10 Hal Gila Ini Ditemukan di Bumi, Meski Masih Menyisakan Misteri dan Tanda Tanya

oleh Rahma Muliani
14:10 PM on Mar 16, 2016

Belum lama ini kita baru saja mengalami fenomena alam yang jarang sekali terjadi. Ya, gerhana matahari total yang memang hanya terjadi sekitar 300 tahun sekali. Sampai saat ini, fenomena ini masih menjadi perbincangan hangat di tanah air dan juga di dunia.

Sesungguhya, sudah ada banyak sekali fenomena-fenomena yang terjadi di bumi ini. Seperti yang dilansir di Omgfacts.com, bahkan beberapa diantaranya masih menjadi misteri yang belum terpecahkan hingga saat ini. Penasaran fenomena apa saja itu? Yuk kita simak selengkapnya di bawah ini.

Baca Juga
Dulu Dikenal Gembong Teroris Sadis, Begini Nasib Umar Patek Sekarang Yang Cinta NKRI
UU Menikahi Teman Sekantor Disahkan, Inilah 4 Hal Merugikan yang Mungkin Bisa Terjadi

1. Penemuan Cakar Burung Moa

Burung Moa merupakan salah satu spesies burung yang telah punah sekitar 500 tahun yang lalu. Burung yang berasal dari Selandia Baru ini cukup unik, karena tidak memiliki sayap. Sehingga sebagai burungpun ia tidak dapat terbang selayaknya jenis burung lainnya.

Fosil Cakar Dari Burung Yang Sudah Punah - (c)omgfacts
Fosil Cakar Dari Burung Yang Sudah Punah [ Image Source ]

Moa kini telah punah akibat perburuan dan pembersihan hutan oleh suku Maori. Para peneliti pernah dikagetkan dengan ditemukannya sebuah fosil yang diduga merupakan cakar dari burung Moa ini. Cakar yang berukuran cukup besar itu ditemukan di dalam gua Gunung Owen di Selandia Baru.

2. The Longyou Grottoes

Coba perhatikan gambar goa yang ada di bawah ini. Goa ini diduga buatan manusia, ya walaupun hingga saat ini belum ada penjelasan sejak kapan dan untuk tujuan apa goa ini dibuat. Namun para ilmuwan memperkirakan go ini diukir dari batulanau.

Goa Yang Dperkirakan Tertua Di China - (c)omgfacts
Goa Yang Dperkirakan Tertua Di China [ Image Source ]

Para ilmuwan juga memperkirakan goa yang ditemukan di China ini, sudah dibangun sejak masa Dinasti Qin, sekitar tahun 212 SM. Tapi hal itu belum dipastikan kebenarannya, dan lagi-lagi penemuan besar ini masih menjadi misteri yang belum terpecahkan gingga saat ini.

3. The Gate of the Sun

Diketinggian 13.000 wilayah Bolivia, ditemukan sebuah batu yang ukurannya sangat besar. Batu itu berstruktur dan terdapat ukiran di permukaannya. Seperti namanya, batu ini berdiri dengan megah layaknya sebuah pintu gerbang yang sangat besar.

Batu Besar Yang Diduga Berhubungan Dengan Astronomi dan Astrologi - (c)omgfacts (1)
Batu Besar Yang Diduga Berhubungan Dengan Astronomi dan Astrologi [ Image Source ]

Masih menjadi tanda tanya kapan dibangunnya batu yang dikenal dengan sebutan “The Gate of The Sun” ini. Tetapi para peneliti memperkirakan, ukiran-ukiran yang terdapat pada permukaan batu ini ada hubungannya dengan astronomi dan juga astrologi.

4. L’Anse aux Meadows

Sebuah situs arkeologi yang satu ini dapat ditemui di bagian utara wilayah Newfoundland, Kanada. Tempat ini ditemukan pada tahun 1960 dan diperkirakan berasal dari 1000 tahun yang lalu. Wilayah ini merupakan satu-satunya pemukiman bangsa Viking yang ditemukan di Amerika Utara.

Situs Yang Juga Dinobatkan Sebagai SItus Warisan Dunia Oleh UNESCO - (c)omgfacts
Situs Yang Juga Dinobatkan Sebagai SItus Warisan Dunia Oleh UNESCO [ Image Source ]

Hal itu dianggap dapat membuktikan bahwa mereka berpindah ke Amerika Utara jauh sebelum Christoper Columbus mendarat di Amerika. Nama “L’Anse aux Meadows” berasalal dari bahasa Perancis yang mempunyai arti “Teluk Ubur-Ubur”. Pada tahun 1978, situs ini dinobatkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO.

5. Gobekli Tepe

Kalau sebuah situs yang satu ini ditemukan di atas sebuah bukit di pegunungan yang ada di Turki. Tempat ini diperkirakan terjadi akibat reruntuhan dan juga diperkirakan sebagai sebuah kuil dan dianggap sebagai kuil tertua yang pernah ada di dunia.

Situs Yang Dianggap Sebagai Kuil Tertua Di Dunia - (c)omgfacts
Situs Yang Dianggap Sebagai Kuil Tertua Di Dunia [ Image Source ]

Para peneliti juga memperkirakan bangunan ini bahkan lebih tua jika di bandingkan dengan kota pertama yang berdiri di Turki. Tapi meski terbilang tua, bangunannya tersusun dengan begitu rapih dan desainnya terbilang rapih. Hingga kini, situs ini masih dalam proses penggalian lebih lanjut oleh arkeolog Turki dan Jerman.

6. The Voynich Manuscript

The Voynich Manuscript adalah sebuah buku yang diduga dibuat sejak tahun 1404-1438 Masehi. Buku itu ditulis dengan tulisan tangan dan menggunakan kulit binatang. Selain tulisan, buku ini dipenuhi dengan gambar-gambar manusia, tumbuhan, simbol dan juga diagram yang sulit dimengerti.

Buku Yang Ditulis Sejak Jaman Kuno Menggunakan Kulit Binatang - (c)omgfacts
Buku Yang Ditulis Sejak Jaman Kuno Menggunakan Kulit Binatang [ Imaghe Source ]

Apa yang ada di dalam buku tersebut masih menjadi misteri. Ada hasil penelitian yang menyatakan tulisna itu dibuat dengan bahasa Meksiko aatau Asia. Ada juga yang berpendapat bahwa ini hanyalah sebuah hoax atau tulisan yang tidak memiliki arti apapun.

7. Yonaguni Monument

Misteri bumi selanjutnya datang dari bawah laut. Sebuah formasi bebatuan dasar laut ditemukan di lepas pantai Yonaguni, kepulauan Ryukyu, Jepang. Soal terjadinya situs yang satu ini masih menjadi perdebatan banyak kalangan. Apalah situs ini terjadi secara alami atau buatan manusia seutuhnya.

Sebuah Monumen Yang Terdapat Di Dasar Laut - (c)omgfacts
Sebuah Monumen Yang Terdapat Di Dasar Laut [ Image Source ]

Berdasarkan penelitian terakhir, situs ini diduga merupakan buatan manusia. Namun hal itu juga masih belum bisa dipastikan kebenarannya. Saat ini, Monumen Yonaguni menjadi tujuan pariwisata yang sangat populer terutama dari kalangan penyelam. Padahal arus air laut di sini sangat kuat.

8. Stone Age Tunnels

Hal mencengangkan juga pernah ditemukan di Eropa. Situs ini merupakan sebuah terowongan bawah tanah yang diduga telah dibangun sejak jaman batu. Terowongan kuno ini begitu luas dan diperkirakan hampir tersebar di seluruh wilayah Eropa.

Terowongan Kuno Di Daerah Eropa - (c)omgfacts
Terowongan Kuno Di Daerah Eropa [ Image Source ]

Para peneliti memperkirakan situs ini merupakan buatan manusia. Terowongan bawah tanah ini susunannya menyambung dengan begitu rapih. Yang anehnya, bagaimana orang jaman batu itu membuat terowongan ini dengan struktur yang begitu rapih.

9. Costa Rica’s Stone Spheres

Di Kosta Rika, tepatnya di Delta Diquis ditemukan sekelompok bola-bola batu. Ada sekitar 300 buah batu dengan ukuran yang besar-besar. Tingginya masing-masing bisa mencapai 2 meter lebih dan beratnya bisa sekitar 15 ton. Rata-rata bola batu itu terbuat dari gabbro, batu pasir dan batu kapur.

Kumpulan Bola-Bola Batu Yang Ukurannya Sangat Besar - (c)omgfacts
Kumpulan Bola-Bola Batu Yang Ukurannya Sangat Besar [ Image Source ]

Penduduk Setempat menyebutnya “Las Bolas” atau “Bola Diquis”. Tak hanya bebatuan yang besar, yang kecil pun juga cukup banyak terdapat disini. Para arkeolog memperkirakan atu ini telah terbentuk antara masa 200 SM – 1500 M, namun soal mengapa bisa ada bola-bola batu ini masih menjadi pertanyaan.

10. An Unfinished Obelisk

Di Mesir ditemukan sebuah obelisk di bawah permukaan tanah dengan kedalaman beberapa meter. Buat kamu yang belum tahu, obelisk adalah monumen tinggi, ramping bersisi empat yang di puncaknya berbentuk seperti piramida. Biasanya bangunan ini terbuat dari monolit atau batu tunggal.

Obelisk Yang Tak Terselesaikan - (c)omgfacts
Obelisk Yang Tak Terselesaikan [ Image Source ]

Namun obelisk yang ditemukan di Mesir ini diperkirakan terbuat dari granit. Berat dari bangunan ini diperhitungkan mencapai 1000 ton. Sayangnya, pembangunan obelisk ini tampaknya tidak diselesaikan. Dan para ilmuwan masih penasaran dan meneliti peradaban kuno seperti apa saat itu yang bisa membuat obelisk denga tiinggi dan berat seperti itu.

Itulah tadi beberapa hal gila yang pernah ditemukan di bumi namun masih menyimpan misteri. Para ilmuwan pun masih mencoba untuk memecahkan teka-teki yang rumit ini. Ya semoga saja kedepannya muncul teori-teori baru yang dapat memecahkan hal yang masih menjadi misteri di bumi ini.

Next

Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an
BACA JUGA