Tembok Besar Tak hanya Ada di China, India Juga Punya

oleh Alfry
08:40 AM on Mar 24, 2015

Selama ini orang-orang hanya tahu jika tembok besar hanya ada di China. Mereka tidak akan percaya kalau tembok serupa juga ada di India sampai mereka melihatnya sendiri. Inilah Tembok Besar India yang bernama benteng Kumbhalgarh.

Terletak 85 kilometer di sebelah utara dari Udaipur, Rajasthan, India. Benteng Kumbhalgarh merupakan benteng paling penting kedua setelah Chittorgarh yang ada di wilayah Mewar. Benteng ini dibangun pada abad ke-15 oleh Maharana Kumbha dan merupakan salah satu dari 32 benteng yang dibangun oleh Rajput sang penguasa Mewar.

Baca Juga
Ini Bukti Mesranya Hubungan Korsel-Indonesia, Bisa Jadi Inspirasi Tetangga Sebelah Nih!
Mengenal Fredrich Yunadi, Kuasa Hukum Papa yang Dulu Sempat Daftar Ketua KPK

Benteng Kumbhalgarh via National Geographic
Benteng Kumbhalgarh via National Geographic

Benteng tersebut dikelilingi dinding perimeter sepanjang 36 kilometer dengan lebar bervariasi mulai dari 15 hingga 25 meter. Ukurannya yang begitu besar dan panjang membuat proses pembangunannya memakan waktu hingga satu abad. Hal ini dilakukan untuk memastikan agar dinding yang digunakan sebagai perisai ini tidak akan pernah tertembus oleh musuh.

Banyak orang yang mengklaim bahwa ini adalah Tembok Besar terpanjang kedua di dunia setelah Tembok Besar China sehingga mereka menyebutnya dengan sebutan The Great Wall of India. Benteng Kumbhalgarh memiliki tujuh gerbang besar dan tujuh benteng yang diperkuat dengan menara pengawas berbentuk bulat.

Foto via thehistoryhub
Foto via thehistoryhub

Di dalam dinding pelindung ini juga terdapat kuil dan istana yang megah dimana dipuncaknya terdapat aptly bernama “Badal Mahal” atau Istana Awan. Dari atas istana inilah para traveler bisa melihat Aravalli Range maupun bukit pasir gurun Thar.

Legenda mengatakan bahwa semasa pembangunan, Maharana Kumbha mengalami kesulitan konstruksi sehingga melalui penasihat spiritual ia harus mengorbankan manusia secara sukarela. Maka ditemukanlah orang yang mau secara sukarela untuk dikorbankan. Di dekat gerbang utama terdapat kuil untuk mengenang relawan tersebut.

Foto via karmaindia
Foto via karmaindia

Meski dibangun sekokoh mungkin namun pada akhirnya benteng ini mampu ditembus oleh pasukan Kaisar Mughal dan kekuatan dari Delhi, Amer, Gujarat dan Marwar. Akhirnya ini menandakan keruntuhan dari tembok yang diklaim paling kokoh tersebut. Kini benteng ini menjadi tujuan wisata populer di India setelah Taj Mahal.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Masih Ingat 5 Artis Ini? Dulu Terkenal Banget Sekarang Nasibnya Berubah 180 Derajat! Dulu Personil Band Terkenal, Nasib Pria ini Sekarang Bikin Netizen ingin Menangis Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Mulai dari Begal Hingga Ojek, Inilah Nasib 5 Pemain Timnas yang Tak Berjaya Lagi 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh Inilah Kabar Pemeran Nyi Pelet, si Cantik yang Dulu Pernah Bikin Kaum Adam Kepincut Cowo Wajib Tau: Ini Nih 7 Tipe Sneakerhead, Kamu Termasuk yang Mana? Jadi Langganan Para Pejabat Hingga Artis, 4 Warteg Ini Nggak Kalah dari Restoran Bintang Lima Sempat Tersandung Kontroversi, Begini Kabar Si ‘Seksi’ Revi Mariska di Angling Dharma 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Berhasil Ubah Ban Bekas Jadi Sofa Super Unik, Pria Asal Semarang Ini Kewalahan Terima Pesanan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya 10 Meme Plesetan Kata Bijak “Berpikir Positif” Malah Buat Hidup Berantakan, Awas Ngakak Inilah 5 Negara yang Cinta Mati dengan Teh Indonesia 5 Cara Menyelamatkan Nyawa dari Harimau, Meski Hidupmu Ada di Ujung Taring Inilah Fakta Tersembunyi dari Pasangan Dokter Viral yang Rela Tinggalkan Pelaminan Demi Tolong Pasien Sering Diejek, Perubahan Drastis 13 Wanita Ini Jadi Bukti Kalau Tak Ada yang Mustahil, No. 5 Jadi Artis Loh
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA