15 Tradisi Pernikahan Super Aneh Tapi Nyata!

oleh Adi Nugroho
12:00 PM on Jul 4, 2015

Pernikahan adalah peristiwa paling sakral yang hampir setiap orang dari berbagai suku bangsa ingin melakukannya. Setiap negara, atau bahkan daerah memiliki tradisi yang beragam saat akan melakukan pernikahan, atau saat pernikahan berlangsung. Misal di Jawa, ada tradisi pingit, yaitu calon pengantin tidak boleh pergi ke mana-mana, hanya di rumah agar keselamatannya terjaga hingga prosesi pernikahan usai.

Hal semacam ini ternyata juga terjadi di berbagai negara di dunia. Bahkan tradisi pernikahannya bisa dibilang aneh, namun tetap dilakukan karena merupakan bagian tradisi. Bahkan akan mendapat sial jika tradisi ini tidak dilakukan. Langsung saja kita simak bersama-sama tradisi pernikahan super aneh yang nyata dan masih dipertahankan!

Baca Juga
Potret Menteri Imam Hibur Para Atlet yang Dicurangi di SEA Games 2017 Malaysia Bikin Netizen Terharu dan Bangga
Bukan Metropolitan, Justru Inilah 5 Kota Paling Kaya yang Ada Di Indonesia

1. Kecupan Nakal (Swedia). Jangan pernah meninggalkan pasangan saat menikah hanya untuk ke kamar mandi. Jika tidak, puluhan orang akan mencuri kecup ke pasangan pengantin yang Anda tinggalkan.

Kecupan Nakal [image source]
Kecupan Nakal [image source]

2. Pecahin Piring (Jerman). Teman pengantin akan pecah-pecahin piring dengan histeris lalu membelikan yang baru. Pengantin baru harus pakai piring baru!

Piring Pecah [image source]
Piring Pecah [image source]

3. Nangis (China, Tradisi Tujia). Calon pengantin wanita wajib nangis sejam sehari selama sebulan, di hari ke-10 ibunya ikut nangis, neneknya nangis juga. Hari pernikahan semua orang nangis berjamaah!

nangis bersama-sama [Image Source]
nangis bersama-sama [Image Source]

4. Peri Jahat (Irlandia). Kaki pengantin wanita nggak boleh meninggalkan tanah saat berdansa dengan pengantin pria, atau disambar peri jahat.

Peri Jahat [image source]
Peri Jahat [image source]

5. Tengkurap di Lantai (Polinesia Perancis). Anggota keluarga pengantin wanita wajib tengkurap lalu dilangkahi pasangan pengantin di punggungnya. Katanya biar bahagia dan banyak rezeki.

Tengkurap [image source]
Tengkurap [image source]

6. Ibu Ikut Malam Pertama (Desa di Afrika). Beberapa tradisi di Afrika mengharuskan ibu si pengantin wanita ikut ke malam pertama anaknya. Bisa dibayangkan seperti apa bencana yang akan terjadi?

Ibu Genit [image source]
Ibu Genit [image source]

7. Sembelit (Tidong, Kalimantan). Pengantin nggak boleh pergi ke kamar kecil selama tiga hari full setelah menikah. Nah lo gimana ngilunya?

Sembelit [image source]
Sembelit [image source]

8. Genggam Gigi Ikan Paus (Fiji). Pengantin pria meminta sang bapak untuk memberinya gigi ikan paus saat pernikahan terjadi.

Gigi Ikan Paus  [image source]
Gigi Ikan Paus [image source]

9. Menikahi Pohon (Mangalik, India). Wanita Mangalik wajib menikahi pohon sebelum menikahi pria. Jika tidak, pria yang dinikahi bisa mati dengan cepat. Setelah menikahi pohon, keluarga wanita akan memotong pohon dan voila, kutukan kematian lenyap!

Menikahi Pohon [image source]
Menikahi Pohon [image source]

10. Memanah Pengantin (Ugur, China). Calon pengantin pria wajib memanah calon pasangannya tiga kali sebelum pernikahan berlangsung. Tenang, panahnya Cuma mainan, nggak tajam!

Memanah pengantin [image source]
Memanah pengantin [image source]

11. Wajib Punya Dua Anak (Sudan Selatan). Pernikahan bisa terjadi dengan resmi jika pengantin telah memiliki 2 anak hasil buah cinta mereka. Jika tidak memiliki dua anak dalam waktu singkat, suami boleh menceraikannya. Edan!

Pernikahan di Sudan [Image Source]
Pernikahan di Sudan [Image Source]

12. Jadi Gemuk ( Mauritania). Jika orang Indonesia sibuk ngurusin badan biar tampak prima saat menikah. Orang Mauritia, terutama pengantin wanita wajib gemuk sebisa mungkin menjelang hari pernikahannya.

Pengantin gemuk Mauritania [Image Source]
Pengantin gemuk Mauritania [Image Source]

13. Membunuh Anak Ayam ( Daur, China). Calon pengantin wajib membunuh anak ayam secara bersama-sama lalu memeriksa hatinya. Jika hatinya sehat maka tanggal segera ditetapkan, jika tidak, hal mengerikan ini akan terus dilanjutkan sampai dapat hati terbaik.

Anak Ayam [image source]
Anak Ayam [image source]

14. Meludah (Massai, Kenya). Ayah calon pengantin wanita akan meludahi putrinya di wajah dan dada sebagai simbol pemberkatan.

pernikahan di kenya [Image Source]

15. Dilarang Tertawa (Congo). Pasangan pengantin dilarang tertawa sekecil apapun saat dilangsungkannya prosesi pernikahan.

Pernikahan ala Congo [Image Source]
Pernikahan ala Congo [Image Source]
Mungkin Anda mengalami tradisi unik lain saat menjalani pernikahan? Apapun tradisinya, semoga pengantin selalu diberikan dan segara diberi momongan!

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA