Indonesia Bakal Jalan di Tempat Akibat 9 Hal ini!

oleh Adi Nugroho
12:00 PM on Jul 4, 2015

Sebelum mencapai suatu kesempurnaan, biasanya seseorang akan mengalami banyak sekali rintangan. Rintangan-rintangan itulah yang akan membuat seseorang menjadi berkembang dan menjadi seseorang jauh lebih baik. Setelah itu sebuah kesempurnaan akan datang dengan sendirinya secara perlahan-lahan.

Hal semacam ini juga dialami oleh suatu negara yang sedang berkembang khususnya Indonesia. Negara kita ini memiliki banyak sekali rintangan yang membuatnya susah maju. Bahkan cenderung berjalan di tempat. Ingin tahu seperti apa rintangan yang sedang dialami oleh Indonesia? Mari kita simak bersama-sama.

Baca Juga
Dulu Dikenal Gembong Teroris Sadis, Begini Nasib Umar Patek Sekarang Yang Cinta NKRI
UU Menikahi Teman Sekantor Disahkan, Inilah 4 Hal Merugikan yang Mungkin Bisa Terjadi

1. PENDIDIKAN yang Mahal dan Tidak Merata

Bagi sebagian besar penduduk di daerah pelosok, pendidikan adalah sesuatu yang sangat berharga. Hal ini terjadi karena susah sekali ditemukan sekolah yang berdiri di daerahnya. Ketidakmerataan pendidikan di Indonesia membuat sebagian wilayah terlihat sangat dompleng dengan wilayah lain. Misal wilayah di Pulau Jawa dengan Papua. Pendidikan akan terkesan sangat jauh.

Pendidikan di Daerah Yang Tertinggal [image source]
Pendidikan di Daerah Yang Tertinggal [image source]
Hal lain selain tidak meratanya pendidikan adalah mahalnya pendidikan di Indonesia. Banyak sekali anak-anak yang memutuskan untuk berhenti sekolah karena mahalnya biaya. Padahal pendidikan adalah sesuatu yang sangat penting. Tanpa pendidikan rakyat indonesia hanya akan terus menjadi rakyat yang mudah dibohongi.

Pendidikan di Indonesia [image source]
Pendidikan di Indonesia [image source]
Tingkat pendidikan yang rendah dari suatu masyarakat akan menimbulkan banyak efek domino. Salah satunya adalah susahnya mendapatkan lapangan pekerjaan. Banyak perusahaan yang mewajibkan karyawannya memiliki pendidikan tinggi. Akibat selanjutnya adalah banyaknya pemalsuan ijazah. Jika pendidikan terus sulit di Indonesia, bukan tidak mungkin Indonesia akan susah berkembang, atau malah ‘mandek’  dan jalan di tempat.

2. KEMISKINAN yang Terus Bertambah Tanpa Bisa Dibendung

Pemerintah Indonesia melalui Badan Pusat Statistik mengatakan jika kemiskinan di Indonesia telah menurun dibandingkan tahun lalu. Saat ini angka kemiskinan di Indonesia mencapai 10,96%, atau ada sekitar 28 juta rakyat Indonesia yang berada di bawah garis kemiskinan, ini terjadi sekitar awal 2015. Sementara sepanjang 2015 terjadi kenaikan BBM, kenaikan tarif dasar listrik, kenaikan tarif K.A, kenaikan harga sembako terutama beras.

Kemiskinan di Indonesia [image source]
Kemiskinan di Indonesia [image source]
Meski tidak menginginkan adanya kenaikan tingkat kemiskinan. Tapi keadaan sekarang pasti menyumbang tingkat kemiskinan di Indonesia. Kita kesampingkan kenaikan tarif dasar listrik dan tarif K.A, karena masyarakat jarang menggunakannya. Tapi kita ambil saja hal sederhana yang mereka pakai, dalam hal ini beras. Harga beras yang melambung membuat banyak masyarakat yang miskin semakin tidak menjangkau harganya. Dan yang mulai merangkak bebas dari garis kemiskinan menjadi terpuruk kembali.

Pemulung [image source]
Pemulung [image source]
Tingkat kemiskinan di Indonesia yang paling utama dipengaruhi oleh ada atau tidaknya ketersediaan pangan. Semakin harga kebutuhan pokok meningkat maka akan semakin banyak masyarakat yang jatuh miskin. Dan Kemiskinan adalah hal yang paling susah dikendalikan. Negara pun tidak mungkin memberikan semua uangnya pada rakyat. Jika rakyat miskin semakin di tekan seperti ini maka kemungkinan Indonesia maju nyaris tak bersisa.

3. KESEHATAN: Rakyat Miskin Dilarang Sakit!

“Rakyat miskin dilarang sakit!” Barangkali ungkapan itu bukanlah sebuah ungkapan biasa. Namun suatu kenyataan yang dihadapi oleh rakyat Indonesia terutama masyarakat kelas bawah. Akses kesehatan benar-benar sulit didapatkan, kalau pun bisa biasanya dengan rentetan prosedur yang membingungkan. Pada akhirnya rakyat kecil akan menyerah, berdoa agar segera sembuh atau mati daripada terus menderita.

Kesehatan di Indonesia [image source]
Kesehatan di Indonesia [image source]
Tidak hanya Indonesia sebenarnya yang mengalami masalah terkait kesehatan. Semua negara berkembang akan kuwalahan dengan isu kesehatan. Masalah utamanya adalah ketersediaan rumah sakit dan klinik kesehatan yang tidak memadai. Selain itu biaya yang dikeluarkan akan sangat banyak. Negara tidak akan mampu menjamin semua kesehatan warganya dengan cuma-cuma. Indonesia tidak bisa maju jika sistem kelola kesehatannya masih amburadul. Perlu penataan yang lebih baik, agar isu kesehatan tidak hanya manis-manis di mulut lalu hilang seiring berjalannya waktu.

4. Kapan HUKUM di Indonesia Tidak Lagi Diperdagangkan?

Jika hukum masih dapat diperjual-belikan artinya sampai kiamat pun Indonesia tidak akan bisa maju. Karena pada dasarnya hukum juga salah satu fondasi yang penting dalam sistem ketahanan Indonesia. Dan telah menjadi suatu rahasia umum bagi masyarakat Indonesia bahkan dunia, jika sistem hukum di Indonesia sudahlah bobrok.

Hukum di Indonesia [image source]
Hukum di Indonesia [image source]
Hukum bisa dimanipulasi sedemikian rupa sehingga yang punya uang selalu memenangkan perkara dan yang tidak punya uang akan meringkuk di penjara meski tidak salah. Hukum seperti sebuah komoditi yang bisa memberikan harganya sendiri kepada setiap peggunanya. Perlu rombakan mendalam dalam sistem hukum Indonesia. Terutama orang-orang yang berada di dalamnya. Atau sampai kapan pun hukum bisa dijual bebas seperti menjual sayur di pasar. Lalu tinggal menunggu hari hingga Indonesia benar-benar redup.

5. Saat KORUPSI Membudaya Hingga Menjadi Tujuan Hidup

Indonesia sama dengan korupsi. Atau korupsi sama dengan Indonesia? Sama saja. Indonesia kita tercinta ini berada di peringkat 107 sebagai negara paling bersih dari korupsi. Artinya Indonesia masuk ke dalam daftar negara garis merah yang kegiatan korupsi dijadikan suatu budaya turun temurun. Indonesia kalah jauh dengan Singapura yang berada di peringkat 7 dan Malaysia yang berada di peringkat 50. Sangat miris!

Sidang Tersangka Korupsi [image source]
Sidang Tersangka Korupsi [image source]
Korupsi seperti hal yang wajib dilakukan oleh para pejabat yang berada di kantor pemerintahan Indonesia. Karena hampir sebagian kasus korupsi dilakukan oleh pejabat, tak tanggung-tanggung, bupati dan gubernur saja juga korupsi. Lantas bagaimana nasib rakyatnya?

Tersangka Korupsi [image source]
Tersangka Korupsi [image source]
Nasib rakyat Indonesia semakin sengsara. Atau bahkan ikut-ikutan korupsi karena melihat pemimpinnya ngutil uang negara? Entahlah, yang jelas semakin korupsi membudaya maka Indonesia tidak akan pernah maju. Bahkan mungkin akan cepat hancur. Tanpa perlu menunggu waktu yang lama.

6. Kalahnya KEBUDAYAAN Asli Indonesia dengan Budaya Asing

Mungkin sepuluh atau limabelas tahun lagi, anak cucu kita akan bertanya: “Kebudayaan Indonesia asli seperti apa?” Lalu mereka akan berbondong-bondong mencari di Internet dan membuatnya sebagai kliping. Sebagai pengingat jika di Indonesia dahulu pernah ada beberapa budaya yang sangat hebat. Bahkan diakui dunia Internasional.

Kebudayaan Indonesia [image source]
Kebudayaan Indonesia [image source]
Banyak orang bijak mengatakan jika budaya adalah sebuah identitas. Nah, jika budaya yang sangat penting ini menjadi hilang. Entah itu ditinggalkan karena terkesan kuno atau karena adanya budaya baru yang menggeser semua kebudayaan asli menuju titik nadinya.

Wayang Kulit [image source]
Wayang Kulit [image source]
Tidak perlu jauh-jauh, sekarang kita bandingkan saja. Lebih banyak mana orang yang menyaksikan wayang dengan orang yang menyaksikan acara Korea? Lebih banyak mana orang yang bisa memainkan alat musik tradisional dengan alat musik modern dunia? Hilangnya kebudayaan asli Indonesia adalah pertanda semakin terpuruknya keadaan Indonesia.

7. Ekomoni yang Kembang Kempis dan Nyaris Tenggelam

Perekonomian Indonesia bukan hanya perkara angka naik dan turun. Sebuah angka bukanlah penentu semua masyarakat dapat maju secara ekonomi. Angka hanyalah sebuah perkiraan yang bisa saja terjadi kesalahan. Karena sejatinya masyarakat tidak peduli dengan naik atau tidaknya tingkat perekonomian di Indonesia. Mau naik atau turun, toh hidup mereka sama aja tidak banyak yang berubah.

Perekonomian di Indonesia [image source]
Perekonomian di Indonesia [image source]
Ekonomi yang dimaksud dalam subjudul ini adalah ekonomi masyarakat, terutama masyarakat kecil. Bukan ekonomi Indonesia yang selalu dibandrol dengan angka. Jika ekonomi masyarakat kecil bisa berjalan dengan baik. Dalam hal ini sandang, pangan, dan papan dapat diperoleh dengan mudah maka perlahan-lahan Indonesia bisa merangkak maju. Karena kemajuan suatu negara pasti disumbang dari kemakmuran semua rakyatnya.

8. SUMBER DAYA MANUSIA yang Penuh Ide dan Semangat Perubahan

Pada poin sebelumnya telah dibahas pentingnya sebuah pendidikan. Poin kali ini sedikit menyambung hal tersebut. Pendidikan memanglah sesuatu yang sangat penting. Tidak ada negara di dunia ini yang mengesampingkan peran pendidikan dalam pembangunan negaranya. Namun terpenting lagi dari itu semua adalah SDM yang mampu bersaing dan penuh dengan ide untuk berjuang.

Sumber Daya Manusia [image source]
Sumber Daya Manusia [image source]
Orang yang bersekolah bahkan tidak lulus bisa jadi seseorang yang sukses. Contoh nyata adalah Steve Jobs dan Mark Zuckerberg. Mereka tidak lulus kuliah, namun ide yang ada di dalam otak mereka mengangumkan. Jika Indonesia diisi oleh banyak orang yang memiliki ide brilian maka dalam waktu yang cepat akan bisa maju. Bila perlu menyaingi negara-negara besar seperti China dan Amerika Serikat.

9. KERUKUNAN Bukan Hanya Sekedar Mitos Belaka

Kerukunan antar umat beragama dan juga suku di Indonesia kerap goyah karena beberapa sebab. Tidak cuma sekali, bahkan beberapa kali kericuhan terjadi hingga memakan korban jiwa. Kerukunan antar masyarakat Indonesia sangat rendah. Beberapa orang rela melakukan apapun termasuk menyakiti orang lain tanpa berpikir sebelumnya.

Kerukunan Antar Umat beragama [image source]
Kerukunan Antar Umat beragama [image source]

Kerukunan masyarakat yang rendah akan membuat Indonesia semakin terpuruk. Alasannya adalah karena kekuatan negara kian renggang. Banyak pihak-pihak yang merasa benar dan menyalahkan yang lain. Padahal persatuan adalah hal yang utama. Jika keadaan seperti ini terus berlanjut. Dipastikan sampai kapan pun Indonesia tidak akan bisa maju.

Sembilan poin di atas hanyalah sekelumit masalah yang terjadi di Indonesia. Mungkin hal kompleks lain masih bisa terjadi dan membuat Indonesia semakin terpuruk. Tugas kita adalah mengubah sedikit-sedikit keadaan itu, mulai dari diri kita sendiri tentunya. Mari kita buat Indonesia semakin maju!

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an
BACA JUGA