in

Ini Alasan Mengapa Sistem Pendidikan Finlandia Menjadi yang Terbaik di Dunia

5. Para Guru Diambil dari Kalangan Terbaik

Syarat menjadi guru di Finlandia cukuplah ketat. Mereka harus memiliki gelar master (S2) dan harus masuk dari jajaran 10 persen lulusan terbaik dari Universitasnya. Di negara ini menjadi guru adalah sebuah kehormatan. Menjadi guru di Finlandia adalah kebanggaan yang sama seperti menjadi dokter ataupun pengacara ternama. Guru-guru di sini juga dibayar dengan sangat baik oleh pemerintah dan tidak ada batasan maksimal bagi gaji guru.

Guru Diambil dari Kalangan Terbaik (C)the telegraph
Guru Diambil dari Kalangan Terbaik (C)the telegraph

Guru di Finlandia memiliki komitmen yang sangat tegas dan bekerja dengan sangat keras. Mereka akan mengunjungi rumah muridnya untuk sekadar “bermain” dan menanyakan apakah muridnya butuh bantuan untuk pelajaran tertentu. Guru profesional di Finlandia juga hanya bekerja selama 4 jam sehari. 4 jam tersebut mereka maksimalkan dengan seluruh kemampuan. Beda dengan guru di Indonesia yang harus mengajar dari pukul delapan pagi hingga sore hari, belum lagi ditambah dengan les-les dan semacamnya. Tentu saja konsentrasi mengajar tidak penuh

Meski tidak adil jika membandingkan Indonesia dan Finlandia secara utuh-utuh, namun kita tentu bisa meniru hal-hal yang menjadikan Finlandia menjadi negara maju. Kita harus memperbaiki banyak sekali aspek dari sistem pendidikan kita. Pemerintah juga harus mengambil peranan penting dari pendidikan bangsa.

Namun, di luar itu semua, kita juga adalah bagian dari sistem pendidikan. Kita bisa memperbaiki sistem ini jika kita mau mengubah kebiasaan buruk kita. Mungkin yang paling mudah adalah dengan tidak gampang melabeli anak-anak dengan kata “bodoh” atau berhenti memaksa anak kita belajar sebelum waktunya. (HLH)

Written by Centralismo

Leave a Reply

4 Kejahatan yang Sering Terjadi di Bandara, Waspadalah!

Buntuti SBY Pulang Kampung ke Pacitan, Ini Agendanya!