6 Tips Cepat Naik Haji Bila Gaji Anda Pas-Pasan

oleh Ayu
09:07 AM on Mar 20, 2015

Naik haji, muslim dan muslimah mana yang tidak ingin? Selain bisa mendapatkan kesempatan bertamu ke rumah Allah SWT, juga berkesempatan menunaikan rukun Islam ke lima tersebut.

Baca Juga :Inilah Para Seleb Cantik yang Masuk Agama Islam

Baca Juga
5 Fakta Gahar Pesawat Buatan Anak Bangsa N219 yang Bakal Bikin Negara Tetangga Iri
Deretan 10 Paskibraka Cantik Pembawa Bendera Pusaka Di Upacara Istana Kepresidenan yang juga Pantas Membawa Hatimu

Berangkat haji memang membutuhkan dana. Tapi bagi mereka yang gajinya pas-pasan, bukan berarti tidak mungkin kok. Kalau kita mau berusaha, insha Allah akan dimudahkan. Nah, ada beberapa tips cepat naik haji bila penghasilan Anda terbatas tapi ingin berangkat haji. Mulai dengan bismillah dan lakukan beberapa tips ini.

1. Stop Jajan-Jajan Lucu di Cafe>

Gaya hidup hangout dan jajan-jajan lucu di cafe sih boleh-boleh saja, tapi umumnya sekali ngafe bisa habis budget 50-100 ribu. Di sisi lain, gaya hidup macam ini tidak baik bagi kesehatan tubuh dan dompet bila dilakukan terlalu sering dalam seminggu.

Kuliner
Jajan di Cafe [image source]
Sebaiknya kurangi jadi 1-2 kali sebulan, lebih baik lagi bila bisa dilakukan rekreasional atau sesekali saja dalam beberapa bulan. Hangout dan jajan lucu bisa Anda lakukan di tempat lain, misalnya ke rumah teman untuk masak bersama dan sebagainya. Jadi bisa berhemat untuk menabung haji kan?

2. Menabung Uang 20.000>

Tips menabung ini sudah banyak dibagikan dan dilakukan orang Indonesia. Setiap mendapat uang 20.000 yang berwarna hijau, kumpulkan dan jangan dipakai sampai periode tertentu. Anda akan kaget karena ternyata hasil yang dikumpulkan sudah dua kali lipat.

Menabung (blogspot)
Menabung (blogspot)

Cara menabung ini juga menghindarkan Anda dari kebiasaan boros. Resiko sekaligus manfaatnya adalah Anda jadi sedikit dilema tapi juga belajar mengendalikan diri saat akan membelanjakan uang yang Anda miliki. Oiya, selain menabung uang, jangan lupa menabung amal ya, seperti langkah berikutnya.

3. Rajin Bersedekah>

Lho kok malah bersedekah? Iya, menzakatkan sebagian penghasilan dan rajin bersedekah tak akan membuat Anda miskin. Selain bisa membersihkan harta yang Anda miliki, juga bisa membersihkan hati. Percaya deh pada jalan Allah SWT, maka pintu rezeki dari berbagai penjuru akan dibukakan untuk Anda.

sedekah (sedekahalquran)
sedekah (sedekahalquran)

Jangan hitung harta hanya dengan matematika ala manusia. Biarkan ‘matematika Allah’ bekerja dan Anda akan tahu bahwa dengan cara ini juga bisa memudahkan jalan Anda yang berniat untuk berangkat haji. Yeah, makin dekat dengan tujuan kita bertamu ke rumah Allah nih.

4. Dekatkan Diri Kepada Allah SWT>

Ada banyak cara untuk mendekatkan diri pada Allah. Misalnya berbuat baik kepada orang tua, keluarga dan sesama, pergi ke masjid, perbanyak pengetahuan tentang agama lewat ceramah, buku agama dan Al Qur’an dan sebagainya. Aktivitas baik seperti ini bisa memupuk motivasi kita agar tidak gagal fokus dengan tujuan ingin naik haji. Bergaul juga dengan teman-teman atau orang-orang yang bagus agama serta perilakunya.

Dekatkan Diri dengan Allah (tumblr)
Dekatkan Diri dengan Allah (tumblr)

Anda akan merasa selalu bersemangat dan tidak mudah putus asa. Pendekatan ini juga akan melatih kita untuk siap bertamu ke Mekkah, karena selama 40 hari kita akan dihadapkan pada banyak pengalaman spiritual di sana. Pendekatan ini mungkin tidak menambah uang untuk berangkat haji, tapi bisa memperkaya khasanah hati dan pikiran Anda untuk berserah diri pada pertolongan Allah.

5. Lengkapi Informasi Keberangkatan Haji>

Secara teknis, Anda juga perlu melengkapi informasi tentang berangkat haji. Misalnya dengan mendaftarkan diri ke lembaga yang legal, membuka tabungan haji, mengikuti manasik haji, bergaul dengan orang-orang yang pernah berangkat haji dan sejenisnya.

Keberangkatan Haji (antaranews)
Keberangkatan Haji (antaranews)

Mengetahui seluk beluk keberangkatan haji bisa membuat Anda lebih siap dan yakin untuk bisa mewujudkan tujuan berhaji. Pastikan agen Anda terpercaya, supaya persiapan haji Anda tidak terhambat.

6. Komitmen Dengan Diri Anda>

Yang pasti, komitmen dengan diri Anda sendiri. Mulai dari membatasi diri kalau melihat sale yang menggiurkan (tenang saja, sale masih ada esok hari), disiplin dalam menabung dan menggunakan uang, serta fokus pada tujuan untuk berangkat haji.

Komitmen (kontan)
Komitmen (kontan)

Benar kata pepatah, bersaki-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian. Setelah Anda menahan diri, menabung, berhemat, banyak bersedekah dan mendekatkan diri pada Allah, nantinya semua itu akan diganjar dengan rejeki yang terbaik dari-Nya. Yakinlah bila kita percaya pada jalan Allah, maka Allah akan memudahkan jalan kita.

Sebenarnya berapapun gaji yang kita miliki tak masalah. Kadang meski berkecukupan dalam kemampuan, ternyata tidak berkecukupan dalam kemauan. Semuanya kembali pada diri sendiri. Kalau tukang bubur bisa naik haji, Anda pun pasti bisa.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
BERITA LAINNYA
BERITA PILIHAN
Seperti Ini Nasib Para Pemain Film Esek-Esek Setelah Pensiun, Dijamin Kaget Kamu Lihatnya 25 Foto Selfie Fail Abis yang Bikin Kamu Ketawa Ngakak Sampe Perut Mules 15 Potret Nona Berlian, Pemeran Ronaldowati yang Kini Cantiknya Tak Kalah dari Gadis Korea Tak Hanya Fenomena Gancet, Ternyata ‘Cupang’ Juga Bisa Membuat Orang Meninggal Kabar Terbaru Dicky Haryadi, Kontestan AFI 1 yang Dulu Pernah Bikin Para Cewek Meleleh 7 Fakta Tentang Dunia Esek-Esek Jepang yang Bakal Membuatmu Tercengang Ternyata Segini Gaji Pemain Film "Dewasa", Penderitaan Tidak Sebanding dengan Penghasilan Cantik dan Soleha, Putri Sulung Almarhum Uje ini Bikin Cowok Rela Ngantri Jadi Imamnya Wanita Ini Bikin Geger Gara-Gara Mengaku Sebagai Nabi Terakhir dan Punya Kitabnya Sendiri 8 Ilustrasi Kocak yang Membuktikan Dunia Berubah ke Arah yang Lebih Buruk, Setuju?
BERITA TERKAIT
BACA JUGA