5 Teknologi Luar Angkasa Masa Depan ini Bisa Membuat Manusia Menjelajahi Alam Semesta

oleh Adi Nugroho
13:00 PM on Jan 18, 2016

Salah satu impian umat manusia adalah mampu menjelajah luar angkasa yang tidak memiliki batas luas dan jarak. Di sana, jutaan misteri masih tersimpan dengan rapi hingga manusia wajib menguaknya dengan sempurna. Tapi, sesuatu yang berada di luar angkasa kadang susah untuk diteliti. Permasalahan yang dihadapi adalah susahnya akses untuk mendekat, ilmuwan harus menggunakan pesawat atau satelit. Kedua adalah tak ada manusia yang mampu ke sana dan mengamatinya dengan mata dan kepalanya langsung.

Tapi jangan khawatir, di masa depan akan ada beberapa teknologi yang mengakomodasi keinginan manusia itu. Jadi tak menunggu waktu yang lama manusia bisa menjelajahi alam semesta yang luas tanpa perlu kesusahan. Inilah 5 teknologi yang sangat hebat itu.

Baca Juga
Menengok Gaji dan Tunjangan Gubernur dan Wagub DKI, Kalau Dijumlah Bisa Beli Kerupuk 3 Kontainer
4 Kejadian Generasi Micin Pingin Ngeksis Tapi Gak Tahu Tempat Ini Bikin Netizen Geram

1. SPS-ALPHA

SPS-ALPHA adalah sebuah generator yang mampu menghasilkan banyak sekali energi. Generator ini memiliki banyak sekali panel surya yang menyerap banyak sekali sinar matahari di luar angkasa. Generator ini akan ditempatkan pada satelit yang mengudara hingga akan memiliki energi tanpa batas.

SPS-ALPHA [image source]
SPS-ALPHA [image source]
Biasanya satelit atau kapal luar angkasa tak bisa lama-alam di luar angkasa karena keterbatasan energi. Namun dengan adanya SPS-ALPHA, satelit yang berada di luar angkasa akan bertahan lebih lama. Dari sini kita sudah punya kesempatan untuk bisa lama-lama di luar angkasa karena memiliki sumber yang tak terbatas.

2. Startram The Magnetic Space Train

Pernahkah membayangkan menaiki sebuah kereta yang terbang di luar angkasa? Well, di masa depan, hal ini bisa terjadi, dan hal ini bukan sebuah impian saja. Sebuah sistem bernama Startram dikembangkan untuk membuat sebuah kendaraan yang mampu berjalan di luar angkasa dengan kekuatan magnet.

Strartram The Magnetic Space Train [image source]
Startram The Magnetic Space Train [image source]
Proyek ini diprediksi membutuhkan waktu pengerjaan 20 tahun, bahkan bisa lebih. Dan yang tak boleh dilupakan adalah biaya pengerjaan dari proyek ini mencapai 60 miliar dolar. Jika proyek ini berhasil, manusia akan mampu menjelajah angkasa tanpa harus menjadi astronot dan menaiki pesawat luar angkasa.

3. Solar Probe Plus

Solar probe Plus adalah sebuah sebuah robot yang diterbangkan untuk mengamati matahari dari dekat. Robot ini sangat tahan panas hingga saat berada di dekat dengan matahari komponennya tidak akan rusak. Diperkirakan robot ini akan melewati orbit Venus dan berada di sana selama kurang lebih 7 tahun.

https://youtu.be/vmZvBquYNPc

Dengan mengamati matahari dari dekat, umat manusia akan lebih tahu tentang bintang yang menyinari dunianya. Dengan kemajuan ini manusia akan lebih bisa mempelajari luar angkasa dan mengembangkan alat-alat baru untuk pergi ke luar angkasa. Proyek Solar Probe Plus ini dianggap sebagai proyek fenomenal yang akan memberikan banyak sekali sumbangan pada ilmu pengetahuan manusia.

4. Proyek Martian

Proyek paling fenomenal yang dilakukan oleh umat manusia adalah proyek Martian. Banyak sekali ilmuwan dari seluruh penjuru dunia bekerja sama untuk meneliti Mars dan segala hal yang ada di sana. Mereka akan mengirim banyak sekali ilmuwan agar meneliti keadaan Mars secara langsung dan menetap di sana untuk sementara waktu.

 

Para ilmuwan akan meneliti tentang habitat yang sesuai di Mars. Mereka akan membangun rumah yang mampu bertahan dengan keadaan cuaca di Mars. Selain itu mereka juga akan meneliti tentang sumber kehidupan seperti air yang ada di Mars dengan radius 100 km. Jika proyek ini berhasil, kemungkinan di masa depan manusia bisa tinggal di Mars.

5. Proyek Europa

Proyek Uuropa adalah proyek ambisius tentang penjelajahan luar angkasa yang ada sampai sekarang. Ilmuwan sedang mengembangkan semacam teknologi kapal selam yang mampu menjelajahi lautan yang ada di Europa atau satelit dari Jupiter, planet paling besar di tata surya. Dalam penjelajahan ini seorang astronot akan masuk ke dalam laut dan mengirimkan semua penelitiannya ke bumi.

Proyek Europa [image source]
Proyek Europa [image source]
Masalah dari proyek ini adalah susahnya kapal selam kembali lagi ke bumi. Banyak yang mengatakan jika proyek ini akan mengirim seseorang ke sana dan mengorbankan dirinya demi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemungkinan adanya kehidupan di satelit ini. Well, semoga proyek ini berhasil tanpa harus mengorbankan nyawa manusia.

Inilah lima teknologi luar angkasa masa depan yang bisa membuat manusia mampu menjelajah alam semesta. Semoga di masa depan, manusia bisa benar-benar menjelajah alam semesta dengan sangat mudah.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 15 Meme FTV Ini Bikin Kamu Nyadar, Bahwa Hidup Nggak Semanis Adegan Film di TV Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA