Inilah 5 Suku Asli Indonesia yang Banyak Mendapatkan Perhatian Dunia Internasional

oleh Adi Nugroho
07:00 AM on Jun 30, 2016

Menurut sensus penduduk di tahun 2010 silam, Indonesia memiliki setidaknya 1.340 suku bangsa yang tersebar dari timur hingga ke barat. Suku-suku itu mendiami kawasan pedalaman seperti di hutan belantara hingga di rimbunnya hutan beton seperti di Jakarta dan Surabaya.

Setiap suku di Indonesia memiliki kebudayaan dan karya seni yang berbeda. Orang yang tinggal di kawasan Sumatra akan memiliki kebudayaan yang berbeda dengan yang ada di kawasan Bali. Ragam kebudayaan yang sangat kaya dan kental ini membuat banyak masyarakat dunia jadi tertarik, mereka rela datang untuk melihat dan mempelajari budaya yang orang Indonesia sendiri saja kadang tidak tahu.

Baca Juga
Fakta Silat Marunda, Warisan Maut Si Pitung yang Bikin VOC Terkencing-kencing Tak Berdaya
Blunder! 9 Pejabat Ini Pernah Salah Ucap Ketika Sedang Menyampaikan Pidato Penting

Baca Juga :5 Fakta Panglima Burung, Sosok Sakti yang Sangat Dihormati Oleh Suku Dayak

Dari berbagai suku yang tinggal di Indonesia, lima suku di bawah paling menarik perhatian. Yuk, simak suku apa saja yang bisa membuat bule kesengsem!

1. Suku Dani

Suku Dani adalah satu dari beberapa suku bangsa di Papua yang banyak menarik perhatian dunia internasional. Suku yang tinggal di kawasan Lembah Baliem ini memiliki keunikan dari segi budaya dan juga seni. Masyarakat Suku Dani menjaga budayanya agar tetap asli hingga modernisasi tidak bisa masuk dan membuat semuanya jadi hancur.

Suku Dani [image source]
Suku Dani [image source]
Selanjutnya, masyarakat Suku Dani juga memiliki banyak sekali upacara-upacara tradisional yang tidak bisa ditemukan di daerah lain. Mereka memiliki tradisi memotong jari jika keluarga ada yang meninggal dunia sebagai ungkapan kekalutan dan kesedihan. Terakhir, Suku Dani juga memiliki mumi yang kerap diperlihatkan kepada wisatawan dari dalam dan luar negeri yang kebetulan singgah.

2. Suku Dayak

Tidak bisa dimungkiri lagi kalau Suku Dayak adalah salah satu daya tarik yang kuat bagi para wisatawan dari berbagai negara. Suku yang banyak mendiami kawasan Kalimantan ini memiliki kebudayaan, kesenian, dan kerajinan tangan yang sangat unik hingga selalu dicari banyak orang baik dari dalam mau pun luar negeri.

Suku Dayak [image source]
Suku Dayak [image source]
Suku Dayak memiliki tarian-tarian yang unik seperti Tari Kancet Papatai, Taru Ledo, dan Tari Pecuk Kina. Selain tarian, suku dayak juga punya kerajinan berupa kain ayaman yang berwarna-warni dan aksesori dari manik yang disusun sedemikian rupa. Selain dua hal yang telah disebutkan sebelumnya, Suku Dayak juga membuat mandau dan perisai yang memiliki banyak motif.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA