in

Ternyata Banyak Tempat Kumuh di Tengah Mewahnya Kota Metropolitan

5. Detroit, Amerika Serikat

Detroit dulu pernah menjadi salah satu pusat bisnis di Amerika Serikat. Namun, perlahan-lahan kota ini bangkrut dan mulai ditinggalkan para penghuninya. Detroitpun tampak seperti kota mati di antara kota-kota besar lain di AS yang bergelimangan cahaya dan kemewahan.

https://www.youtube.com/watch?v=AejwhFCOhtY

Akibatnya, Detroit menjadi sarang kriminalitas dan narkoba. Sering sekali terjadi perang antar geng narkoba di sini. Belakangan, akibat warga Detroit tidak mampu membayar iuran air, pemerintah Amerika Serikat memutuskan untuk tidak mengalirkan air lagi ke daerah tersebut. Hal itu membuat keadaan di Detroit semakin kacau.

Meski pembangunan tampak membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik, namun, jika ditilik dari berbagai aspek, masih banyak hal negatif yang menjadi efek samping dari pembangunan. Pembangunan secara fisik tanpa disertai pembangunan mental dan pola pikir hanya akan memperlebar kesenjangan sosial.

Bagaimana pendapat anda soal kota-kota kumuh yang ada di tengah gemerlap kota besar ini? Apakah solusi tepat untuk mempersempit kesenjangan yang diakibatkan oleh pembangunan pesat? (HLH)

Written by Centralismo

Leave a Reply

Pelukan Terakhir Shaimaa el-Sabagh Untuk Sang Suami

Shaimaa el-Sabagh, Aktivis Perempuan Yang Meninggal Saat Konflik Mesir

Para Kucing Pintar Yang Bisa Bekerja Layaknya Manusia