketika meletus, gunung ini memuntahkan lava yang begitu banyak serta berhasil membuat kaldera seluas 12 kilometer. Setelah meletus begitu hebat, gunung ini pun tetap aktif dan beberapa kali erupsi sampai hari ini.

Vanuatu Juga Sangat Rawan Tsunami

Selain gempa bumi, angin topan, dan gunung meletus, Vanuatu juga sesekali mengalami Tsunami. Dalam sejarahnya nih, sudah beberapa kali negara satu ini jadi korban Tsunami kiriman dari negara lain. Seperti gempa 8 SR di Pulau Solomon yang menyebabkan Tsunami di Vanuatu.

Vanuatu juga rawan tsunami [Image Source]
Vanuatu juga rawan tsunami [Image Source]
Letak Vanuatu yang ada di dalam Pasifik membuat negara ini mau nggak mau akan selalu dilewati oleh Tsunami. Belum lagi, Vanuatu juga rawan gempa yang berindikasi memunculkan Tsunami. Seperti di bulan Agustus lalu ketika negara ini diguncang gempa 7,5 SR, peringatan Tsunami langsung dinyalakan meskipun untungnya tak benar-benar muncul.

Sangat disayangkan ya sebenarnya. Negara ini indah luar biasa alamnya, tapi juga menyimpan kengerian yang nggak main-main. Makanya, para turis yang berlibur di sana selalu diwanti-wanti soal bencana tersebut. Pasalnya, kadang bencana di negara ini bisa datang tanpa warning alias peringatan.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA