4 Tour Keliling Kota GRATIS yang Bisa Anda Nikmati di Indonesia

oleh Febri
07:00 AM on Jun 10, 2015

Sudah ada rencana menjelang liburan nanti? Kebanyakan orang akan lebih memilih liburan di tempat-tempat wisata alam, seperti pantai dan gunung untuk melepas lelah setelah disibukkan dengan keseharian di kota-kota besar. Hal ini wajar, karena kesibukan kota-kota besar seperti Jakarta dan Surabaya, kadangkala akan membuat Anda pusing dengan berbagai masalahnya mulai dari kemacetan, hingga polusi udara.

header

Baca Juga
Menengok Gaji dan Tunjangan Gubernur dan Wagub DKI, Kalau Dijumlah Bisa Beli Kerupuk 3 Kontainer
4 Kejadian Generasi Micin Pingin Ngeksis Tapi Gak Tahu Tempat Ini Bikin Netizen Geram

Tapi bukanlah hal yang tidak mungkin untuk bersenang-senang di tempat tersebut, beberapa kota kini menawarkan sarana istimewa bagi warganya yang ingin berwisata berkeliling kota. Salah satunya dengan disediakannya bus wisata. Bukan hanya itu, yang paling menggiurkan adalah bus wisata ini gratis dan ada setiap hari. Penasaran kota mana saja yang menyediakan keistimewaan seperti ini? Berikut ini ini formasinya.

1. Surabaya Heritage Track

Yang pertama adalah Ibukota Jawa Timur, Surabaya. Kota yang tak kalah sibuk dengan Jakarta ini dulunya adalah basis bisnis bagi penjajah Belanda, sehingga banyak sekali peninggalan-peninggalan berupa bangunan tua yang masih ada hingga saat ini. Jika ingin tauh bagaimana bangunan-bangunan bersejarah tersebut secara cuma-cuma, Anda bisa memesan tiket Surabaya Heritage Track.

Surabaya Heritage Track
Surabaya Heritage Track [imagesource]
Sisi lain Kota Surabaya akan Anda nikmati bersama bus cantik berwarna merah yang disediakan oleh House of Sampoerna, sebuah museum yang berisi informasi bersejarah tentang pendirian industri rokok keluarga Sampoerna dulu hingga sekarang. Ada beberapa tempat yang menjadi tujuan bus wisata ini, misalnya saja Balai Pemuda, Tugu Pahlawan, Balai Kota Surabaya, hingga gedung kesenian Cak Durasim. Perjalanan tersebut memakan waktu hingga 2 jam sampai akhirnya kembali ke house of Sampoerna. Jika berminat, pesanlah tiket jauh-jauh hari ya, karena jika mendadak, Anda tidak akan mendapatkannya. Anda bisa langsung mengunjungi house of sampoerna untuk pemesanan tiket tersebut.

2. Malang City Tour

Malang adalah tempat dengan sejuta pesona, dikelilingi oleh gunung dan berada di dataran tinggi membuat tempat ini menjadi tujuan wisata dan investasi masa depan yang cerah. Sama halnya dengan Surabaya, untuk menarik wisatawan pemerintah setempat juga menyediakan sarana bus wisata gratis, masyarakat malang lebih mengenalnya dengan sebutan Macito (Malang City Tour).

Malang City Tour
Malang City Tour [imagesource]
Bentuk busnya berbeda dengan yang ada di Surabaya, karena Macito hadir dengan dua lantai dengan bak terbuka di lantai 2. Anda bisa melihat keindahan Kota Malang mulai dari bangunan, hingga taman-tamannya secara langsung tanpa terhalang kaca jendela bus, Menarik sekali bukan? Sayangnya bus ini hanya beroperasi dari jam 09.00 hingga jam 12.00 tiap harinya. Jika ingin mencoba Anda bisa naik di depan kantor DPRD Kota Malang, jangan sekali-kali menunggu di jalan, karena supirnya tidak akan mau menaikkan penumpang di tengah perjalanan tour.

3. Jakarta City Tour

Bagi warga Ibukota Jakarta mungkin sudah akrab dengan fasilitas bus JCT (Jakarta City Tour) ini, tentu saja tak perlu repot-repot menuju tempat wisata yang jauh dari kota jika sudah ada bus seperti ini. Baik bagi warga asli maupun pendatang yang ingin berwisata Jakarta City Tour adalah solusi berwisata gratis dan bebas nyasar.

Jakarta City Tour
Jakarta City Tour [imagesource]
Bentuknya hampir sama dengan Macito di Malang, bedanya bagian lantai dua tidak terbuka. Kalau di Malang disebut Macito, di Jakarta Anda bisa menyebutnya “Mpok Siti”. Anda bisa memulai tour keliling kota Jakarta di halte-halte yang tersedia, misalnya di titik bundaran HI dekat dengan Plaza Indonesia.

4. Bandung Tour on The Bus

Jika Anda mengunjungi Bandung rasanya kurang lengkap jika belum mencoba Bandung Tour on The Bus, bentuknya sama dengan Macito, pada bagian lantai dua bus ini terbuka tanpa jendela. Fungsinya juga sama yaitu sebagai sarana bagi wisatawan yang ingin berkeliling Kota Bandung secara cuma-cuma alias gratis.

Bandung Tour on The Bus
Bandung Tour on The Bus [imagesource]
Bus wisata kebanggaan Bandung ini lebih dikenal dengan nama Bandros, penggagasnya adalah Wali Kota Bandung Ridwan Kamil yang meresmikannya di tahun 2014 kemarin. Agar bisa lebih menarik wisatawan untuk mengunjungi Bandung, bus tersebut akan disediakan di beberapa hotel untuk membawa wisatawan mengelilingi kota Bandung yang keren.

Itulah beberapa kota yeng menyediakan fasilitas tour wisata secara gratis, tertarik untuk mencobanya?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 15 Meme FTV Ini Bikin Kamu Nyadar, Bahwa Hidup Nggak Semanis Adegan Film di TV Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA