Tidur Menghadap Kanan itu Memang Lebih Baik, Inilah 5 Alasannya

oleh Rahma Muliani
07:00 AM on Mar 17, 2016

Kamu pernah gak sih memperhatikan posisi tubuhmu saat tidur? Saat tidur, kamu lebih suka dengan posisi telentang, menghadap kanan atau menghadap kiri? Jangan disepelekan loh readers. Posisi tubuh saat kita tidur itu harus benar-benar diperhatikan, karena hal tersebut sangat berhubungan dengan kesehatan tubuh kita.

Ternyata posisi tubuh yang baik saat tidur adalah menghadap ke arah kanan. Hal ini sangat berhubungan dengan kesehatan organ-organ yang ada di dalam tubuh kita, seperti diantaranya otak kiri, jantung, lambung dan juga paru-paru. Yuk, kita simak selengkapnya di bawah ini.

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

1. Kesehatan Otak Kiri

Manusia itu pada dasarnya memang dominan menggunakan tubuh bagian kanan untuk beraktifitas, kecuali kalau kamu itu kidal. Nah, saat tidur menghadap kanan, otak kiri yang bertugas untuk menggerakkan tubuh bagian kanan itu, bisa beristirahat dengan baik.

2tnd8tb0ivbdv6ga29vgc6ou60
Untuk Mengistirahatkan Otak Kiri [ Image Source ]

Selain itu, otak kiri nantinya akan terhindar dari bahaya yang timbul akibat sirkulasi tubuh yang menurun saat tidur. Jika sirkulasi tubuh kita melambat, itu sangat berbahaya, karena dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah, yang pada akhirnya bisa memicu stroke.

2. Kesehatan Jantung

Manfaat lain tidur dengan posisi menghadap kanan yaitu dapat menjaga jantung agar selalu sehat. Buat kamu yang belum tahu, letak jantung pada tubuh manusia itu lebih condong berada di sebelah kiri. Jadi kalau tidur menghadap ke kiri, jantung kita dapat terhimpit atau tertimpa organ lainnya.

Posisi Jantung Dalam Tubuh Manusia - (c)stemcellclinic
Posisi Jantung Dalam Tubuh Manusia [ Image Source ]

Selain dapat mengurangi beban organ jantung, saat tidur dengan posisi menghadap kanan, aliran darah yang masuk dan keluar dri jantung akan lebih rendah. Sehingga menurunkan tensi darah dan juga memperlambat denyut jantung, jadi kita bisa tidur dengan lebih nyenyak.

3. Kesehatan Lambung

Tak hanya otak dan jantung, kesehatan lambung juga bisa diperngaruhi dari posisi tubuh kita loh. Ujung katup keluaran pada lambung yang menuju usus, menghadap ke arah kanan bawah. Jadi, jika tidur menghadap ke kiri, maka proses pengeluaran makanan yang telah dicerna dalam lambung akan lambat.

Posisi Lambung Dalam Tubuh Manusia - (c)webmd
Posisi Lambung Dalam Tubuh Manusia [ Image Source ]

Sehingga, proses pengosongan lambung bisa terganggu. Kalau terlalu lama, hambatan tadi dapat meningkatkan akumulasi asam pada lambung kita. Sehingga bisa terjadi erosi pada dinding lambung. Cukup berbahaya bagi kamu yang punya penyakit maag.

4. Kesehatan Paru-Paru Dan Saluran Pernafasan

Ukuran besarnya paru-paru manusia yang sebelah kiri itu lebih kecil jika dibandingkan paru-paru sebelah kanan. Jika kamu tidur menghadap kiri, paru-paru sebelah kiri akan tertimpa oleh jantung yang pada dasarnya, ukuran jantung juga lebih besar dibanding paru-paru sebelah kiri.

Paru-Paru Yang Sehat - (c)wallpaperhd
Paru-Paru Yang Sehat [ Image Source ]

Buat kamu yang sering mendengkur saat tertidur, itu biasanya dikarenakan posisi tidurmu adalah telentang. Karena saat posisi telentang, saluran pernafasan terhalang oleh lidah. Belum lagi, dengan posisi ini kita bisa kekuarangan oksigen yang masuk ke otak, sehingga sering terbangun dengan keadaan pusing.

5. Anjuran Rasulullah S.A.W

Menurut keyakinan umat Muslim, Rasulullah S.A.W menganjurkan agar tidur dengan posisi miring ke kanan. Tentu ini bukanlah tanpa alasan beliau menganjurkan kita tidur dengan posisi seperti itu. Alasannya adalah demi kesehatan tubuh kita seperti yang sudah dijelaskan di beberapa point sebelumnya.

Sesuai Dengan Hadist Nabi Muhammad SAW - (c)duniaobat
Sesuai Dengan Hadist Nabi Muhammad SAW [ Image source ]

Jika kita merasa pegal jika harus selalu menghadap ke arah kanan, tak mengapa jika mau menghadap ke arah kiri sebentar, lalu kemudian berbalik lagi menghadap ke kanan. Yang penting saat mau tidur, sebaiknya diawali atau dimulai dengan posisi tubuh menghadap ke kanan.

Jadi gimana readers, posisi tidurmu sudah benar belum? Memang segala sesuatu itu pasti ada aturannya bukan. Lagipula aturan itu dibuat untuk kebaikan kita sendiri, termasuk aturan untuk tidur dengan posisi menghadap kanan agar kesehatan tubuh tetap terjaga dengan baik. Buat kamu yang suka tidur dengan posisi menghadap ke kiri, telentang ataupun tengkurep, mulai saat ini cobalah untuk merubah posisi tidurmu dengan menghadap ke kanan yaa.

Next

Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA