Seandainya SMK Punya Jurusan “Meme” Sesuai Usulan Pak Jokowi, ini yang Bakal Terjadi

Kedengarannya mengada-ada, tapi prospek jurusan ini gak bisa dipandang sebelah mata!

oleh Faisal Bosnia Ahmad
09:00 AM on Aug 3, 2017

Ada yang unik dalam pidato Pak Jokowi pada acara peluncuran program pendidikan vokasi di kawasan Greenland International Industrial Center, Karawang, Bekasi, beberapa waktu lalu.

Di sela-sela kritikan dan pesannya kepada Mendikbud terkait dengan jurusan di SMK yang terlalu umum dan kurang selaras dengan permintaan industri saat ini, Pak Jokowi menyarankan dibukanya jurusan-jurusan baru yang lebih spesifik dan lebih relevan dengan perkembangan zaman, salah satu contohnya adalah jurusan animasi dengan spesialisasi khusus membuat… meme.

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

Entah memang sungguh-sungguh atau cuma guyon belaka, biar bagaimanapun usulan pak Jokowi ini begitu menarik dan patut kita telaah baik-baik. Saat ini kita mungkin hanya menganggap meme sebagai hiburan sesaat dan tak berpengaruh jangka panjang. Namun, jika nantinya pak Jokowi benar-benar merevolusi jurusan di SMK dengan membuka jurusan-jurusan baru seperti spesialisasi pembuat meme, pastinya akan ada banyak hal-hal menarik yang akan terjadi, contohnya seperti di bawah ini.

1. Bakal jadi jurusan unggulan di SMK

SMK adalah tempat dilahirkannya muda-mudi yang ketika lulus nanti sudah punya skill memadai untuk langsung terjun ke lapangan pekerjaan serta memungkinkan mereka melewatkan opsi untuk menimba ilmu pendidikan lanjutan di perguruan tinggi. Beberapa jurusan yang paling banyak digemari di SMK di antaranya adalah teknik otomotif, teknik informatika dan jaringan, farmasi, hingga tata boga.

Jurusan Meme + Guru Cantik = Garansi masuk kelas 100 persen! [Image Source].
Seandainya pemerintah membuka jurusan “teknik meme” kuat diprediksi kalau jurusan ini akan kelebihan peminat. Apa pasal? Banyak remaja yang begitu tertarik menciptakan meme dan mengunggahnya ke internet. Tengok saja situs MCI atau 1cak, dan situs meme populer buatan Indonesia lainnya. Di sana banyak berkumpul remaja belasan tahun yang aktif sebagai pengunggah atau komentator. Mungkin mereka akan lebih tertarik menekuni jurusan yang lebih mereka yang begitu digandrungi dan dekat dengan kehidupan mereka saat ini.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA