Tembok Besar Tak hanya Ada di China, India Juga Punya

oleh Alfry
08:40 AM on Mar 24, 2015

Selama ini orang-orang hanya tahu jika tembok besar hanya ada di China. Mereka tidak akan percaya kalau tembok serupa juga ada di India sampai mereka melihatnya sendiri. Inilah Tembok Besar India yang bernama benteng Kumbhalgarh.

Terletak 85 kilometer di sebelah utara dari Udaipur, Rajasthan, India. Benteng Kumbhalgarh merupakan benteng paling penting kedua setelah Chittorgarh yang ada di wilayah Mewar. Benteng ini dibangun pada abad ke-15 oleh Maharana Kumbha dan merupakan salah satu dari 32 benteng yang dibangun oleh Rajput sang penguasa Mewar.

Baca Juga
Dinobatkan Jadi Atlet Tercantik dan Terseksi SEA Games 2017, Ini Lho Pesona Lindswell Kwok Yang Bikin Indonesia Bangga
Inilah 4 Bukti Kalau Pengguna Medsos yang Ada di Indonesia Polosnya Bukan Main

Benteng Kumbhalgarh via National Geographic
Benteng Kumbhalgarh via National Geographic

Benteng tersebut dikelilingi dinding perimeter sepanjang 36 kilometer dengan lebar bervariasi mulai dari 15 hingga 25 meter. Ukurannya yang begitu besar dan panjang membuat proses pembangunannya memakan waktu hingga satu abad. Hal ini dilakukan untuk memastikan agar dinding yang digunakan sebagai perisai ini tidak akan pernah tertembus oleh musuh.

Banyak orang yang mengklaim bahwa ini adalah Tembok Besar terpanjang kedua di dunia setelah Tembok Besar China sehingga mereka menyebutnya dengan sebutan The Great Wall of India. Benteng Kumbhalgarh memiliki tujuh gerbang besar dan tujuh benteng yang diperkuat dengan menara pengawas berbentuk bulat.

Foto via thehistoryhub
Foto via thehistoryhub

Di dalam dinding pelindung ini juga terdapat kuil dan istana yang megah dimana dipuncaknya terdapat aptly bernama “Badal Mahal” atau Istana Awan. Dari atas istana inilah para traveler bisa melihat Aravalli Range maupun bukit pasir gurun Thar.

Legenda mengatakan bahwa semasa pembangunan, Maharana Kumbha mengalami kesulitan konstruksi sehingga melalui penasihat spiritual ia harus mengorbankan manusia secara sukarela. Maka ditemukanlah orang yang mau secara sukarela untuk dikorbankan. Di dekat gerbang utama terdapat kuil untuk mengenang relawan tersebut.

Foto via karmaindia
Foto via karmaindia

Meski dibangun sekokoh mungkin namun pada akhirnya benteng ini mampu ditembus oleh pasukan Kaisar Mughal dan kekuatan dari Delhi, Amer, Gujarat dan Marwar. Akhirnya ini menandakan keruntuhan dari tembok yang diklaim paling kokoh tersebut. Kini benteng ini menjadi tujuan wisata populer di India setelah Taj Mahal.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA